Kenali Manfaat Vaksin & Sertifikat Dari Vaksinasi COVID-19 Anda 
Anda tidak perlu khawatir terhadap vaksinasi COVID-19, karena selain aman, vaksin COVID-19 juga memberikan banyak manfaat untuk Anda.
14 September 2021
Vaksinasi COVID-19 sudah hadir di Indonesia dan prosesnya masih berlangsung hingga sekarang. Periode vaksinasi pertama di Jakarta berlangsung sejak 15 Januari 2021 dan kini kita sudah berada di tahap kedua vaksinasi COVID-19. Tentu hal ini menjadi kabar baik di tengah pandemi yang belum berakhir. 
Apakah Anda sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19? Atau Anda masih menunggu antrian? Jika mungkin giliran Anda sudah tiba, Anda masih ragu untuk divaksinasi? Anda tidak perlu khawatir terhadap vaksinasi COVID-19, karena selain aman, vaksin COVID-19 juga memberikan banyak manfaat untuk Anda. Berikut beberapa manfaat vaksinasi COVID-19 yang perlu Anda ketahui:
 
Vaksin Dapat Membantu Anda Melawan Virus COVID-19 
 
Anda sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan vaksinasi, bukan? Sejak kecil kita telah melakukan vaksinasi dan imunisasi untuk berbagai penyakit. Menurut WHO, kehadiran vaksin-vaksin yang ada selama ini diestimasikan telah mencegah 2 hingga 3 juta kematian setiap tahun. Sehubungan dengan COVID-19, vaksinasi COVID-19 dapat melindungi Anda dengan menciptakan antibodi atau sistem kekebalan dalam tubuh, untuk memerangi virus SARS-Cov-2 yang menyebabkan penyakit COVID-19. Dengan antibodi tersebut, tubuh Anda akan terlatih untuk mencegah dan melawan serangan dari infeksi COVID-19. 
 
Vaksinasi memang bukanlah obat yang dapat menyembuhkan COVID-19 secara total. Namun, menurut para ahli, jika Anda terkena COVID-19 setelah vaksinasi, vaksin akan mencegah tubuh dari infeksi dan gejala penyakit COVID-19 yang jauh lebih fatal, karena tubuh Anda sudah memiliki sistem pertahanan tubuh yang lebih kuat. 
 
Vaksin Dapat Membantu Melindungi Setiap Orang Di Sekitar Anda
 
Ketika Anda sudah divaksinasi, Anda tidak hanya melindungi diri Anda sendiri, namun juga keluarga dan orang-orang di sekitar Anda. Hal ini karena tidak semua orang dapat menerima vaksin COVID-19. Saat ini, vaksin hanya diberikan kepada mereka yang sehat, tidak memiliki penyakit berat, berusia di atas 18 tahun, dan persyaratan lainnya terlebih dahulu. Mereka yang belum bisa divaksinasi mengandalkan Anda yang dapat divaksinasi untuk mengurangi penyebaran COVID-19 ini. Semakin banyak orang yang divaksinasi, semakin kecil kemungkinan orang yang terinfeksi dan menularkan penyakit ini ke orang lain. 
 
Vaksin Dapat Melindungi & Membantu Tenaga Kesehatan

Anda tentunya mengetahui bahwa pandemi COVID-19 telah membuat banyak rumah sakit kewalahan karena fasilitas dan sumber daya yang terbatas. Tidak heran ketika banyak rumah sakit telah mencapai kapasitasnya untuk menerima pasien-pasien COVID-19 dan juga non COVID-19. Tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19 pun harus rela bertahan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) agar terhindar dari COVID-19.
 
Dengan kehadiran vaksin dan semakin banyak orang yang divaksinasi, maka orang yang terinfeksi dan penyebarannya tentu akan berkurang. Hal ini mengurangi beban tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan. Tenaga kesehatan dapat mendedikasikan upaya, waktu, dan peralatan mereka untuk membantu pasien dengan gejala yang lebih berat, penyakit yang tidak dapat dicegah lainnya, serta mencegah penumpukan pasien-pasien di rumah sakit.
 
Dengan Vaksin, Pandemi Dapat Segera Berakhir
 
Anda tentunya pasti ingin pandemi segera berakhir. Inilah waktunya. Jika Anda sudah divaksinasi dan semakin banyak orang yang divaksinasi akan COVID-19, maka semakin besar juga pertahanan diri dari setiap orang. Hal ini akan mendorong pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok, yang merupakan kondisi di mana penduduk dalam sebuah area tertentu sudah kebal terhadap suatu penyakit. 
 
Herd immunity ini akan memutus mata rantai pandemi COVID-19, seiring dengan semakin banyak orang yang divaksinasi. Untuk menghentikan pandemi, seluruh sumber daya tentu harus dikerahkan dengan sebaik-baiknya. Hal ini dapat dilakukan dengan vaksinasi dan tetap menjaga diri dengan memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M) yang diharapkan akan mengoptimalkan kemungkinan pandemi ini untuk segera berakhir. 
 
