Mengenal Lebih Dalam Manfaat Foam Boards Untuk Kebutuhan Anda
Foam board memberikan solusi hemat biaya untuk bisnis dengan anggaran terbatas.
12 October 2023
Penggunaan foam boards merupakan salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis dan menyampaikan pesan Anda ke seluruh dunia. Harganya terjangkau, mudah digunakan, dan sangat efektif untuk menghasilkan visual menarik yang membantu Anda untuk lebih menonjol dari kompetitor. Dalam artikel kali ini kami akan membahas beberapa manfaat pencetakan foam boards dan bagaimana hal tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan Anda.
 
Pencetakan foam board menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang jauh lebih tahan lama dibandingkan tanda kertas atau vinil tradisional. Foam board juga tahan terhadap pemudaran dan perubahan warna, memastikan brand Anda untuk tetap hidup dengan jangka waktu yang lebih lama.
 
Dan karena sifatnya tahan air dan ringan, Anda dapat dengan mudah memindahkan foam board dari satu lokasi ke lokasi lain, sehingga memberi Anda fleksibilitas lebih besar saat memajang produk dari bisnis Anda.
 
Pencetakan foam board juga memberikan solusi hemat biaya untuk bisnis dengan anggaran terbatas. Foam board  sangat serbaguna, memungkinkan Anda menggunakannya dalam berbagai cara. Mulai dari membuat pajangan hingga membuat material promosi, pencetakan foam board memberikan banyak pilihan untuk membuat bisnis Anda lebih dikenal.
 
Apa Yang Sebenarnya Dimaksud Dengan Foam Board?
 
Foam board merupakan  salah satu jenis papan tanda paling populer yang mungkin pernah Anda lihat di supermarket atau mal lokal, tetapi mungkin tidak pernah tahu namanya. Papan busa PVC terbuat dari inti busa polistirena ringan yang diapit di antara dua lapisan kertas berlapis tanah liat putih, kertas arsip katun, atau kertas Kraft coklat biasa.
 
Papan inti dari foam board yang dihasilkan senantiasa ringan, kokoh, dan mudah dibentuk. Dapat dipotong dengan rapi menggunakan pisau tajam atau gunting. Pemotong alas bingkai gambar juga dapat digunakan untuk memotong tanda foam board khusus menjadi bentuk apa pun yang dapat Anda bayangkan. 
 
Bahan poster untuk foam board umumnya lebih banyak digunakan dalam pembingkaian gambar sebagai material pendukung yang sangat baik untuk memajang foto dan cetakan desain. 
 
Foam Core vs Foam Board
 
 
 
 
Secara teknis, foam core merujuk secara ketat pada lapisan busa polistirena pada inti dari foam board. Istilah “foam board” mencakup ketiga lapisan yang membentuk produk tersebut. Namun, Anda akan sering menemukan bahwa kata foam core dan foam board digunakan secara bergantian. Foam board juga biasa dikenal sebagai foam core board. Istilah-istilah ini sebenarnya sejenis dan merujuk pada produk yang sama.
 
Penggunaan Foam Board
 
Penggunaan foam board dapat dengan mudah Anda temui. Mulai dari pajangan pameran produk tertentu, alat bantu visual ketika melakukan presentasi, iklan di dalam toko, bangunan model arsitektur, dan segala jenis struktur model semuanya dapat dibuat dari foam board. Banyak bisnis yang banyak menggunakan papan foam board untuk acara dan pajangan di dalam toko bagi pelanggan mereka.
 
 
 
 
Foam board digunakan secara luas untuk membuat model skala. Bahannya dapat dipotong seperti kertas, namun mampu menopang beratnya sendiri seperti karton. Permukaannya yang halus sangat ideal untuk mencetak desain yang Anda inginkan. Bahannya ringan dan dapat dipotong sesuai ukuran dan bentuk untuk segala kebutuhan Anda.
 
Ketebalan & Ukuran Foam Board
 
Ada empat ukuran standar untuk pencetakan foam boards yaitu : 8”x 10”, 16”x 20”, 18” x 24”, dan 24”x 36”. Foam board tersedia dalam berbagai warna, ketebalan, dan ukuran. Dan semakin tebal foam board, semakin besar material dan tingkat kekakuan material terkait. Apapun ketebalan yang Anda pilih, foam board kokoh dan dapat disesuaikan dengan bentuk atau ukuran apa pun.
 
Ketebalan Foam Board
 
  • Foam board setebal 1 mm dan 2 mm paling mudah dipotong dan mudah digantung dengan stapler atau berlubang. Jenis ini biasa  digunakan bagi peserta pameran atau fotografer profesional untuk menggantungkan kolase gambar di dinding.

  • Foam board setebal 3 mm adalah pilihan terbaik untuk presentasi, atau sebagai mood board. Mood board yang digunakan oleh penata atau desainer interior dapat dibuat dengan foam board. 
  • Foam board setebal 3 mm juga merupakan pilihan ramah anggaran karena dapat digunakan untuk aplikasi yang sama seperti papan busa setebal 5 mm. Karena panelnya lebih murah, panelnya juga lebih fleksibel dan mudah dipotong.
  • Papan busa setebal 5 mm adalah jenis yang paling umum digunakan . Jenis ini banyak digunakan untuk berbagai aplikasi signage, pameran dagang, dan bisnis.

  • Foam board setebal 10 mm digunakan untuk menutupi area permukaan yang lebih luas. Ukuran 40” x 60” ke atas memerlukan papan busa setebal 10 mm, karena kekuatan dan tingkat kekakuannya yang lebih besar. Ketebalan ini cenderung tidak bengkok dan merupakan pilihan terbaik untuk stand pameran, pertunjukan, atau pemotretan.



Berikut adalah beberapa informasi akan penggunaan foam board sebagai salah satu pemasaran dari bisnis Anda. Sudahkah Anda memikirkan desain mana yang tepat untuk Anda cetak dan Apakah Anda perlu melakukan kustomisasi khusus untuk melengkapinya?
 
Jika Anda ingin merancang dan mencetak custom foam board berkualitas yang dapat di kustomisasikan sesuai dengan keinginan Anda, ILITHO hadir sebagai percetakan & digital printing di Jakarta yang menyediakan layanan pencetakan berbagai kebutuhan perlengkapan untuk keperluan bisnis Anda.
 
Kami dapat memastikan bahwa custom foam board dari bisnis Anda dapat segera dicetak dengan proses cepat tanpa mengurangi kualitas dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Jadi, tunggu apalagi? Cetak desain berkualitas dari produk bisnis dan berbagai perlengkapan bisnis lainnya yang berkualitas dan profesional dengan menghubungi hotline aktif via WhatsApp kami, disini.
 
 
 
 
Article Reference : PrintMoz