Alasan Buku Agenda Masih Relevan Digunakan Hingga Sekarang
Semakin banyak orang yang tertarik untuk memiliki agenda dengan buku dan menggunakannya sehari-hari.
09 November 2023
Entah jika Anda seorang pebisnis sejati, seniman, orang tua yang tinggal di rumah, atau pekerja kantoran, Anda harus memiliki sistem untuk merencanakan, mengatur, dan memprioritaskan tugas dan kegiatan Anda setiap harinya. Sistem tersebut sangat penting untuk menyelesaikan segala sesuatunya – baik dengan cara menuliskannya di kalender Google Anda, menempelkan kertas dengan magnet pada lemari es Anda  atau pada kertas dalam buku agenda Anda.
 
Maraknya penggunaan perangkat digital telah sangat mengurangi kebiasaan kita dalam membuat catatan, jurnal, dan membuat perencanaan di atas kertas. Apakah Anda ingat kapan terakhir kali Anda menulis lebih dari 2 kalimat dengan tangan pada buku agenda Anda? Apapun yang kita lakukan dan kemanapun kita pergi, sepertinya kita tidak pernah lupa membawa ponsel. Jadi yang jelas banyak yang memindahkan sistem organisasinya ke dunia digital.
 
Namun, terlepas dari tren yang ada, industri perencana dengan kertas seperti agenda, dan jurnal produktivitas tampaknya masih berkembang. Semakin banyak orang yang tertarik untuk memiliki agenda dengan buku dan menggunakannya sehari-hari. Dalam artikel berikut  ini kami mencoba membuat Ada  melihat apa sebenarnya yang membuat buku agenda terlihat lebih baik dibandingkan dengan penggunaan agenda digital.
 
Membuat Anda Lebih Tidak Mudah Terdistraksi
 
Ketika Anda memikirkan kelebihan penggunaan agenda digital dan agenda / buku planner, banyak orang menyoroti fitur seperti pemberitahuan dan pengingat. Dengan ponsel Anda di sisi Anda sepanjang waktu, aplikasi untuk perencanaan dapat memiliki pengingat berulang dan berbunyi tepat pada saat Anda perlu membawa anjing Anda berjalan-jalan atau merencanakan keuangan Anda untuk bulan tersebut. Bukankah ini nyaman?
 
Tetapi, berapa banyak notifikasi yang Anda dapatkan per hari? Dan berapa banyak dari pemberitahuan tersebut yang Anda hapus begitu saja? Pada era modern yang sibuk ini, terkadang kita menjadi hampir tidak peka terhadap pengingat melalui aplikasi. Kita telah belajar untuk mulai mengabaikan isi pesan, karena kita tahu bahwa notifikasi itu sendiri mengganggu Anda. 
 
Penelitian telah menemukan bahwa terlalu banyak waktu menatap layar juga berdampak negatif pada otak Anda, sehingga gagasan membuat agenda melalui perangkat seluler tampaknya baik dan nyaman, namun tetap saja menambah masalah. Selain itu, pernahkah Anda terlalu terbawa oleh pemberitahuan notifikasi sederhana sehingga Anda akhirnya menjelajahi TikTok atau Instagram… selama berjam-jam? Kedengarannya tidak terlalu bermanfaat.
 
Meluangkan waktu sejenak untuk merencanakan hari Anda di atas buku agenda membuat mata Anda beristirahat sejenak, serta menjernihkan pikiran Anda dari banyaknya informasi yang Anda terima di email dan media sosial.
 
Jika Anda benar-benar ingin meningkatkan fokus Anda dengan mengurangi waktu menatap layar, maka beralihlah  untuk menggunakan agenda atau planner dalam membuat jurnal, pemetaan ide, mengatur tugas dan acara, menulis puisi – apa pun. Anda akan membantu otak Anda dalam jangka panjang.
 
Membuat Anda Mengingat Hal Dengan Lebih Baik
 
Anda mungkin pernah mendengar hal satu ini, dan itu benar – menuliskan sesuatu sebenarnya membantu Anda menghafalnya dengan lebih baik. Menulis dengan tangan tidak hanya membuat kita merumuskan rencana dan hal yang harus dilakukan dengan lebih baik, tetapi juga merangsang sel-sel otak tertentu di dasar otak untuk meningkatkan fokus.
 
Tindakan fisik – menulis – memicu sektor ini, membuat otak Anda beralih ke mode fokus maksimum. Begitu Anda menuliskan suatu tujuan, otak Anda akan bekerja untuk membuat Anda memperhatikan dan mengingat.
 
 
 
 
Ada banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut, dan salah satu penelitian yang dilakukan oleh Dominican University of California yang menemukan bahwa orang yang menuliskan tujuan mereka, membagikannya kepada orang lain, dan menjaga akuntabilitas terhadap tujuan mereka, memiliki kemungkinan 33% lebih besar untuk mencapainya, dibandingkan mereka yang hanya merumuskan tujuan. di kepala mereka.
 
Membuat Anda Lebih Termotivasi
 
Karena menulis dengan tangan membutuhkan lebih banyak usaha, ada baiknya Anda menulis secara ringkas dan langsung pada sasaran. Tentu saja, mengetik jauh lebih mudah dan cepat, namun hal ini juga membuat kita lebih sulit selektif dalam memilih apa yang kita tulis agar dapat menyaring pemikiran kita hingga ke intisarinya.
 
Jika Anda masih bingung antara penggunaan agenda atau planner dan aplikasi perencanaan digital, bandingkan catatan Anda – kemungkinan besar catatan di aplikasi Anda terlihat lebih bertele-tele dan berantakan.
 
Dengan menulis, kita dapat menjernihkan pikiran kita dan secara sadar terhubung dengan apa yang perlu kita lakukan, serta apa yang kita inginkan dan tuju. Untuk menghemat waktu, ada baiknya menyingkat acara dan poin tertentu dalam tugas Anda. Namun, ketika memikirkan tujuan bulanan, tahunan, dan seumur hidup Anda, akan sangat membantu jika Anda lebih tepat.
 
Bagaimanapun, ada hubungan yang kuat antara pikiran kita dan bahasa yang kita gunakan. Oleh karena itu, menuliskan tujuan Anda dan menyusunnya dengan hati-hati akan membantu Anda mengingat tujuan tersebut. Dan pikirkan betapa nyamannya jika hal itu ditulis langsung di sana – pada agenda yang Anda buka setiap hari.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan alasan mengapa penggunaan agenda atau planner senantiasa penting untuk menjalankan aktivitas kesehariannya Anda. Sudahkah Anda memikirkan jenis agenda atau planner mana yang tepat untuk Anda cetak dan Apakah Anda perlu melakukan kustomisasi khusus untuk melengkapinya?
 
Jika Anda ingin merancang dan mencetak agenda atau planner berkualitas yang dapat di kustomisasikan sesuai dengan keinginan Anda, ILITHO hadir sebagai percetakan & digital printing di Jakarta yang menyediakan layanan pencetakan berbagai kebutuhan perlengkapan untuk keperluan bisnis Anda.
 
Kami dapat memastikan bahwa agenda atau  planner Anda dapat segera dicetak dengan proses cepat tanpa mengurangi kualitas dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Jadi, tunggu apalagi? Cetak desain berkualitas dari produk bisnis dan berbagai perlengkapan bisnis lainnya yang berkualitas dan profesional dengan menghubungi hotline aktif via WhatsApp kami, disini.
 
 
 
Article Reference : Luxafor