Tips Mencetak Foto Kanvas Untuk Interior Rumah Anda
Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memesan cetakan kanvas, seperti kualitas gambar, tempat Anda akan menggantung cetakan, dan bentuk cetakan.
12 October 2020
Semua orang tentunya menyukai bentuk cetakan foto kanvas yang menarik. Ada nuansa tekstur yang memberi foto Anda kesan kedalaman dan dimensi yang tentunya Anda sukai.
 
Tapi seperti yang dapat Anda temukan, tidak semua foto kanvas dapat dibuat dengan sama. Sayangnya, banyak orang menemukan kesulitan ketika memilih kanvas yang tepat untuk dicetak dengan foto pilihan. Terlebih lagi, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan bahkan sebelum Anda memesan cetakan kanvas, seperti kualitas gambar, tempat Anda akan menggantung cetakan, dan bentuk cetakan.
 
Di bawah ini, kami memberikan beberapa tips dalam pencetakan kanvas yang dapat membantu Anda untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cetakan dengan kualitas yang tinggi untuk desain dari interior rumah atau kantor Anda.
 
Kualitas Gambar Haruslah Diperhatikan
 
Tentunya, saat mencetak foto atau gambar, Anda perlu memperhatikan sumber file dan resolusi dari gambar Anda. Jadi, perangkat yang Anda miliki dari tahun 2006 lalu mungkin tidaklah tepat untuk digunakan dalam mengambil foto yang ingin Anda cetakkan hasilnya ke dalam kanvas.
 
Faktanya, semakin besar luas dari media cetak yang Anda gunakan (kanvas), semakin tinggi tingkat resolusi yang Anda butuhkan. Tentunya tidak semua orang memiliki kamera profesional yang dapat mengambil foto beresolusi tinggi seperti 50mp. Tetapi, Anda tidak perlu membeli kamera tersebut untuk mengubah foto Anda agar beresolusi lebih tinggi.
 
Kebanyakan kamera seperti DSLR, mirrorless, atau compact camera menawarkan banyak resolusi yang beragam dalam memberikan hasil yang dapat dicetak ke dalam berbagai media yang tepat , seperti kanvas. 
 
Tips: Saat memilih tempat pencetakan, pastikan bahwa mereka menawarkan Anda beberapa varian ukuran pencetakan agar Anda dapat memastikan ukuran yang tepat untuk foto Anda.
 
Jangan Lupakan Hasil Foto Lama Anda
 
Ketika perangkat lama Anda mungkin tidak cocok untuk mencetak foto lama yang Anda inginkan, jangan lupa bahwa mungkin Anda memiliki foto yang sudah pernah Anda cetak dan bisa Anda tampilkan dalam pencetakan dengan media kanvas di ruang tamu Anda.
 
Entah berupa foto pernikahan orangtua Anda di tahun 1970 atau foto kelahiran anak pertama Anda di tahun 90-an, Anda dapat menciptakan foto beresolusi tinggi dengan memindai cetakan lama tersebut dan memindahkannya untuk dicetak dalam media yang lebih besar yaitu kanvas.
 
Tentu, memindai foto lama tersebut bukanlah hal yang sangat menyenangkan, tetapi dengan setiap memori dalam foto tersebut, Anda dapat bernostalgia ketika memindahkannya menjadi bentuk digital untuk dicetak ke dalam media yang lebih besar dan Anda pajang di ruang tamu atau ruang keluarga dari rumah Anda.
 
Tips: Jangan hanya memindai foto lama - proses foto tersebut dalam software seperti Adobe Lightroom atau Photoshop untuk menghilangkan noda dari cetakan, meningkatkan kontras warna, memotong bagian yang tidak diperlukan dan sebagainya untuk membuat hasil cetakan di kanvas Anda menjadi lebih baik.
 
Pikirkan Terlebih Dahulu Tempat Anda Memajang Foto Kanvas Tersebut
 
Mungkin hal ini terlihat sudah tidak perlu dipikirkan, tetapi, masih banyak orang yang datang ke tempat pencetakan untuk mencetak foto kanvas dengan jumlah besar, dan tidak memiliki ruang yang cukup untuk memasangnya.
 
Mengetahui dimana tempat yang tepat untuk memajang cetakan foto kanvas Anda dapat menentukan setiap karakteristik dalam kanvas itu sendiri seperti ukuran dan bentuk, skema warna, kedalaman bingkai kanvas, dan pada akhirnya mencetaknya.
 
Lokasi penempatan dari foto kanvas Anda juga menjadi salah satu faktor pilihan gambar yang ingin Anda cetak. Ketika foto anak perempuan Anda cocok untuk diletakkan di dalam kamarnya, mungkin foto tersebut kurang tepat untuk dipajang di bagian ruang makan.
 
Tips: Jika tempat penggantungan foto kanvas tersebut mendapatkan sinar cahaya alami dari luar, pastikan bahwa Anda memberitahu tempat pencetakan Anda untuk menggunakan tinta yang tahan sinar UV dan berkualitas tinggi sehingga tidak membuat gambar mudah hilang.
 
Pertimbangkan Ukuran Kanvas Anda
 
Selain mempertimbangkan letak penempatan dari foto kanvas Anda, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran dari kanvas tempat Anda mencetak foto. Ruang dari dinding tempat Anda memajang kanvas dapat menentukan seberapa besar ukuran cetakan yang Anda butuhkan.
 
Hal ini dapat menjadi bagian yang cukup sulit untuk ditentukan karena tentunya Anda tidak ingin hasil cetakannya menjadi terlalu besar dan membuat ruangan terlihat sangat penuh atau juga tidak ingin hasil cetakan foto kanvas tersebut terlalu kecil sehingga terlihat dipajang dalam dinding yang kosong karena banyaknya ruang di sekitarnya. 
 
Tips: Pertimbangkan titik tengah dari cetakan foto Anda kurang lebih sekitar 58-60 inci di atas furnitur Anda untuk memberikan ruang lebih dalam interior ruangan Anda. 
 
 
Nah, jika Anda sudah mempertimbangkan beberapa tips diatas untuk mencetak foto terbaik yang Anda miliki, kini saatnya Anda memilih percetakan yang berkualitas untuk membantu Anda menyajikan memori terbaik dalam sudut interior dari rumah maupun kantor Anda. 
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing terbaik di Jakarta yang dapat mencetak momen-momen berharga Anda dan mengabadikannya dalam bentuk kanvas foto. Melalui www.elitho.id, kami menyediakan proses pembuatan yang cepat, pencetakan dengan 4 warna, serta dilengkapi dengan atau tanpa finishing spanram. Kami memastikan bahwa cetakan kanvas foto yang anda inginkan sangat berkualitas dan tahan lama.
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak momen – momen berharga anda dalam kanvas foto hanya di ILITHO.