Beberapa Tips Dalam Merancang Stiker Bulat Untuk Keperluan Bisnis Anda
Stiker bulat ini tepat untuk Anda gunakan sebagai pelengkap dari kemasan produk, wadah, logo atau desain apapun.
10 May 2021
Ketika berbicara tentang material pemasaran, stiker senantiasa menjadi salah satu alat yang penting bagi setiap industri bisnis sama seperti kartu nama, brosur, dan juga selebaran. Dan juga, penggunaan stiker sangat serbaguna dan juga terjangkau dari segi harga. 
 
Stiker juga dapat digunakan sebagai pembagian hadiah, pelengkap kemasan yang unik, dan masih banyak lagi. Dengan sedemikian banyaknya pilihan, Anda mungkin masih belum menemukan ukuran dan bentuk yang mungkin memang bisnis Anda perlukan dan juga tentunya sesuai dengan branding Anda. 
 
Salah satu jenis stiker yang memang umum untuk digunakan saat ini adalah bentuk bulat. Stiker bulat ini tepat untuk Anda gunakan sebagai pelengkap dari kemasan produk, wadah, logo atau desain apapun. Tetapi, sebelum Anda mulai mempersiapkan pencetakannya, berikut ini beberapa proses yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memulai:
 
Tambahkan “Bleed” Dalam Desainnya
 
Bleed” merupakan istilah yang digunakan dalam industri percetakan dan desain. Merancang menggunakan “bleed” ini memberi arti bahwa Anda dapat menambahkan “tekanan” pada bagian pinggir dari desain Anda. Hal ini memastikan agar pencetakan akhir dari stiker bulat Anda ini memiliki cakupan yang total. Bayangkan dalam pencetakan majalah, misalnya. Halaman-halaman tersebut dicetak pada lembaran yang sangat besar dan lalu dipotong sesuai ukurannya.
 
Bayangkan bahwa label atau stiker bulat Anda sama seperti itu - Anda mencetaknya dalam ukuran halaman yang besar, lalu dapat memberikan tekanan dan mencetaknya ke dalam ukuran yang sebenarnya, yang lebih kecil dari ukuran asli. Bagaimana cara Anda menerapkannya pada desain stiker bulat Anda?

Jika Anda mengaplikasikan desain stiker bulat dengan warna pada latar belakangnya, berikan sedikit ruang di bagian pinggir agar dapat menjadi bagian yang terpotong nantinya. Dan jika Anda menggunakan gambar atau bentuk tertentu di bagian pinggir stiker, biarkan desain tersebut meluap di setiap sisi dari stiker. Jadi, ketika nantinya akan dipotong, desain yang Anda rancang tidak terpotong dan hilang.
 
Tambahkan Margin Sisi Sebagai Pengaman
 
Tidak seperti bentuk dan gambar pada latar belakang, Anda tidak dapat melakukan teknik “bleed” untuk segalanya - faktanya, Anda dapat melakukan hal sebaliknya. Seperti teks, contohnya. Anda tidak ingin informasi penting yang Anda berikan terpotong nantinya.
 
Prinsip yang sama juga berlaku untuk gambar yang tidak lengkap secara keseluruhan. Untuk alasan ini, Anda dapat memberikan ruang ⅛ atau 1/16 diantara desain dan bagian pinggir dari stiker bulat Anda.  
 
Terapkan Sistem Borderless
 
Jika stiker dengan bentuk bulat tidak ditempatkan dengan sempurna di bagian tengahnya, menempatkan garis di bagian dalam desain hanya akan menjadi petunjuk yang sia-sia. Jika menggunakan garis dalam stiker ini berperan penting untuk desain Anda, semakin tebal bingkai yang Anda tempatkan, semakin tidak terlihat pergeseran apa pun di dalamnya. Jika Anda memang bisa untuk tidak menggunakan bingkai ini, coba tambahkan latar belakang dengan tekstur pola sebagai ganti dalam menghadirkan efek serupa.
 
Hilangkan Penempatan Lingkaran Di Dalam Stiker
 
Tips ini sejalan dengan menghilangkan tips sebelumnya, yaitu menghilangkan bingkai dari stiker bulat Anda. Garis berbentuk lingkaran di dalam stiker menghasilkan efek yang sama tetapi sebaliknya, membuat perpindahan pencetakan dari tinta printer menjadi lebih terlihat. Alih-alih membuat stiker bulat Anda terlihat terlalu konsentris, Anda dapat memainkan ukuran dan posisi lingkaran yang ditempatkan di dalam stiker bulat Anda.
 
Lingkaran yang lebih kecil seperti bintik-bintik tidak menciptakan masalah yang sama jika Anda tempatkan.
 
 
 
Ketika sudah lebih memahami bagaimana Anda dapat merancang desain yang tepat untuk stiker bulat bagi keperluan bisnis, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah mencari percetakan yang tepat untuk merealisasikan desain stiker bulat untuk keperluan dari bisnis Anda.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan pencetakan custom sticker melalui www.elitho.id sebagai salah satu alat penunjang bisnis Anda. Dengan 5 variasi kertas, dicetak dengan 4 warna, serta dua variasi potongan, kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis anda seperti custom stiker dapat segera dicetak sesuai desain yang anda inginkan dengan proses cepat tanpa mengurangi kualitas dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak desain custom stiker dan segala urusan bisnis anda lainnya hanya di ILITHO.