Mengenal Lebih Dalam Tentang Brand Book Untuk Keperluan Bisnis Anda
Sebuah brand book merupakan panduan akan sebuah brand dan apa yang dijalankannya secara keseluruhan.
23 June 2023
Ketika membangun sebuah bisnis, branding mungkin bukan hal pertama yang terbersit untuk Anda konseptualisasikan. Menetapkan pondasi dari brand Anda dengan merancang brand book mungkin menjadi salah satu tantangan tersendiri, tetapi manfaatnya yang panjang untuk didapatkan tentunya memberikan usaha Anda hasil yang tidak sia-sia.
 

Apa Yang Dimaksud Dengan Brand Book ?

 
Sebuah brand book merupakan panduan akan sebuah brand dan apa yang dijalankannya secara keseluruhan. Dengan kata lain, brand book merupakan satu set buku yang berisikan dokumen panduan dalam mengelola identitas brand yang Anda jalankan dan seluruh aspek bisnis di dalamnya. 
 
Mulai dari designer, tim pemasaran, hingga sales, sebuah brand book dapat membantu untuk menyesuaikan pekerjaan dari berbagai departemen dan berkomunikasi dalam jalur yang sama serta konsisten.
 

Mengapa Bisnis Anda Perlu Memiliki Brand Book?

 
Salah satu manfaat terbesar yang bisa didapatkan dengan memiliki brand book adalah hal tersebut memberikan bisnis Anda kerangka konsistensi dan kohesi. Pesan yang konsisten dan kohesif merupakan alat yang baik untuk mendefinisikan kepribadian dari bisnis Anda - yang, ketika dijalankan dalam waktu yang panjang, akan mendatangkan kepercayaan. 
 
Brand yang kuat dan senantiasa konsisten akan selalu bernilai. Hal ini diperkuat oleh riset yang mengatakan bahwa brand yang senantiasa konsisten diekspektasikan untuk mendapatkan pendapatan lebih hampir sekitar 23%.
 
Ketika target audiens Anda melihat bahwa adanya konsistensi dalam setiap skema warna, tone penulisan, dan logo dalam setiap platform, hal tersebut menyampaikan bahwa Anda senantiasa profesional dan membuat adanya kepercayaan dari diri mereka terhadap brand Anda. 
 
 

Tips Dalam Merancang Brand Book Untuk Bisnis Anda

 
 
Panduan Visual
 
Penggunaan Logo
 
Anda perlu merancang logo yang unik dan mudah untuk diidentifikasikan. Memastikan bahwa logo tersebut teroptimasi dalam berbagai lingkungan perlu juga Anda pertimbangkan secara matang. Bagian dari brand book Anda ini harus dapat di approve dalam berbagai versi dan penempatannya juga perlu diperhatikan dalam setiap platform. 
 
 
 
 
Berikut salah satu contoh dari panduan akan logo dari brand Adobe. Dapat Anda lihat dengan jelas bagaimana logo perlu dirancang untuk digunakan lengkap dengan penempatan, ukuran, dan ruang negatif di sekitarnya. 
 
Palet Warna
 
Palet warna dari brand Anda merupakan elemen lain yang memberikan bisnis Anda citra konsisten dari segi visual dan nuansa. Sebagian besar brand memilih maksimal empat warna utama yang tidak terlalu jauh dari warna dasar yang sudah ditetapkan untuk logo terkait dari brand mereka.  
 
Dan sama halnya untuk logo, Anda perlu menggarisbawahi bagaimana dan kapan setiap warna dapat digunakan (warna mana yang paling cocok untuk teks dan elemen desain, Warna mana yang dapat digunakan untuk logo, dan warna mana untuk latar belakang.) Ada beberapa hal terkait yang perlu Anda tentukan juga, seperti : 
 
  • Nama Warna
  • Nilai Warna (CMYK untuk print, RGB & HEX codes untuk penggunaan digital, dan nama serta nomor untuk warna PANTONE)
  • Warna primer, sekunder, dan alternatif.

Typography
 
Sejenis dengan hal diatas, Anda perlu menentukan gaya font baik dalam produk yang dicetak maupun digital. Dalam brand book Anda, typography harus dapat mengcover font apa saja yang Anda gunakan, jenis typeface apa yang cocok, dan juga panduan untuk penambahan gaya, ukuran dan warna di dalamnya.
 
Biasanya sebagian besar brand menggunakan satu hingga dua typeface primer, typeface komplementar, dan alternatif pengganti untuk typeface.
 
Tone of Voice
 
Seperti semua elemen lain dalam daftar ini, tone of voice dari bisnis Anda harus konsisten pada semua saluran komunikasi — email, media sosial unggahan blog, iklan, dan sebagainya. Tone of voice dari bisnis Anda harus selaras dengan kepribadian, misi, brand, visi, nilai-nilai dan target audiens.
 
Anda dapat mulai dengan mengidentifikasi kata-kata yang Anda sukai dan tidak sukai untuk dikaitkan dalam bisnis Anda. Kemudian, putuskan jenis bahasa apa yang cocok dengan persona dari brand Anda dan target audiens Anda. 
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan tips yang dapat kami berikan tentang brand book sebagai salah satu perlengkapan bisnis Anda. Sudahkah Anda memikirkan desain mana yang tepat untuk Anda cetak dan Apakah Anda perlu melakukan kustomisasi khusus untuk melengkapinya?
 
Jika Anda ingin merancang dan mencetak brand book berkualitas yang dapat di kustomisasikan sesuai dengan keinginan Anda, ILITHO hadir sebagai percetakan & digital printing di Jakarta yang menyediakan layanan pencetakan berbagai kebutuhan perlengkapan seperti brand book yang bersifat profesional untuk keperluan bisnis Anda.
 
Kami dapat memastikan bahwa brand book dari bisnis Anda dapat segera dicetak dengan proses cepat tanpa mengurangi kualitas dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Jadi, tunggu apalagi? Cetak brand book bisnis dan berbagai perlengkapan bisnis lainnya yang berkualitas dan profesional dengan menghubungi hotline aktif via WhatsApp kami, disini.
 
 
 
Article Reference : Marq