Kenali Lebih Jauh Tentang Teknik Pencetakan Digital vs Offset
Anda perlu memahami tentang memilih jenis teknik dan mesin pencetakan yang biasa digunakan saat ini dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.
27 September 2021
Jika Anda memiliki bisnis yang memerlukan percetakan brosur, kartu nama, poster, atau materi pemasaran lainnya, Anda tentu memahami bahwa bisnis Anda harus memiliki desain, skema warna, dan tata letak yang sesuai dengan logo ataupun branding yang Anda jalankan. Anda juga perlu memahami tentang memilih jenis teknik dan mesin pencetakan yang biasa digunakan saat ini dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Terdapat dua jenis teknik yang umumnya digunakan, yaitu pencetakan digital dan offset. 
 
Apa saja perbedaan diantara keduanya? Apa saja kekurangan dan kelebihannya? Lalu, apa faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih teknik yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Beberapa hal tersebut akan kami bahas melalui artikel ini.

Pencetakan Offset
 
Pencetakan offset biasa disebut dengan litografi, merupakan salah satu jenis pencetakan yang paling umum dengan volume pekerjaan yang tinggi. Misalnya, pada pencetakan koran dengan gulungan besar. Jika Anda pernah melihat cuplikan video tentangnya, hal tersebut merupakan contoh dari mesin percetakan offset.
 
Cara kerja dari percetakan offset yaitu dimulai dari menyatukan desain ke dalam pelat logam, dari satu warna ke warna lainnya. Biasanya, ada empat warna yang digunakan yaitu cyan, magenta, yellow dan black (key) atau biasa disingkat dengan CMYK. Tetapi, warna lain seperti warna-warna pantone juga dapat digunakan.
 
Setelah itu, desain dipindahkan dari pelat logam tersebut pada gulungan karet. Warna tinta yang berbeda disebarkan melalui karet dan kemudian kertas diselipkan di antara gulungan karet ini. Kertas lalu melewati semua gulungan karet berwarna, mendapati warna, dan menghasilkan cetakan dengan gambar akhir yang diinginkan.
 
Manfaat Dari Teknik Pencetakan Offset
 
Berikut beberapa kelebihan dari pencetakan offset yang dapat Anda pahami :

  • Hasil akhir berupa gambar dengan kualitas yang berkualitas - Anda dapat mengandalkan pencetakan offset untuk jenis dan gambar yang lebih jernih dan berbeda tanpa goresan atau noda.
  • Konsistensi warna yang lebih baik, hal ini mengacu pada akurasi warna dan keseimbangannya dalam desain. Pencetakan offset dapat mencampur tinta warna khusus untuk setiap proses pekerjaannya, dan hasil akhirnya akan mendapatkan warna yang tepat.
  • Bekerja dengan baik pada hampir semua jenis bahan.

Pencetakan Dengan Teknik Digital
 
Pencetakan digital melewati tahap yang lebih cepat dan sederhana jika dibandingkan dengan pencetakan offset. Pencetakan digital tidak memerlukan tahap proof, tidak menggunakan pelat warna dan gulungan karet, serta dapat secara langsung mencetak desain pada permukaan bahan dengan tinta cair atau bubuk toner.
 
Contoh dari teknik pencetakan digital adalah Inkjet atau laserjet dari printer yang Anda sambungkan ke komputer di rumah. Bedanya, jika Anda memiliki bisnis dan membutuhkan pencetakan material promosi, maka alat yang digunakan oleh percetakan biasanya memiliki skala ukuran yang lebih besar serta lebih cepat dengan hasil yang juga lebih tepat.
 
Keuntungan Dari Teknik Pencetakan Digital
 
Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan jika memilih menggunakan pencetakan digital:
 
  • Waktu pengerjaan yang lebih cepat
  • Memiliki hasil akhir cetakan yang seragam. Namun tentunya memiliki sedikit resiko cacat cetak akibat ketidakseimbangan dalam air dan tinta
  • Lebih murah untuk pekerjaan dengan jumlah yang berskala kecil
  • Dapat mengubah informasi dalam satu pekerjaan cetak. Misalnya, jika Anda akan mencetak brosur untuk mengiklankan konser. Anda dapat mengubah tanggal dan lokasi tempat dengan desain yang tetap sama untuk membuat dua set kartu untuk dua pertunjukan.

