Tips & Manfaat Dalam Penggunaan Custom Box Untuk Produk Makanan Cepat Saji
Custom kemasan box untuk produk dapat membuat tampilan makanan menjadi lebih menarik.
25 August 2023
Custom box untuk kemasan dari produk Anda dapat menjadi salah satu alat yang kuat dalam membantu bisnis untuk menjadi lebih menonjol dibandingkan dengan kompetitor lain serta meningkatkan citra positif di mata pengguna. Khususnya dalam industri makanan cepat saji, custom kemasan box untuk produk ini dapat membuat tampilan makanan menjadi lebih menarik. 
 
Banyak restoran dengan jenis bisnis makanan cepat saji yang sudah menggunakan custom box untuk menciptakan identitas brand yang unik dan meningkatkan pengalaman pengguna. Menurut survei yang dikumpulkan oleh National Restaurant Association, 78% konsumen mengatakan bahwa kemasan dari produk yang mereka beli senantiasa penting, khususnya saat memesan melalui layanan pengiriman makanan secara online atau take away dari restoran Anda.
 
Selain itu, pasar global untuk kemasan makanan saat ini diekspektasikan untuk bertumbuh dan berkembang pesat hingga 4.6% dari tahun 2020 hingga 2027 mendatang dengan meningkatnya permintaan akan kenyamanan dan solusi kemasan yang berkelanjutan (sustainable). Meningkatnya kebutuhan akan layanan pengiriman makanan juga mengambil andil dari peningkatan penggunaan kemasan untuk produk makanan cepat saji.
 
Dalam artikel berikut ini, kami mencoba memberikan beberapa informasi akan tips dan manfaat penggunaan custom box untuk kemasan makanan cepat saji yang mungkin menjadi salah satu jenis dari bisnis yang Anda jalankan.
 
Manfaat Penggunaan Custom Box Packaging
 
Box kemasan yang di custom dapat menawarkan beberapa manfaat untuk setiap jenis bisnis, berikut beberapa diantaranya : 
 
Lebih Menonjol Dari Kompetitor dengan Kemasan Unik
 
Custom packaging dapat membantu bisnis Anda untuk menjadi lebih menonjol dibandingkan kompetitor dalam pasar yang ramai. Ketika konsumen melihat kemasan yang menarik dan unik, mereka akan lebih cenderung mudah untuk mengingat brand yang membuatnya dan dapat memilih produk tersebut dibandingkan opsi lainnya. 
 
Meningkatkan Citra Positif dari Brand Anda
 
Custom packaging merupakan cara yang tepat untuk digunakan dalam meningkatkan citra brand dan membuat identitas brand yang lebih kuat. Kemasan produk yang sejalan dengan nilai dari brand dapat memberikan pesan yang meningkatkan loyalitas pelanggan dan kemungkinan pembelian berulang di kemudian hari.
 
Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Dengan Desain Kemasan Yang Berkualitas
 
Kemasan yang dirancang secara khusus atau custom dapat meningkatkan pengalaman pelanggan ketika berinteraksi dengan brand atau bisnis Anda.
 
Kemasan yang mudah dibuka dan digunakan, dibawa oleh kurir pengiriman, dan mudah untuk disimpan akan membuat perbedaan yang signifikan dari keseluruhan kepuasan pelanggan terhadap produk Anda.
 
Mengurangi Dampak Buruk Terhadap Lingkungan Dengan Penggunaan Kemasan Eco-Friendly
 
Custom packaging untuk produk Anda juga dapat dirancang dengan sistem berkelanjutan. Kemasan yang bersifat eco-friendly dapat menarik perhatian bagi pelanggan yang memiliki perhatian lebih terhadap lingkungan dan membantu bisnis Anda untuk mengurangi dampak buruk bagi lingkungan.
 
Beberapa Tips Dalam Merancang Kemasan Custom Untuk Produk Anda
 
Merancang custom packaging mungkin terlihat menantang, berikut beberapa tips yang dapat kami berikan untuk membantu bisnis Anda dalam merancang kemasan yang efektif dan berkualitas.
 
 
 
 
Memahami Identitas Brand Anda Terlebih Dahulu
 
Sebelum merancang desain kemasan untuk produk Anda, pahamilah terlebih dahulu identitas dari brand Anda. Apa yang membuat brand Anda unik dan apa pesan yang ingin Anda sampaikan. Dengan memahami hal tersebut, Anda dapat memproduksi kemasan yang sesuai dengan nilai dan pesan yang ingin brand Anda sampaikan.
 
