Mengenal Lebih Dalam Tentang UV Printing
Pencetakan UV dilakukan dengan menggunakan sinar ultraviolet serta tinta khusus untuk mencetak berbagai desain dalam berbagai jenis bahan.
25 June 2020
Proses pencetakan UV saat ini cukup populer digunakan oleh berbagai kalangan. Pencetakan ini dilakukan dengan menggunakan sinar UV atau ultraviolet serta tinta khusus untuk mencetak berbagai desain dalam berbagai jenis bahan. Mulai dari permukaan datar seperti kertas, lembaran akrilik, kayu hingga Objek 3D seperti mug, pena, dan bahkan bola golf. Hal ini dimungkinkan karena ketika titik-titik tinta dijatuhkan ke permukaan, tinta tersebut kemudian secara langsung terkena sinar UV yang mengeringkan tinta tersebut secara cepat.

Banyak percetakan yang sekarang menawarkan pencetakan dengan sistem UV karena keuntungan yang lebih banyak didapatkan jika dibandingkan dengan pencetakan tradisional. Proses pencetakannya hampir persis sama dan perbedaannya ada pada tinta dan proses pengeringan dari tinta tersebut.

Pencetakan offset konvensional menggunakan tinta pelarut - yang bukan merupakan pilihan bersifat eco-friendly - karena ketika tintanya menguap ke udara, hal tersebut melepaskan senyawa organik / Volatile Organic Compounds (VOC). Printer tersebut juga sering membutuhkan bubuk semprotan tambahan dalam membantu pengeringan mesin. Karena senyawa tersebut diserap ke dalam material pencetakan, warna yang dihasilkan juga menjadi encer dan menjadi kurang cerah. Bergantung pada karakter dan berat kertas, pengeringan mesin dapat memakan waktu beberapa hari untuk setiap pencetakan yang dilakukan. Tinta konvensional tersebut harus diserap oleh media yang dicetak sehingga Anda tidak dapat menggunakannya pada bahan seperti plastik, kertas timah, atau akrilik.

Tinta UV dapat dengan mudah mengering melalui proses foto mekanis. Tinta yang terkena sinar ultraviolet saat dicetak, dapat berubah dari cairan menjadi padatan dengan penguapan pelarut yang sangat sedikit dan hampir tidak ada penyerapan tinta ke dalam stok kertas. Jadi, Anda dapat mencetak hampir apapun yang Anda inginkan saat menggunakan tinta UV. Karena sifatnya yang kering dengan cepat tanpa mengeluarkan VOC yang berlebihan ke dalam lingkungan, pencetakan UV sangatlah berperan dalam menerapkan teknologi bersifat eco-friendly, yang aman untuk lingkungan dan hampir tidak melepaskan jejak karbon sama sekali. 

Beberapa Manfaat Dalam Percetakan UV

Dapat Dicetak Dalam Hampir Seluruh Material

Pertama dan terpenting, pencetakan UV lebih baik untuk lingkungan karena tidak ada pelarut yang dilepaskan ke udara, yang dapat membantu bisnis Anda untuk mengurangi emisi lingkungan. Keuntungan lain adalah fakta bahwa Anda dapat mencetak pada bahan yang tidak terbatas seperti plastik, kaca dan logam. Pada dasarnya, jika Anda dapat memasukkan bahan ke dalam mesin cetak tersebut, Anda dapat mencetaknya dengan tinta UV.

Lebih Cepat Dicetak Dibanding Dengan Printer Konvensional

Selain dari yang disebutkan di atas, ada beberapa manfaat utama lainnya untuk proses pencetakan UV ini. Salah satunya adalah kemampuannya yang jauh lebih cepat dalam mencetak daripada mesin printer konvensional. Anda tidak perlu lagi menunggu tinta pada bagian Anda mengering, karena tinta UV mengering melalui proses foto mekanis. Hal ini hampir bersifat instan, sehingga Anda dapat menyelesaikan lebih banyak pencetakan dalam waktu yang lebih sedikit.

Biaya Yang Lebih Efektif

Pencetakan dengan sistem UV juga merupakan metode yang hemat biaya. Anda dapat dengan jelas menghemat uang melalui waktu pengeringan yang lebih cepat. Namun, ada juga penghematan besar yang dapat Anda lakukan dengan menghilangkan kebutuhan untuk pelapis berair, yang diperlukan agar tinta konvensional lebih cepat kering dan tidak kotor. Pencetakan UV tidak membutuhkan pelapis seperti ini, maka dari itu biaya yang Anda keluarkan juga lebih hemat, bukan?

Hasil Yang Lebih Vibran

Pencetakan dengan sistem UV lebih memberikan hasil yang lebih vibran serta cerah. Hal ini dikarenakan sinar UV yang tidak memberikan waktu untuk peresapan ke dalam material. Pencetakan dengan fotorealistik dapat lebih terlihat nyata. 

Mesin Pencetakan dengan sistem UV memiliki varian bergantung pada aplikasinya. Adapun  varian umum dari mesin UV, yaitu:
 
  • Roll to Roll
Dengan menggunakan media yang digulung dalam rol seperti mesin percetakan digital pada umumnya. Mesin UV ini biasa digunakan untuk mencetak iklan dengan media berbasis outdoor terutama bagi Anda yang memiliki banyak pesanan banyak dengan biaya perawatan yang lebih rendah. 


Jika Anda sudah lebih memahami tentang penggunaan mesin UV dalam mencetak kebutuhan Anda, sudahkah Anda menemukan percetakan yang berkualitas untuk mencetak hasil kebutuhan Anda? 

ILITHO hadir sebagai digital printing di Jakarta yang menggunakan salah satu mesin terbaru yaitu UV Roll To Roll untuk mencetak segala keperluan wide & large format bagi kebutuhan Anda. Mesin UV Roll To Roll ini dapat mencetak hingga hampir 3.2 meter (width), 6 PL Head (Very High Quality Image), Double Head Production dengan kecepatan hampir 40 m2 per jam,dengan material yang bervariasi dan sangat cocok untuk digunakan baik indoor maupun outdoor

Jadi, tunggu apalagi? Segera kunjungi website ILITHO disini untuk langsung mencetak kebutuhan Anda, sekarang juga!