Jika Anda belum yakin mengenai teknik yang akan Anda gunakan untuk keperluan bisnis Anda, berikut beberapa faktor yang dapat membantu Anda memutuskan pilihan:
 
  • Volume atau Jumlah

    Seberapa banyak atau besar kebutuhan material pencetakan dari bisnis Anda? Jika proyek Anda cukup besar untuk mengatasi biaya modal di awal, maka dapat dikatakan bahwa bisnis Anda dapat melayani lebih dari 500 lembar per proyeknya. Karena itu, pencetakan offset merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. Anda bisa mendapatkan hasil akhir yang berkualitas dan jumlah yang banyak dengan harga yang lebih murah.
  • Waktu

    Apakah Anda memiliki batasan waktu dalam pencetakan? Jika iya, maka pencetakan offset tidak dapat Anda pilih. Hal ini dikarenakan pencetakan offset membutuhkan waktu dalam memproses pencetakan. Dan karena itu, pencetakan dengan teknik digital merupakan pilihan yang tepat jika Anda membutuhkan pelayanan yang lebih cepat.
  • Bahan Yang Akan Digunakan

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pencetakan digital dapat mencetak bahan apa saja yang ingin Anda cetak. Namun, pencetakan offset juga dapat melayani hal ini.
  • Warna Yang Anda Inginkan

    Seberapa banyak, jenis apa, dan seberapa nyata warna yang Anda inginkan? Apakah pekerjaan Anda membutuhkan warna yang beragam? Jika hitam putih atau hanya satu hingga dua warna (dan volumenya cukup tinggi), pencetakan dengan teknik offset mungkin menjadi pilihan yang tepat. Jika Anda membutuhkan pencetakan dengan empat warna dasar, pencetakan dengan teknik digital mungkin merupakan solusi terbaik dan paling hemat biaya untuk Anda.

    Namun, jika warna yang sempurna sangat penting (misalnya, jika Anda perlu menggunakan Sistem Pencocokan Pantone®), gunakan pencetakan offset. Proses offset menggunakan tinta Pantone® yang sebenarnya untuk hasil yang sesuai, sedangkan teknik pencetakan digital hanya memberi Anda perkiraan warna terbaik dan termirip.
  • Pekerjaan khusus

    Apakah Anda memerlukan material yang khusus? Seberapa kebutuhan material bisnis Anda? Tidak diragukan lagi bahwa pencetakan digital menjadi teknik dan cara termudah serta hemat untuk menyesuaikan proyek Anda, bahkan dalam pencetakan yang sama dengan offset.

  • Sampel Pencetakan

    Apakah Anda perlu melihat sampel terlebih dahulu? Jika Anda perlu melihat sampel yang dicetak sebelum mengambil risiko, pencetakan digital dapat menjadi pilihan Anda. Untuk mendapatkan bukti warna untuk proyek offset, Anda harus menjalankan bagian tersulit dari proyek (menggunakan pelat dan tinta), hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

  • Jenis Material

    Kartu nama, ucapan terima kasih, kartu atau undangan? Hitam putih atau hanya satu atau dua warna? Jika hanya dua warna dasar seperti hitam putih, dan Anda membutuhkan lebih dari 500 lembar, maka pilihlah pencetakan offset. Tetapi jika Anda hanya membutuhkan sedikit, pilihlah percetakan digital. Hal yang sama berlaku untuk banyak warna.
 
 
 
Perbedaan antara pencetakan digital dan offset memungkinkan Anda untuk membuat beberapa keputusan saat Anda memilih metode mana yang paling sesuai untuk bisnis dan material promosi atau pencetakan yang Anda perlukan. 
 
 
 
Jika Anda mencari percetakan digital yang berkualitas di Jakarta, ILITHO dapat membantu Anda.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan pencetakan berbagai macam kebutuhan Anda melalui www.elitho.id sebagai salah satu alat penunjang bisnis anda. ILITHO dapat melayani percetakan media promosi dan hal lainnya, kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis Anda dapat segera dicetak sesuai desain yang Anda inginkan dengan proses cepat tanpa mengurangi kualitas dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak segala urusan bisnis anda hanya di ILITHO.