Tips Dalam Mencetak Buku Panduan Yang Mudah Dipahami Untuk Keperluan Bisnis
Buku manual merupakan salah satu jenis buku yang paling banyak diproduksi oleh berbagai bisnis dan juga perusahaan.
27 October 2021
Buku panduan, yang mungkin lebih sering dikenal dengan nama buku manual merupakan salah satu jenis buku yang paling banyak diproduksi oleh berbagai bisnis dan juga perusahaan. Tujuan pembuatannya adalah untuk memberikan panduan tentang berbagai macam topik dalam bisnis atau perusahaan yang memerlukan deskripsi lebih lanjut.
 
Karena penggunaannya yang senantiasa bervariasi, maka penting bagi Anda untuk lebih memahami bagaimana cara dapat memproduksi buku panduan yang lebih mudah dipahami oleh pembaca. Berikut beberapa tips yang dapat kami berikan untuk membantu Anda dalam mencetak buku panduan untuk keperluan bisnis Anda.
 
Kenali Perbedaan Dari Jenis Buku Panduan
 
Buku Panduan Internal 
 
Salah satu contoh dari buku panduan internal adalah buku panduan yang biasa digunakan sebagai instruksi yang karyawan dari bisnis atau perusahaan Anda jalankan yang biasanya berisikan pemahaman tentang peralatan atau perangkat yang digunakan setiap harinya. 
 
Buku panduan internal ini dapat dibuat berbeda untuk memisahkan setiap prosedur dari berbagai divisi dalam perusahaan atau juga dapat Anda gabungkan menjadi satu panduan handal untuk setiap divisi yang Anda miliki. 
 
Buku panduan internal ini dapat membantu Anda meningkatkan tingkat efektivitas dari setiap pekerjaan karyawan dalam bisnis Anda karena dapat menjadi salah satu buku manual untuk setiap pekerjaan mereka. Buku panduan ini juga dapat dijadikan salah satu bentuk praktek yang handal dalam pengoperasian bisnis Anda setiap harinya. 
 
Idealnya, jika perusahaan atau bisnis Anda mampu membuat buku panduan yang efektif dan menyeluruh, hal ini dapat mengurangi jeda waktu bagi karyawan dan meningkatkan produktivitas di seluruh bagian.
 
Buku Panduan Eksternal 
 
Buku panduan eksternal dapat berupa instruksi manual untuk produk atau layanan yang Anda berikan kepada pelanggan Anda. Jika Anda memberikan instruksi untuk produk yang Anda jual, Anda dapat menerjemahkan langkah-langkah tersebut ke dalam beberapa bahasa yang berbeda, seperti yang dilakukan sebagian besar perusahaan atau bisnis dalam buku panduannya. Hal ini membantu menumbuhkan basis pelanggan dan mengurangi jumlah panggilan yang Anda terima sehubungan dengan penggunaan produk Anda.
 
Buku panduan untuk pelanggan, manual produk, atau manual instruksi seringkali memiliki beberapa persyaratan hukum tergantung pada industri tempat bisnis Anda berada. Mungkin ada panduan keselamatan ekstensif yang perlu ditempatkan dalam semua panduan yang Anda kirimkan ke pelanggan untuk memenuhi standar buku panduan tertentu. 
 
Sangat penting bagi tim Anda untuk mengetahui siapa pengguna akhir dalam hal buku panduan dari bisnis secara eksternal. Menetapkan siapa audiens yang menerima buku panduan akan memudahkan Anda dan tim untuk lebih menyesuaikan sumber daya di dalam buku tersebut.
 
 
Setelah mengenal dua jenis umum dari buku panduan yang biasa dicetak oleh perusahaan atau bisnis, berikut beberapa tips dalam mencetak buku panduan yang efektif untuk digunakan dalam bisnis Anda :
 
Gunakan Penjilidan Dengan Metode Spiral 
 
Tujuan penggunaan metode penjilidan spiral adalah untuk memudahkan pembaca dalam membuka buku panduan yang Anda berikan. Dengan menggunakan penjilidan spiral, buku dapat dibuka rata dan tidak mudah tertutup, sehingga memudahkan mereka dalam melakukan hal lainnya. Buku berjilid spiral juga dapat dilipat ke belakang, memberikan kemudahan saat membukanya di ruang sempit seperti pada meja kerja.
 
