Hal Yang Dapat Anda Pertimbangkan Sebelum Mencetak Stiker Untuk Bisnis Anda
Stiker dan label senantiasa menjadi pilihan populer bagi pebisnis yang memiliki produk tertentu dan ingin memberikan produk tersebut dengan kemasan yang juga menarik.
23 December 2020
Stiker dan label senantiasa menjadi pilihan populer bagi pebisnis yang memiliki produk tertentu dan ingin memberikan produk tersebut dengan kemasan yang juga menarik. Karena stiker dan label kemasan mudah didesain dan dibuat, ada beberapa hal yang mungkin dapat membuat Anda lengah saat mencetaknya. 
 
Maka dari itu, berikut ini kami berikan beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan terlebih dahulu ketika ingin mencetak stiker atau label kemasan yang tepat untuk mendukung bisnis Anda agar lebih mudah untuk dikenali oleh lebih banyak konsumen yang mendapatkannya bersamaan dengan produk Anda. 
 
Dipotong Per Bagian Atau Dicetak Dalam Gulungan (Cut-to-size or Roll) ?
 
Stiker yang Anda cetak dapat dibuat menjadi potongan per desain atau juga dapat dicetak dalam bentuk gulungan yang mungkin lebih menjadi pilihan ekonomis untuk berbagai penempatan khususnya jika cetakan yang banyak dan besar dibutuhkan untuk produk Anda. 
 
Namun, stiker atau label yang sudah dipotong menjadi masing-masing bagian lebih sulit untuk dilepaskan dari perekatnya, dan cenderung membosankan untuk dicetak saat dibutuhkan dalam jumlah besar, seperti pada lini produksi produk yang besar. Stiker dan label yang digulung mungkin jauh lebih nyaman untuk Anda gunakan dalam hal ini. Stiker gulungan juga lebih mudah dilepaskan dari perekat bagian belakangnya dengan tangan, yang membuatnya lebih baik untuk banyak pengaplikasian seperti pada kemasan akhir dari produk Anda dan juga pada bagian kemasan pengiriman oleh kurir pengiriman.
 
Penempatan Stiker Atau Label Produk Anda 
 
Anda tentunya tidak ingin menghabiskan berjam-jam untuk merancang desain dari stiker atau label produk Anda hanya untuk menemukan bahwa pencetakannya kurang cocok jika ditempatkan pada produk dan kemasan yang Anda miliki. Sebagai contoh, jika Anda menjual produk minuman kaleng yang berwarna dasar coklat, hijau atau bening pada kemasannya, Anda tentunya dapat mencocokan warna-warna tersebut dengan warna stiker yang nantinya akan Anda tempelkan.
 
Material & Hasil Akhir Cetakan
 
Material yang berbeda dari setiap stiker atau label kemasan akan cocok dengan pengaplikasian tertentu juga. Contohnya, material putih BOPP (Biaxially-Oriented Polypropylene) cocok untuk digunakan sebagai stiker promosional, tetapi mungkin bukan cetakan yang tepat untuk botol anggur - Anda mungkin lebih memilih kertas bertekstur untuk materialnya khususnya jika Anda ingin kesan klasik pada botol tersebut. Sama halnya dengan label atau stiker dengan material kertas yang kurang cocok untuk digunakan pada produk yang biasa dibawa pada aktivitas luar ruangan dan senantiasa terekspos dengan air, yang juga membuat stiker dengan material vinyl atau BOPP lebih cocok untuk digunakan. 
 
Stiker dengan material BOPP yang transparan juga dapat menjadi pilihan yang tepat untuk situasi dimana Anda ingin menggunakan desain yang transparan. Stiker dengan bahan tersebut juga merupakan pilihan yang tepat ketika Anda ingin memperlihatkan isi produk Anda seperti pada produk minuman kemasan.  
 
Selain itu, Anda juga dapat mencetak hasil akhir dari stiker atau label Anda dengan pilihan matte, glossy ataupun UV. Beberapa pelanggan lebih menyukai pencetakan dengan material matte karena tampilannya yang lebih berkelas dan tidak mudah tertinggal sidik jari. Dan beberapa pelanggan lain lebih menyukai material glossy untuk membuat teks dan gambar terlihat lebih cerah dan tajam, sehingga menghasilkan stiker yang lebih menarik.
 
Bentuk Stiker

Persegi atau persegi panjang? Oval atau lingkaran? Tidak ada jawaban benar atau salah. Seluruh hal tersebut tergantung pada kebutuhan Anda. Namun, bentuk lingkaran dan oval jauh lebih jarang untuk digunakan jika dibandingkan dengan stiker berbentuk persegi atau persegi panjang. 
 
Namun, jika Anda ingin menggunakan desain dengan bentuk persegi panjang atau persegi, Anda juga dapat memiliki sudut yang membulat untuk menghindari kerusakan yang kurang baik untuk dilihat seperti yang dapat terjadi dengan stiker yang memiliki ujung tajam.
 
 
Ketika sudah memiliki desain yang tepat untuk stiker custom bisnis anda, hal terakhir yang harus anda lakukan adalah mencari percetakan yang tepat untuk merealisasikan desain stiker custom perusahaan anda.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan pencetakan custom sticker melalui www.elitho.id sebagai salah satu alat penunjang bisnis anda. Dengan 5 variasi kertas, dicetak dengan 4 warna, serta dua variasi potongan, kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis anda seperti custom stiker dapat segera dicetak sesuai desain yang anda inginkan dengan proses cepat tanpa mengurangi kualitas dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak desain custom stiker dan segala urusan bisnis anda lainnya hanya di ILITHO.