Tips Untuk Merancang Kepala Surat (Letterhead) Yang Profesional
Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan untuk membuat kop surat yang tepat dan terlihat profesional.
06 November 2020
Seperti yang sudah Anda ketahui, kop surat senantiasa penting bagi bisnis Anda. Tahukah Anda tentang cara membuat kop surat yang profesional? 
 
Ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan dengan cermat untuk membuat kop surat yang tepat dan terlihat profesional. 
 
Untuk bisnis Anda, kop surat atau biasa disebut dengan letterhead merupakan sebuah fitur yang memberikan anda kesan pertama yang baik di mata klien dan memungkinkan untuk membuat perusahaan atau bisnis Anda lebih mudah diingat. 
 
Salah satu hal yang dapat dipastikan dapat dicapai oleh penggunaan letterhead adalah penggunaannya yang tidak hanya dapat dicetak di kertas tetapi juga dapat digunakan dalam dokumen digital, email, newsletter,invoices,dan sebagainya jika desainnya dirancang dengan dan profesional dan tetap kreatif serta mencerminkan bisnis atau perusahaan Anda secara utuh.
Berikut ini kami berikan Anda beberapa tips untuk merancang desain dari letterhead yang tetap profesional dan kreatif untuk bisnis Anda:
 
Perhatikan Konten & Tampilan Umum Dari Letterhead Anda
 
Selalu buat daftar tentang yang Anda ingin kop surat Anda miliki terlebih dahulu. Dan informasi di dalamnya harus jelas dan tepat, tentunya. Anda ingin memperkenalkan bisnis Anda kepada calon pelanggan. Jadi, jangan membiarkan mereka membaca kop surat yang dibuat dengan buruk dengan teks yang kabur, salah penulisan atau kurang rinci dalam bagian kontak.
 
Dan juga, penting bagi Anda untuk mengingat tiga hal dasar dalam kop surat Anda, yaitu:
 
  • Nama perusahaan atau bisnis

  • Logo perusahaan atau bisnis

  • Detail kontak

Selain itu, cetakan kop surat Anda juga dapat menyertakan beberapa rincian mengenai media sosial yang Anda miliki. Dan juga,  pastikan bahwa resolusi kop surat (yaitu teks dan logo) berkualitas tinggi dan tajam, dan seluruh informasi tertulis dengan benar.
 
Carilah juga di internet jika Anda belum mengetahui cara menyusun informasi yang tepat dalam kop surat Anda. Mungkin perlu beberapa waktu bagi Anda yang membuat kop surat untuk pertama kalinya dalam menemukan jenis penempatan favorit Anda.
 
Desain Kop Surat (Letterhead)
 
Bagian yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini adalah ukuran font kop surat dan jenis huruf yang Anda gunakan. Anda ingin membuat hal yang dapat secara efektif dan langsung menarik perhatian penonton pada nama perusahaan atau bisnis Anda, bukan? Karena itulah, kami menyarankan agar Anda menggunakan jenis font yang besar untuk nama dari bisnis atau perusahaan Anda pada kop surat. 
 
Ukuran font pada elemen lain juga penting untuk Anda perhatikan. Agar judul utama dalam kop surat tersebut tidak terlihat terlalu ramai, ukuran yang digunakan sebaiknya berkisar antara 10-12. Dan Anda juga harus mengingat tentang aturan penggunaan yang hanya menggunakan satu jenis huruf yang sama dan satu huruf kapital, untuk semua hal yang memerlukan kop surat di atasnya.
 
Selain itu, perhatikan karakteristik dari bisnis Anda saat memilih jenis huruf untuk kop surat yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan kedua aspek tersebut haruslah cocok satu sama lain. 
 
Pemilihan Kertas Yang Digunakan
 
Kop surat standar yang bersifat profesional adalah kop surat yang mencakup seluruh informasi penting yang disajikan dengan jelas dan diatur dengan baik dengan memadukan warna yang menarik di dalamnya. Namun hati-hati, menggabungkan nuansa yang tidak tepat dapat mengalihkan perhatian audiens  dari pesan utama yang ingin Anda sampaikan.
 
Pertimbangkan kualitas dan jenis kertas yang digunakan untuk kop surat Anda. Untuk membuat calon pelanggan Anda merasa lebih dihormati, gunakan kertas yang bersih dengan standar, ukuran bisnis, dan GSM yang tinggi. Ingatlah bahwa semakin tinggi GSM dari sebuah kertas, semakin baik kesan dan tampilan kop surat Anda jika dibandingkan dengan menggunakan kertas printer biasa.
 
 
Jika Anda sudah memiliki desain yang tepat untuk kop surat (letterhead) dari bisnis Anda, kini saatnya Anda mencetak kop surat tersebut pada percetakan yang berkualitas. 
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan pencetakan kop surat (letterhead) melalui www.elitho.id sebagai salah satu perlengkapan dari bisnis Anda. Dengan berbagai varian kertas dan ketebalan, kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis Anda seperti kop surat (letterhead) dapat segera dicetak sesuai desain kreatif yang anda inginkan serta berkualitas dan dengan harga yang terjangkau.