Tambahkan Selipan / Penanda Dalam Buku Panduan
 
Salah satu cara sederhana untuk memudahkan penggunaan buku panduan adalah dengan menambahkan penanda di dalam buku tersebut. Hal ini dapat memudahkan pembaca dalam menemukan topik tertentu di dalam buku yang Anda berikan. 
 
Buatlah Bagian Sampul Buku Lebih Lebar

Jika Anda memilih untuk menambahkan selipan atau penanda dalam buku panduan, Anda dapat menambahkan ruang agar sampul depan dan belakang buku terbuat lebih besar. Hal ini akan membantu Anda untuk melindungi bentuk penanda agar tidak bengkok atau kusut saat akan diselipkan ke dalam buku panduan.
 
Tambahkan Kantong Untuk Menyimpan Dokumen Terkait Dengan Buku Manual

Buku manual atau buku panduan apa pun dapat Anda tambahkan kantong yang dibuat biasanya di bagian belakang ataupun depan. Kantong ini dapat menjadi menjadi salah satu cara efektif yang nyaman untuk menyimpan dan menyisipkan dokumen tambahan yang mungkin bermanfaat bagi pembaca, seperti lembaran dokumen garansi, diagram, sketsa, dan dokumen lain yang berkaitan dengan panduan tersebut.
 
Sertakan Halaman Tambahan Sebagai Tempat Pembaca Menulis Detail
 
Banyak pembaca buku panduan yang hingga saat ini masih sering menambahkan catatan pada panduan dan buku pegangan mereka, terutama saat mereka mempelajari tugas atau prosedur baru. Dalam kebanyakan kasus, menambahkan beberapa halaman kosong di bagian belakang atau depan manual atau buku panduan tidaklah menambah budget yang terlalu besar dan mudah dilakukan, serta dapat menjadi nilai tambah dari pembaca buku manual Anda.
 
Seperti material bisnis lainnya, isi dan penulisan dari buku manual harus dituliskan dengan benar agar senantiasa relevan dengan produk dan memudahkan pembaca, baik bagi tim internal maupun pelanggan Anda. 
 
Optimalkan buku panduan Anda agar sesuai dengan karakteristik dari pengguna. Mengetahui audiens Anda dapat membantu untuk memahami jenis informasi apa dan seberapa banyak detail yang perlu dimasukkan dalam manual serta bagaimana informasi tersebut  dapat disajikan.
 
Setelah mengetahui siapa saja audiens yang tepat dari buku panduan Anda, Anda perlu mengetahui apa masalah yang ingin Anda coba pecahkan dari produk Anda dengan adanya buku panduan tersebut. Sajikan solusinya, dan kemudian uraikan instruksi untuk mencapai solusi. Tulislah panduan dengan bahasa yang jelas, singkat, dan padat.
 
Dalam merancang desain dari buku manual, Anda tidak perlu menambahkan hal-hal yang tidak terlalu berhubungan dengan topik panduan. Penggunaan gambar dalam buku panduan sangat membantu pengguna untuk mengetahui langkah-langkah yang harus mereka lakukan. Dengan berkembangnya teknologi, Anda bisa berinovasi dengan memberikan video yang dapat ditampilkan dengan mencantumkan kode QR di dalam buku panduan.
 
 
 
Jika Anda sudah lebih memahami tentang beberapa tips dalam merancang buku panduan yang mudah dipahami oleh pembaca, kini saatnya Anda untuk mulai membuatnya. Jika Anda mencari percetakan digital yang berkualitas di Jakarta untuk membantu Anda dalam mencetaknya, ILITHO dapat membantu Anda.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan pencetakan berbagai macam kebutuhan Anda melalui www.elitho.id sebagai salah satu alat penunjang bisnis. ILITHO dapat melayani percetakan buku, sticker, pin ataupun media promosi yang berkualitas lainnya.
 
Kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis Anda dapat segera dicetak sesuai desain yang Anda inginkan dengan proses cepat tanpa mengurangi kualitas dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak desain segala urusan bisnis anda hanya di ILITHO.