Memahami Lebih Dalam Akan Large / Wide Format Printing Untuk Bisnis Anda
Pencetakan dengan format large atau wide, sebuah inovasi untuk mendorong majunya bisnis Anda.
23 December 2022
Banyak orang yang masih kurang mengerti bahwa pencetakan dalam format large atau wide ada di sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari. Pengenalan teknologi pencetakan baru telah membuat pencetakan spanduk, poster besar, banner luar ruangan, dan format besar lainnya (juga dikenal sebagai format wide) menjadi lebih terjangkau.
 
Bentuk cetakan secara large atau wide dapat dengan mudah di temui pada halte bus, mal, atau bahkan pada restoran dekat rumah yang sering Anda kunjungi. 
 
Selama beberapa detik (atau menit) saat mata Anda terpaku pada warna unik atau jenis huruf yang menawan, brand tersebut telah membuat Anda menjadi audiensnya. Setelah melihat iklan tersebut, Anda mungkin saja tergoda untuk mengunjungi website atau media sosial yang mereka miliki.
 
Inilah kekuatan dari percetakan. Hal ini memberi bisnis Anda iklan yang dapat terasa hidup dalam bentuk fisik, membuatnya semakin sulit untuk dilewatkan. Pencetakan sangat penting agar kisah dari brand Anda senantiasa didengar. 
 
Dan pencetakan format large atau wide, sebuah inovasi untuk mendorong majunya bisnis Anda senantiasa hadir. Hal ini adalah tingkat kepentingan tambahan yang juga bersifat universal.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Large Format Printing?
 
Pencetakan dalam large atau wide format adalah pencetakan desain atau grafik pada material berukuran besar. Pencetakan dengan format ini membutuhkan penggunaan printer yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan unit komersial standar pada umumnya. 
 
Pencetakan dengan format large atau wide lebih biasanya menyita waktu penyelesaian yang lambat dengan biaya yang lebih tinggi, dengan pilihan bahan yang cenderung terbatas untuk dicetak.
 
Tetapi untuk saat ini, penggunaan printer modern sudah memungkinkan pencetakan dengan format wide atau large untuk lebih hemat biaya, dengan berbagai varian material pencetakan yang dapat dipilih. Hal ini tidak lagi menjadi masalah. Karena itulah, ada prediksi pertumbuhan dalam penggunaannya di masa depan.
 
Bagaimana Large Format Printing Dapat Digunakan?
 
Pencetakan dengan format large atau wide biasanya digunakan untuk menghasilkan grafik untuk tujuan branding dan pemasaran. Format ini biasanya dimaksudkan agar dapat dikenali dari jarak jauh dan dilihat oleh banyak orang. 
 
Namun, format large atau wide ini memiliki berbagai ukuran dan tujuan. Contohnya seperti poster dan baliho pada jembatan di luar ruangan termasuk dalam kategori tersebut.
 
Karena rangkaian produk dengan varian yang luas ini, Anda harus memberi percetakan pilihan Anda beberapa informasi dasar tentang tujuan Anda, ukuran, dan bahan yang Anda inginkan, agar mereka dapat memberikan perkiraan biaya dan opsi yang memungkinkan.
 
Manfaat Penggunaan Large / Wide Format Printing
 
  • Pencetakan dengan format large atau wide terlihat dengan mudah dan menarik perhatian - Hal ini membantu meningkatkan kesadaran merek dan mempromosikan acara, produk, atau layanan yang bisnis Anda miliki. 

    Bahkan ketika pelanggan potensial tidak memperhatikan secara aktif, informasi tersebut akan tetap tersimpan di benak mereka untuk diingat. Ajakan bertindak dalam tampilan format besar biasanya akan menghasilkan prospek baik untuk bisnis Anda dengan cepat.
  • Format pencetakan large atau wide akan cenderung lebih tahan lama, dan untuk penggunaannya pada luar ruangan dapat bertahan meskipun terpapar kondisi cuaca buruk sehingga lebih tidak cepat  memudar.

