Panduan Singkat Dalam Merancang Label Produk Untuk Bisnis Anda  
Label produk yang sempurna dapat diasosiasikan dengan berbagai produk.
26 October 2023
Ada peribahasa dimana Anda tidak boleh menilai sesuatu hanya dari sampulnya saja. Tetapi, kita harus mengakui bahwa kita senantiasa menilai sesuatu dari segi visualnya terlebih dahulu. Misalnya seperti untuk kemasan, label produk yang sempurna dapat diasosiasikan dengan berbagai produk seperti botol berisi rempah wewangian untuk pengharum ruangan, hingga produk kecantikan seperti lotion. 
 
Untuk sebagian besar orang, hal ini mungkin dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi keinginan membeli dari diri mereka. 
 
Kabar baiknya, jika Anda menggunakan logo yang mudah diingat dan kuat dari segi visual untuk bisnis Anda, artikel ini cocok untuk Anda. Dalam artikel ini, kami mencoba memberikan beberapa panduan singkat dalam merancang label produk yang sesuai untuk kebutuhan bisnis Anda. 
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Merancang Desain Untuk Label Kemasan?
 
Desain label untuk sebuah produk merujuk pada estetika dan tata letak grafis dan informasi dari produk yang Anda jual. Ketika target pelanggan anda menemukan produk secara online atau dalam toko fisik, desain yang menarik dapat membuat mereka memilih produk tersebut untuk dibeli.
 
Sebagai tambahan untuk melengkapi kemasan produk, label produk yang dirancang secara berkualitas akan berjalan seperti alat pemasaran untuk bisnis Anda. 
 
 
Elemen Yang Perlu Diperhatikan Ketika Merancang Desain Label Produk 
 
Kreativitas merupakan kunci ketika merancang label kemasan yang dapat menarik perhatian pelanggan untuk melihat produk Anda. Label produk perlu memiliki beberapa elemen, seperti : 
 
  • Nama Produk - Sebuah produk tentunya membutuhkan nama yang menjadi salah satu aspek yang paling terlihat dari label produk bisnis Anda.

  • Logo Brand -  Logo yang ditempatkan secara menonjol akan membantu setiap orang untuk segera mengasosiasikan produk tertentu dengan brand Anda.

  • Grafis & Elemen Desain Lainnya - Mencakup keseluruhan bagian desain seperti warna, pola, gambar, font, dan keseluruhan tata letak - yang perlu disesuaikan dengan branding dari bisnis Anda.

  • Deskripsi Produk - Deskripsi produk dapat berupa kalimat tunggal atau singkat yang menceritakan produk secara puitis. Tetapi biasanya, dikemas untuk menampilkan detail produk dan informasi penting di dalamnya.

    Bergantung pada produk dan regulasi dimana produk Anda dijual, mungkin Anda perlu memasukkan berat produk, daftar bahan di dalamnya, tanggal kadaluarsa, dan sertifikasi regulasi dari pemerintah.

  • Instruksi Penggunaan - Bahkan jika produk yang digunakan sangat sederhana, tentunya panduan penggunaan senantiasa tetap perlu dituliskan di dalamnya.

  • Informasi Kontak - Sebagai tambahan untuk alamat pengemasan dari produk, banyak bisnis yang masih menuliskan dimana mereka dapat dihubungi jika ada pertanyaan dari pengguna produk terkait. 

 
Tips Merancang Desain Label Produk Yang Berkualitas
 
Label produk merupakan kesan pertama dari produk Anda. Hal tersebut mengkomunikasikan informasi penting tentang apa yang diberikan oleh produk Anda dan bagaimana cara penggunaannya. Hal tersebut juga memberikan nilai pada produk Anda. Mari kita lihat beberapa tips dalam merancangnya.
 
Lakukan Riset Terlebih Dahulu
 
Mulailah dengan meneliti target audiens dan kompetitor Anda. Buatlah grup fokus dengan perwakilan dari target pasar Anda, atau bagikan survei online dengan email kepada target audiens Anda untuk mengetahui jenis informasi label produk apa yang menurut mereka paling berguna. 
 
Jelajahi tren desain yang diandalkan oleh kompetitor Anda, dan pikirkan bagaimana Anda dapat menonjol sambil tetap berpegang pada identitas dari brand Anda.
 
 
 
 
Tentukan Budget Yang Sesuai Untuk Pencetakannya
 
Sangat mudah untuk terbawa dan terpikat untuk menggunakan elemen desain yang menonjol dan bahan berkualitas tinggi, namun ingatlah bahwa harga label produk yang cukup mahal pada akhirnya akan dibebankan kepada konsumen, sehingga mempengaruhi keputusan pembelian mereka.
 
Bergantung pada anggaran dari bisnis, Anda dapat memilih untuk menyewa desainer profesional atau menggunakan alat gratis seperti Canva untuk merancang sendiri label produk untuk bisnis Anda. Tentukan bahan mana yang akan digunakan melengkapi kemasan produk Anda tanpa menaikkan harga total bagi pelanggan.
 
Kumpulkan Informasi Penting Terkait Produk Anda
 
Selain nama produk, logo bisnis, dan deskripsi produk, mungkin ada informasi lain yang perlu Anda masukkan pada label produk. Kumpulkan daftar bahan produk, sertifikasi khusus, barcode, dan informasi penting lainnya sebelum memasukkan pesan dalam label produk bisnis Anda.
 
Rencanakan Tata Letak Dari Label
 
Setelah Anda mengetahui informasi apa yang harus disampaikan oleh label produk dan bahan apa yang ingin digunakan, Anda dapat mulai merencanakan desainnya. Entah dengan apapun Anda membuatnya, ingatlah untuk selalu mengingat margin branding dari bisnis Anda.
 
 
Berikut adalah beberapa panduan singkat dalam merancang label untuk produk dari bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan jasa pencetakan custom untuk label produk berkualitas dengan harga yang terjangkau,  ILITHO hadir untuk membantu Anda.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya menyediakan layanan pencetakan label produk sebagai salah satu perlengkapan dari bisnis Anda. Dengan proses pembuatan cepat dan beberapa opsi material pencetakan, kami dapat memastikan bahwa produk Anda menggunakan label yang berkualitas. 
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak kebutuhan label produk dengan desain yang Anda inginkan yang tentunya juga berkualitas dengan menghubungi hotline aktif via WhatsApp kami, disini.
 
 
 
Article Reference : Shopify