Memilih Material Yang Tepat 
 
Memilih material yang tepat senantiasa penting untuk merancang desain kemasan yang efektif. Untuk box produk makanan seperti bakeri dan permen, material yang tahan akan kebocoran senantiasa ideal untuk digunakan. Sementara untuk produk seperti popcorn atau produk beku, material yang tahan akan kelembaban dan temperatur rendah ideal untuk digunakan.
 
Selain itu, produk dengan kemasan bersifat eco-friendly juga senantiasa dapat dipertimbangkan penggunaannya.
 
Masukkan Elemen Branding dari Bisnis Anda
 
Custom kemasan dari produk Anda harus memiliki elemen branding di dalamnya untuk terlihat lebih menonjol, berikut beberapa diantaranya : 
 
  • Logo - Logo yang brand Anda miliki harus dapat dikenali dengan mudah dan terletak pada posisi yang tepat.
  • Warna - Penggunaan warna brand yang konsisten pada kemasan produk senantiasa membantu meningkatkan kesadaran brand dan menciptakan citra brand yang lebih kohesif.
  • Typography - Penggunaan font dan typography yang konsisten dapat membantu meningkatkan kesadaran brand dan citra brand yang kohesif. 
  • Pesan Brand - Dengan memasukkan pesan yang tepat seperti slogan atau tagline brand, Anda dapat meningkatkan kesadaran merek dari pelanggan dan berkomunikasi tentang nilai dan misi yang ingin brand Anda capai.
  • Gambar -  Penggunaan gambar seperti ilustrasi atau foto dapat menciptakan desain yang lebih menarik secara visual dan mengkomunikasikan jenis makanan atau nuansa yang ingin diasosiasikan dengan brand Anda.

Pertimbangkan Fungsionalitas Ketika Merancang Desain Custom Kemasan
 
Kemasan Anda harus dirancang dengan mengutamakan fungsionalitas di depannya. Hal tersebut harus dapat dengan mudah digunakan, dipindahkan dan juga disimpan.
 
Misalnya, untuk penggunaan dalam industri bisnis makanan berbasis bakeri, kemasan yang digunakan harus memiliki tutup yang dapat disegel rapat agar makanan di dalamnya senantiasa fresh, dan juga untuk kemasan popcorn yang harus tersegel rapat untuk menjaga isinya agar tidak tumpah.
 
  • Masukkan Hal Yang Penting Saja - Custom kemasan harus memasukkan hal penting saja di dalamnya. Hal ini dapat berupa informasi nutrisi, bahan makanan, dan instruksi persiapan pembuatannya. 
  • Kontak Info - Anda harus menyediakan informasi kontak dalam kemasan produk seperti nomor telepon, alamat email, medial sosial yang dapat membuat konsumen secara mudah untuk menghubungi Anda jika ada pertanyaan atau keluhan.

  • Sifatnya yang Eco-friendly - Informasi tentang sifat eco-friendly dari kemasan produk Anda dapat dimasukkan dalam kemasan untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang komitmen bisnis Anda untuk keberlanjutan lingkungan dan mendorong mereka untuk mendaur ulang kemasan Anda setelah mengkonsumsi produk Anda. 



Berikut adalah beberapa informasi tentang tips dan manfaat penggunaan custom box bagi bisnis dengan produk yang cepat untuk disajikan. Jika bisnis Anda membutuhkan jasa pencetakan custom box packaging profesional dengan harga yang terjangkau,  ILITHO hadir untuk membantu Anda.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan pencetakan berbagai custom box packaging sebagai salah satu alat dan kebutuhan dari bisnis Anda.
 
Dengan proses pembuatan cepat dan beberapa opsi material pencetakan, kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis Anda seperti custom box packaging dapat segera dicetak sesuai desain yang Anda inginkan serta berkualitas dan dengan harga yang terjangkau. 
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak berbagai jenis kebutuhan dan perlengkapan bisnis dalam berbagai industri dengan desain yang Anda inginkan yang tentunya juga berkualitas dengan menghubungi hotline aktif via WhatsApp kami, disini.
 
 
 
 
Article Reference : PackagingX