Vaksin Dapat Melindungi Generasi Masa Depan
 
Dengan penurunan tingkat infeksi COVID-19 dan mata rantai pandemi yang terputus, Anda dapat melindungi generasi masa depan dari penderitaan panjang akibat terinfeksi penyakit ini. Hal ini sudah terbukti berdasarkan catatan-catatan sejarah. Sebagai contohnya, Indonesia secara resmi dinyatakan bebas polio pada tahun 2014 oleh WHO karena berhasilnya vaksinasi polio dalam tiga tahap di Indonesia. 
 
Pada masa lampau begitu banyak penyakit yang disebabkan virus-virus mematikan. Berkat giatnya tindakan vaksin, kita menjadi salah satu bukti generasi yang hidup dari perjuangan vaksinasi generasi di masa lampau. Karena itulah, inilah saatnya bagi kita untuk menyelamatkan generasi masa depan dari penyakit COVID-19 yang berbahaya dan membuat generasi selanjutnya lebih sehat lagi.
 
Nah, setelah melihat beberapa manfaat diatas, kini Anda tidak perlu ragu untuk mengikuti vaksinasi COVID-19. Tetapi, sebelum Anda melakukan vaksinasi, ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa hal, seperti:
 
  • Melakukan Pendaftaran - Sekarang, Anda dapat melakukan pendaftaran vaksin secara online melalui aplikasi JAKI ataupun Peduli Lindungi. Hal ini dilakukan untuk menghindari interaksi tatap muka dan mempercepat proses vaksinasi. Jika Anda sudah mendaftar, pastikan identitas Anda sudah terdaftar dalam sistem. Setelah itu, Anda hanya perlu datang pada tempat dan waktu yang telah ditentukan.

  • Menjaga Imunitas Tubuh - Pastikan kondisi kesehatan Anda senantiasa sehat sebelum vaksin. Vaksinasi biasanya memiliki efek samping, sehingga sebaiknya Anda dalam keadaan fit pada saat akan divaksin. Jika Anda merasa tidak sehat saat ingin vaksin, ada baiknya untuk mengubah jadwal vaksin Anda.

  • Pahami Alur Vaksinasi - Ketika sudah tiba di tempat vaksin, Anda perlu melalui beberapa langkah untuk memastikan tubuh Anda dapat menerima vaksin. Pertama, Anda dapat mengunjungi tempat registrasi. Lalu, akan ada beberapa pertanyaan terkait kondisi kesehatan yang dilakukan untuk screening.

    Anda harus mengisi beberapa pertanyaan screening ini dengan jujur, karena ada beberapa kondisi penyakit yang tidak dianjurkan untuk melakukan vaksinasi COVID-19. Selanjutnya, akan dilakukan medical check up secara singkat terkait suhu badan dan tekanan darah Anda. Dan yang terakhir, Anda dapat mengunjungi tempat vaksin.

Setelah Anda memahami tentang berbagai manfaat dari vaksinasi COVID-19 dan sudah menjalaninya, Anda akan menerima sertifikat vaksinasi. Ketika Anda datang mendapatkan suntikan vaksin, data Anda sudah masuk kedalam sistem secara otomatis. 
 
Sertifikat vaksin ini penting untuk Anda miliki baik dalam bentuk digital maupun cetak. Hal ini dikarenakan sertifikat vaksin sudah menjadi salah satu syarat untuk bepergian baik dalam maupun luar kota, mengunjungi pusat perbelanjaan, dan sebagainya.
 
Anda dapat mengunduh sertifikat vaksin melalui aplikasi Peduli Lindungi dengan melengkapi informasi akun Anda seperti nomor KTP dan nama lengkap. Setelah beberapa hari dihitung dari waktu vaksin, Anda bisa mendapatkan sertifikat vaksin dan mencetaknya melalui aplikasi. 
 
Jika sertifikat Anda tidak muncul, Anda dapat menghubungi Peduli Lindungi melalui alamat email di sertifikat@pedulilindungi.id dengan menyertakan beberapa informasi dasar seperti nama lengkap, NIK, tempat dan tanggal lahir, nomor ponsel, foto selfie dengan KTP serta foto kartu vaksinasi Anda.
 
Untuk memudahkan Anda ketika butuh untuk keluar dari rumah, Anda dapat mempersiapkan pencetakan dari sertifikat vaksin. Jika Anda mencari percetakan digital yang berkualitas di Jakarta untuk membantu Anda mencetak sertifikat vaksin yang berkualitas, ILITHO dapat membantu Anda.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan pencetakan sertifikat vaksin COVID-19 melalui www.elitho.id. Dengan warna serta bahan yang berkualitas, kami dapat memastikan bahwa sertifikat vaksin Anda dicetak dengan proses cepat tanpa mengurangi kualitas dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
 
 
 
Article Reference: CoronaJakarta