Intip Trend Desain Packaging di Tahun 2025 Untuk Produk Bisnis Anda
Desain packaging yang kreatif dapat menjadi kesempatan untuk membawa pelanggan pada perjalanan yang tak terlupakan.
10 March 2025
Tren desain untuk packaging atau kemasan produk pada tahun 2025 berbicara tentang kreativitas, kepercayaan diri, dan tentunya sentuhan kesenangan di dalamnya. Hal ini dapat diberikan dengan menambahkan potongan-potongan desain, menambahkan maskot dengan guratan tangan, atau bermain dengan palet warna. 
 
Desain packaging atau kemasan yang kreatif dapat menjadi kesempatan Anda untuk membawa pelanggan pada perjalanan yang tak terlupakan.
 
Mengikuti tren desain dari packaging atau kemasan produk dapat memberikan brand Anda keunggulan baru yang dibutuhkannya. Dan Anda tidak perlu merombak citra brand Anda — beberapa penyesuaian desain grafis dapat memberikan dampak yang besar. Mari kita bahas lebih dalam tentang beberapa tren inspiratif di tahun 2025 pada artikel berikut ini. 
 
 
Desain Dengan Goresan & Coretan Tangan Yang Sederhana / Scribbles & Etches
 
Pada tahun 2025 ini, dibandingkan dengan menggunakan pendekatan yang formal dan tanpa cela, beberapa brand saat ini menggunakan jenis desain “Scribble & Etches” atau dikenal dengan tren desain dengan goresan atau coretan - memberikan efek desain yang terlihat seperti coretan tangan langsung pada kemasan dengan pena atau dengan penggunaan teknik linocut.
 
Tren desain ini mengingatkan akan kekuatan unsur manusia dalam desain. Hal ini merupakan reaksi terhadap semakin kuatnya kehadiran AI dalam desain, dimana dalam merespon kehadiran AI ini, setiap bisnis senantiasa masih ingin terhubung dengan pelanggan yang mendambakan keaslian dari setiap produk yang mereka inginkan. Pesannya jelas: "Produk ini dibuat oleh manusia, untuk manusia."
 
Tren ini terinspirasi dari linocut dan potongan kayu, di mana bagian timbul dari desain ukiran diberikan tinta dan ditekan untuk menciptakan tekstur baru yang unik. 
 
Meskipun desain ini dibuat secara digital, desain ini tetap menampilkan tampilan dan nuansa buatan tangan dengan menggunakan teknik digital yang cerdas untuk meniru ketidaksempurnaan yang akan Anda lihat pada teknik desain linocut atau potongan kayu.
 
Hal yang sama berlaku untuk coretan dan goresan dari arang, di mana kuas digital dapat meniru garis yang digambar dengan tangan, menambahkan sentuhan manusia yang membuat packaging atau kemasan dari produk terasa personal, hangat, dan tentunya autentik.
 
 
 
 
Beberapa Fitur Utama dalam Tren Scribble & Etches
 
 
  • Elemen Manusia -  Alat digital yang Anda gunakan dapat merancang desain dengan tampilan coretan tangan, goresan arang, dan goresan linocut, sehingga packaging Anda terasa seperti buatan tangan.

  • Tekstur - Terinspirasi oleh cetakan relief dengan teknik linocut dan potongan kayu, area yang timbul serta bertekstur menambah kesan mendalam dan kualitas sentuhan pada desain.

  • Detail Yang Tidak Sempurna - Ketidakteraturan yang disengaja, seperti garis yang tidak rata dan tepian yang kasar, meniru ketidaksempurnaan karya seni yang digambar tangan dan cetakan potongan kayu tradisional.

  • Minimalis - Desain sederhana ini menghindari kekacauan, hanya menggunakan elemen penting untuk mengkomunikasikan pesan produk Anda kepada pelanggan.

  • Penggunaan Palet Warna Yang Lembut / Monokrom -  Skema warna monokrom sederhana, sering kali bernuansa netral, tetap membuat Anda berfokus pada rancangan desain dengan tampilan buatan tangan.

    Tren ini dirancang secara khusus untuk perusahaan atau bisnis seperti makanan bernuansa artisan, brand produk kecantikan, dan produk ramah lingkungan yang ingin menampilkan sisi manusiawi dalam setiap produknya. 
 
 
 
Desain Dengan Gradien Warna Matahari Terbenam / Sunset Gradients
 
Tren dengan penggunaan warna gradien bukanlah estetika desain kemasan yang baru muncul di tahun ini. Bahkan, gradien telah menjadi tren yang sedang naik daun selama beberapa waktu. Namun, pada tahun 2025 ini, ada warna gradien baru yang sedang naik daun—jenis gradien dengan warna saat matahari terbenam / sunset gradients. 
 
Tren desain untuk packaging produk dengan warna Gradien Matahari Terbenam menggunakan pendekatan horizontal warna yang menenangkan yang menyerupai tampilan matahari terbenam atau terbit. Tampilan yang hangat dan menarik ini membuat produk tampak lebih mudah didekati dan tentunya menarik perhatian.
 
 
Beberapa Fitur Utama dalam Tren Sunset Gradients
 
  • Gradien Horizontal - Transisi warna halus mengalir lembut pada seluruh bagian packaging.

  • Palet Warna Matahari Terbenam - Warna pastel lembut dan rona hangat yang membangkitkan suasana saat matahari terbit atau terbenam.

  • Kontras Yang Halus - Pergeseran warna lembut yang menciptakan efek visual yang menenangkan.