  • Pencetakan dengan format large atau wide ini tidak harus dicetak secara massal. Anda dapat mencetak jumlah yang Anda butuhkan ketika Anda membutuhkannya, tanpa khawatir akan tertinggal dengan materi pemasaran yang tidak terpakai.
 
Beberapa Jenis Umum Dari Pencetakan Dengan Large / Wide Format
 
Backlit / Duratrans Printing
 
Jika mendapatkan perhatian dari target audiens merupakan tujuan dari bisnis Anda, maka poster atau banner sudah membantu Anda mencapai hal tersebut. Tetapi, jika bisnis Anda ingin mengacu pada dampak yang lebih besar dan impresi yang bertahan dalam benak target audiens, efek yang Anda harapkan terjadi dengan poster atau media cetak lainnya, dapat Anda tingkatkan, dengan Backlit Duratrans. Perbedaannya dapat langsung terasa karena Anda memberikan efek pencahayaan untuk membuat gambar promosional Anda lebih bersinar.
 
Duratrans biasa digunakan untuk menampilkan format iklan promosional atau yang paling sering Anda temukan berada dalam bioskop yang menampilkan gambar film yang sedang diputar dengan menggunakan format backlit. Kodak adalah produsen asli dan pertama yang menggunakan bahan Duratrans yang memiliki dasar plastik tembus pandang yang dipasangkan dengan emulsi fotografi.
 
 
Backlit transparencies (atau dikenal juga dengan nama Duratrans dan Fujitrans) merupakan foto atau gambar yang dicetak di materi berbasis translucent, yang biasanya ideal untuk digunakan sebagai lightboxes.
 
Dalam dunia digital saat ini, setiap penempatan backlit dengan lightbox sudah sering digunakan untuk memajang poster dan berbagai pesan promosional yang cukup efektif dengan cahaya dari sudut ke sudut. Tetapi, faktanya juga ditemukan bahwa intensitas cahaya juga senantiasa bervariasi dalam berbagai jenis permukaan, termasuk lightbox atau backlit.
 
Sticker Vinyl
 
Stiker vinyl merupakan jenis kertas pendukung yang Anda lepaskan sebelum merekatkannya pada jendela atau permukaan lain. Pencetakan dengan material stiker vinyl untuk format large atau wide senantiasa sama, kecuali dalam skala yang jauh lebih besar.
 
 
Stiker vinyl biasanya terbuat dari substrat PVC fleksibel yang dilengkapi dengan lapisan berperekat. Karena tahan air, jenis material ini dapat digunakan baik pada lingkungan interior maupun eksterior.
 
Stiker vinyl yang dicetak dalam format large atau wide dapat diaplikasikan langsung ke permukaan dinding atau jendela atau dipasang pada substrat yang kaku untuk tujuan komersial dan periklanan.
 
Lapisan pendukung dapat berwarna abu-abu atau hitam yang juga dapat digunakan untuk memblokir gambar yang ada secara efektif. Untuk pencetakan large format yang akan ditempatkan di jendela, cetakan dengan jenis material vinyl ini dapat dicetak dengan warna bening atau putih.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi untuk Anda tentang percetakan dengan wide atau large format yang  dapat digunakan untuk mendukung aktivitas dari bisnis Anda. Jika Anda ingin memiliki produk dengan large format printing untuk menunjang produktivitas dengan desain yang diinginkan serta harga yang terjangkau, kini saatnya mencari percetakan yang profesional dalam merealisasikannya.  ILITHO hadir untuk membantu Anda.
 
Berbagai jenis kebutuhan yang Anda perlukan untuk mendukung produktivitas yang lebih efisien dapat tim kami berikan untuk kebutuhan spesifik Anda. Jadi, tunggu apalagi? Cetak berbagai jenis kebutuhan wide atau large format printing bisnis dengan desain yang Anda inginkan yang tentunya juga berkualitas dengan menghubungi hotline aktif via WhatsApp kami, disini.
 
 
Article Reference : NewPrint