Tips Merancang Desain Brosur Yang Tepat Untuk Bisnis Anda
Sebuah brosur yang efektif dapat menjelaskan secara padat dan ringkas tentang detail dari bisnis dan apa yang dapat anda lakukan untuk konsumen produk anda.
06 December 2019
Brosur merupakan jenis selebaran yang biasa dapat ditemukan dalam rak yang berisikan banyak informasi tentang  acara, kampanye, produk ataupun layanan yang diberikan oleh sebuah bisnis atau perusahaan. Brosur biasanya dibuat dari satu lembaran yang dapat dilipat secara ganda ataupun dengan tiga lipatan. 
 
Mungkin brosur saat ini dipandang tidak lagi relevan sebagai media promosi karena kita berada di dalam era digital. Tetapi sebaliknya, sebuah brosur yang dirancang dengan desain profesional dapat menjadi salah satu strategi marketing yang penting dan dapat membawa revenue bagi bisnis atau perusahaan anda.
 
Sebuah brosur yang efektif dapat menjelaskan secara padat dan ringkas tentang detail dari bisnis dan apa yang dapat anda lakukan untuk konsumen produk anda. Di sisi lain, sebuah brosur yang dirancang dengan kurang baik di bagian desainnya hanya akan berakhir dengan ditinggalkan oleh konsumen potensialnya.
 
Brosur yang dirancang dengan baik akan menjadi pengingat bagi para pembacanya, dan untuk orang-orang lain yang anda temui, tentang apa sebenarnya bisnis anda. Brosur akan memberitahu mereka apa yang membedakan anda dari pesaing. Brosur yang kuat dapat mengedukasi para pembacanya, menyampaikan kredibilitas dan otoritas yang baik kepada perusahaan, meningkatkan target audiens, dan membujuk konsumen untuk mengambil tindakan. 
 
Oleh karena itu, berikut ini kami berikan beberapa tips untuk merancang desain brosur yang efektif bagi bisnis anda:
 
Ketahui Objek Dari Brosur Anda

Untuk membuat desain anda lebih efektif, penting bagi anda untuk mengerti apa sebenarnya tujuan penggunaannya. Tujuan dari brosur tersebut dapat menunjukkan anda jalan yang benar. Entah untuk menyebarkan berita tentang acara konser, sebagai alat pemasaran, dan sebagainya. Dapatkan sebanyak mungkin informasi tentang tujuan brosur sehingga anda dapat memilih desain yang tepat untuknya. Penting untuk anda ingat bahwa brosur merupakan  desain dalam berkomunikasi. Segala sesuatu yang anda masukkan ke dalam brosur tersebut merupakan komunikasi langsung dengan audiens anda.

Jadilah Kreatif & Unik
 
Kreativitas penting untuk membedakan anda dari kompetitor. Di jaman ketika tingkat kreativitas desainer sangat meningkat, keunikan merupakan nilai yang terpenting. Buatlah desain yang orisinal dan unik. Dan jangan lupa untuk memastikan bahwa keunikan anda dapat dengan mudah dikenali oleh konsumen. Anda dapat memikirkan desain yang cukup menonjol bahkan ketika dimasukkan bersamaan dengan selebaran lain di dalam rak. 
 
Gunakan Bahan Yang Berkualitas

Ketika berbicara tentang pemasaran, kertas brosur yang berbahan tipis dapat diibaratkan setara dengan jabat tangan yang lemah dari anda. Untuk menciptakan kesan yang baik dan meningkatkan kepercayaan diri, anda dapat memikirkan bahan apa yang dapat anda gunakan untuk brosur produk. Anda dapat memilih varian dan bahan kertas yang berkualitas tinggi untuk membedakan produk anda dengan kompetitor. Cara mungkin akan mengambil biaya yang lebih mahal daripada yang biasanya, tetapi hal ini  akan menunjukkan kepada audiens bahwa anda senantiasa peduli dengan merek dan berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk para pembaca anda.
 
Sertakan Gambar Yang Sesuai
 
Brosur tanpa gambar merupakan sebuah selebaran yang membosankan. Audiens anda tentunya merupakan makhluk visual. Kita cenderung lebih tertarik jika kita melihat sesuatu yang indah, menarik, atau menyenangkan. Dan pesan teks jarang menawarkan daya tarik ini. Tetapi gambar menawarkannya. Untuk membuat desain lebih ramah untuk audiens anda, pilih foto yang sesuai dan relevan yang terkait dengan tema utama brosur. Selain itu, hindari penggunaan gambar yang terlalu umum. Jika Anda perlu berinvestasi pada gambar yang berkualitas, maka lakukanlah. Atau jika anda memiliki anggaran untuk pemotretan brosur, maka jauh lebih baik.
 
 
 
 
Ketika anda sudah memiliki desain yang tepat untuk brosur bisnis anda, hal terakhir yang harus anda lakukan adalah mencari percetakan yang tepat untuk merealisasikan desain brosur dari perusahaan atau anda.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan pencetakan brosur melalui www.elitho.id sebagai salah satu alat penunjang bisnis anda. Dengan harga mulai dari Rp 550.000 / per 1 Rim (500 Lembar), dua ukuran yaitu A3 & A4, dua varian kertas yaitu Art Paper dan Matt Paper, serta dua pilihan laminasi yaitu Glossy & Matt, kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis anda seperti brosur dapat segera dicetak sesuai desain yang anda inginkan dengan proses cepat tanpa mengurangi kualitas dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak desain brosur dan segala urusan bisnis anda lainnya hanya di ILITHO.