  • Minimalis - Membiarkan gradien untuk menjadi pusat perhatian tanpa mengalahkan elemen desain tambahan.

Tren Gradien Matahari Terbenam sangat ideal bagi brand yang ingin menghadirkan kesan tenang dan hangat pada packaging atau kemasan produknya. Bisnis atau perusahaan yang bergerak pada bidang kesehatan, brand produk perawatan kulit, dan produk kesehatan akan bersinar dengan tren ini, karena tren ini mencerminkan suasana damai yang ingin diciptakan dengan sempurna.
 
Brand dengan produk makanan dan fashion juga dapat memanfaatkan tampilan desain yang menenangkan ini — terutama jika ingin packaging terlihat menonjol dengan desain produk yang lebih berani.
 
 
Desain Dengan Guratan Pena Dengan Logo Maskot / Marker Pen Mascots
 
Tren Maskot dengan guratan spidol yang menyenangkan ini memberikan kesan keceriaan ke dalam desain packaging atau kemasan dari produk Anda.
 
Datang sebagai respons terhadap keseriusan dunia saat ini, brand  yang menggunakan tren sederhana ini ingin hadir dengan penggunaan desain yang sederhana, sesederhana coretan tangan dengan menggunakan spidol.
 
Dengan menjaga agar desain packaging tetap ceria dan tidak terlalu serius, brand Anda dapat menarik perhatian audiens yang mencari keceriaan dari produk yang Anda buat.
 
 
 
 
Beberapa Fitur Utama dalam Tren Marker Pen Mascots
 
  • Doodle Mascots - Maskot sederhana yang digambar dengan tangan ini mencerminkan desain dengan kepribadian, spontan, dan menyenangkan.

  • Skema Warna Sederhana - Maskot biasanya hanya dirancang dengan garis luar dengan satu warna.

  • Tone Yang Ceria - Maskot menambahkan kesan ramah, mudah didekati, dan humor pada packaging.
 
Tren ini sangat cocok untuk brand yang ingin bersenang-senang dengan desain kemasannya, terutama yang menarik bagi audiens dengan umur yang lebih muda.  Perusahaan atau bisnis makanan ringan, brand minuman, dan bahkan produk kesehatan dan kerajinan tangan dapat memperoleh manfaat dari pendekatan yang ceria ini.
 
 
Desain Dengan Warna Buah / Fruity Hues
 
Salah satu tren desain kemasan paling segar di tahun 2025 adalah Fruity Hues. Terinspirasi oleh warna mangkuk buah—hijau limau, kuning segar, merah muda semangka, dan biru bluberi — tren ini memadukan berbagai corak warna buah untuk menciptakan desain kemasan yang ceria.
 
Palet warna buah ini senantiasa cerah dengan corak yang lebih terang, bukan corak gelap yang terlihat jenuh. Entah jika Anda menerapkan warna ini pada pola rumit atau bentuk yang ceria, tren ini akan menghadirkan ledakan energi keceriaan pada packaging dari produk Anda.
 
 

 
 
Beberapa Fitur Utama dalam Tren Fruity Hues
 
  • Kombinasi Warna Yang Cerah - Campuran (empat hingga enam) warna buah seperti merah muda, kuning, oranye, dan biru.

  • Warna Terang & Cerah - Warna-warna ini memberikan kesan segar dan semarak pada packaging produk.

  • Nuansa Positif - Palet warna yang menyenangkan ini menambah energi pada packaging, membuatnya tampak muda dan mudah didekati.

Namun, tren Fruity Hues tidak hanya tentang tampilan yang menyenangkan — tren ini membuat packaging terlihat lebih menonjol di antara berbagai desain yang lebih kalem, menarik perhatian pelanggan dengan palet warna yang segar dan ceria. 
 
Hal ini adalah cara yang tepat untuk membuat produk Anda terasa energik dan menarik sekaligus meninggalkan kesan yang abadi. Ditambah lagi, berbagai macam warna menawarkan fleksibilitas, memungkinkan Anda untuk menyesuaikannya dengan berbagai gaya packaging.
 
Tren ini sangat cocok untuk brand makanan, minuman, kecantikan, dan kosmetik yang ingin memproyeksikan nuansa yang menyenangkan dan mencerahkan desain dari packaging.
 
Jika Anda ingin menarik pelanggan yang lebih muda atau hanya ingin kemasan Anda menonjol, tren Fruity Hues menawarkan palet warna yang beraroma untuk membuat produk Anda lebih menonjol.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa inspirasi dari tren di tahun 2025 dalam merancang desain packaging atau kemasan untuk produk bisnis Anda. Jika Anda membutuhkan jasa pencetakan packaging atau kemasan berkualitas dengan harga yang terjangkau untuk produk Anda,  ILITHO hadir untuk membantu.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya menyediakan layanan pencetakan custom packaging atau kemasan sebagai salah satu alat perlengkapan dari bisnis Anda.
 
Dengan proses pembuatan cepat dan beberapa opsi material pencetakan, kami dapat memastikan bahwa kebutuhan Anda seperti custom packaging atau kemasan dapat segera dirancang sesuai desain yang Anda inginkan serta berkualitas dan dengan harga yang terjangkau. 
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak dan rancang berbagai jenis kebutuhan dan perlengkapan yang Anda inginkan yang tentunya juga berkualitas dengan menghubungi hotline aktif via WhatsApp kami, disini.
 
 
 
 
Article Reference : Vista Print