Mengenal Alasan Tentang Mengapa Bisnis Anda Masih Memerlukan Letterhead  
Kop surat atau letterhead yang dirancang dengan baik dapat memberikan representasi fisik dari bisnis Anda.
07 February 2023
Kop surat bisnis atau dikenal dengan nama lain letterhead dapat membawa bisnis Anda ke tingkat yang lebih baik dan membantu menarik pelanggan ideal sehingga Anda dapat berfokus pada hal yang paling penting: meningkatkan keuntungan dari bisnis.
 
Tetapi apakah kop surat bisnis atau letterhead ini masih relevan di dunia yang hampir menghapus penggunaan kertas dan hampir berbasis digital?
 
Beberapa riset menunjukkan bahwa kop surat atau letterhead pada umumnya memiliki satu kesamaan -  menjadi saluran komunikasi pemasaran yang kuat. Kop surat bisnis atau letterhead yang dirancang dengan baik dapat memberikan representasi fisik dari bisnis Anda. Anda tentunya menginginkan penggunaannya terasa berbobot dan membangkitkan nilai dari bisnis yang Anda jalankan.
 
Tetapi, membuat desain kop surat atau letterhead yang berkualitas hanya lebih mudah ketika diucapkan dibanding dilakukan, terutama saat Anda membutuhkan hasil yang terbaik dan sejalan dengan visi perusahaan Anda.
 
Jadi, apa saja alasan bahwa bisnis Anda masih membutuhkan kop surat atau letterhead untuk operasional? Mari kita pahami lebih dalam.
 
Mendemonstrasikan Tingkat Profesionalitas Dari Bisnis Anda
 
Tempatkan diri Anda dalam sepatu pelanggan. Jika Anda mengirimkan surat yang hanya terdiri dari kertas putih dengan amplop, hal tersebut tidaklah terlihat profesional untuk bisnis yang Anda jalankan. 
 
Jika Anda mengirimkan surat yang tidaklah terlihat profesional sebagai bagian dari kampanye pemasaran bisnis, tentunya penerima dari surat Anda tersebut tidak akan berniat untuk membukanya.
 
Namun, Anda dapat memberikan kesan pertama yang profesional dengan berinvestasi pada penggunaan kop surat atau letterhead berkualitas yang dapat membuat bisnis Anda terlihat berkualitas dan juga terpercaya. Surat Anda haruslah memberikan kesan pertama terbaik dimata penerimanya untuk membuat dampak positif terhadap citra bisnis Anda. 
 
Memberikan Pemasaran Berkualitas Untuk Bisnis Anda
 
Pemasaran merupakan komponen penting untuk mempertahankan corong penjualan yang sehat dari bisnis Anda. Agar senantiasa kompetitif, Anda harus memanfaatkan setiap saluran iklan di luar sana dan tanpa henti mempromosikan brand atau bisnis Anda. 
 
Salah satu alat pemasaran yang sangat efektif adalah penggunaan kop surat atau letterhead untuk bisnis. Setiap kali menerima surat dari Anda, pelanggan akan melihat nama brand dan logo dari bisnis Anda.
 
Hal ini menunjukkan bahwa bisnis Anda senantiasa berpengalaman di industri – urutan kesadaran akan brand Anda akan lebih unggul dibanding bisnis yang tidak memiliki representasi dengan letterhead. Dampak psikologis yang didapatkan dari penggunaan kop surat atau letterhead untuk bisnis tidak dapat diukur dalam istilah matematika. 
 
Anda akan memancarkan otoritas dan memiliki kehadiran yang tangguh di antara para pemain kunci dalam industri bisnis yang Anda jalankan.
 
Pikirkan seperti ini: Anda tetap akan mengirim surat. Mengapa tidak mengirimkannya dengan cara yang lebih memberikan citra positif untuk bisnis Anda? Hal ini merupakan strategi pemasaran gratis dengan hasil nilai yang tinggi harganya dalam ekonomi yang sangat kompetitif saat ini.
 
Kami juga merekomendasikan penggunaan logo yang sama pada website atau kartu nama, dan materi pemasaran lainnya. Konsistensi dalam branding adalah salah satu ciri perusahaan dan bisnis yang sukses.
 
Membuat Komunikasi Anda Menjadi Lebih Mudah
 
Kop surat bisnis atau letterhead memberikan Anda kontrol tentang bagaimana setiap orang mempengaruhi bisnis dan memberikan Anda kemudahan dalam berkomunikasi dengan klien atau pelanggan. Kop surat bisnis atau letterhead berisikan identitas bisnis dan informasi penting dalam ruang yang sederhana, Anda dapat menambahkan detail penting seperti nomor telepon, email, alamat, dan detail lain yang dapat membantu penerima surat mengontak bisnis Anda dengan lebih mudah.
 
Lebih pentingnya, jika seseorang menunggu datangnya surat dari bisnis Anda, menandai amplop dan surat yang Anda kirimkan dengan logo dapat membuat mereka dengan mudah mengenali bisnis Anda, dalam tumpukan surat yang mereka miliki. Hal ini memberikan kemudahan terhadap klien - yang tentunya menemukan kemudahan, bahkan dalam detail yang kecil seperti ini.
 
Anda juga dapat merancang desain letterhead yang berbeda untuk mengidentifikasikan divisi atau bagian yang berbeda dari tim bisnis Anda. Misalnya untuk bagian finance dapat memiliki desain khusus tersendiri, sehingga ketika klien Anda menerima surat tersebut, mereka dengan mudah mengetahui bahwa yang mengirimkan surat tersebut adalah divisi finance dari bisnis Anda. 
 
Membuat Bisnis Anda Tampil Dengan Dampak Yang Lebih Kuat
 
Kop surat bisnis atau letterhead membuat bisnis Anda senantiasa terlihat profesional dan berdiri kuat seperti perusahaan besar - misalnya seperti Microsoft atau Apple dengan kekuatan, dampak, dan infrastruktur yang juga besar. 
 
Hal ini membuat bisnis Anda lebih mudah dikenali oleh berbagai sektor bisnis lain dan juga berpotensi mendatangkan klien yang juga besar. Ilusi dari kekuatan ini merupakan kekuatan tersembunyi yang dapat Anda manfaatkan.
 
Setiap bisnis dapat memproduksi iklan berbayar - tetapi kop surat bisnis masih menjadi salah satu penanda tingkat dan skala bisnis yang berkualitas hingga saat ini.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi untuk Anda tentang alasan mengapa letterhead masih senantiasa diperlukan dalam berbagai kebutuhan bisnis yang Anda jalankan. Jika bisnis Anda membutuhkan jasa percetakan letterhead profesional serta harga yang terjangkau,  ILITHO hadir untuk membantu Anda.
 
Dengan harga mulai dari Rp 500.000 / per 1 Rim (500 Lembar),pencetakan dengan 1 atau 2 sisi, dan dengan dua varian desain yaitu custom & template, kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis anda seperti dokumen dengan letterhead dapat segera dicetak sesuai desain yang anda inginkan. 
 
Selain itu, berbagai jenis kebutuhan lainnya yang Anda perlukan untuk mendukung produktivitas yang lebih efisien dapat tim kami berikan untuk kebutuhan spesifik Anda. Jadi, tunggu apalagi? Cetak berbagai jenis kebutuhan dan perlengkapan bisnis dalam berbagai industri dengan desain yang Anda inginkan yang tentunya juga berkualitas dengan menghubungi hotline aktif via WhatsApp kami, disini.
 
 
 
Article Reference : TweakYourBiz