Panduan Penggunaan Brosur Untuk Kebutuhan Bisnis Anda
Brosur merupakan materi pemasaran cetak untuk memberikan informasi tentang suatu bisnis, produk, atau layanan.
25 October 2024
Brosur lebih dari sekadar selembar kertas – brosur dapat menjadi material kisah yang dapat diraba, jendela lebih dalam pada brand Anda, dan dapat menjadi alat pemasaran efektif yang menghubungkan bisnis dengan calon pelanggan dan pelanggan setia dari brand Anda.
 
Brosur dapat menjadi salah satu alat pemasaran yang efektif – dan kami rasa Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan performa pemasaran dari bisnis Anda.
 
Pada intinya, definisi brosur cukup sederhana. Brosur merupakan materi pemasaran cetak yang dirancang untuk memberikan informasi tentang suatu bisnis, produk, atau layanan. 
 
Brosur dirancang dengan mempertimbangkan target audiens tertentu, yang biasanya menggabungkan teks dan gambar serta bertujuan untuk memberi informasi, atau membujuk pembacanya.
 
Namun, lebih dari sekadar fungsi tersebut  brosur adalah perpanjangan nyata dari brand Anda. Brosur dapat digunakan sebagai perwakilan dari jabatan tangan yang hangat untuk memperkenalkan diri kepada orang lain, memberitahu mereka tentang nilai-nilai bisnis Anda.
 
Alat pemasaran ini sering digunakan bersama strategi pemasaran digital, dengan narasi branding untuk bisnis Anda. Setiap halaman atau lipatan menyampaikan misi dari brand Anda dan mengundang keterlibatan dari calon pelanggan yang lebih erat.
 
Entah untuk memperkenalkan lini produk baru, berbagi informasi tentang bisnis Anda, atau memberikan petunjuk, brosur menjembatani kesenjangan antara Anda dan pelanggan.
 
 
Apa Saja Manfaat & Tujuan Penggunaan Brosur Untuk Bisnis Anda?
 
Brosur dapat menjadi salah satu alah bercerita  universal. Penggunaannya dalam berbagai industri dan budaya menunjukkan banyak hal tentang keserbagunaannya sebagai alat pemasaran, serta daya tariknya yang efektif. Mari kita kenali lebih dalam tentang tujuan penggunaannya:
 
Kesadaran Merek - Brosur tidak hanya memperkenalkan brand Anda – brosur juga memainkan peran penting dalam membentuk kesadaran dan persepsi terhadap produk, layanan, atau bisnis Anda. Brosur dapat menarik minat dan memastikan agar target audiens Anda mengetahui pesan yang ingin Anda sampaikan.
 
Penjualan - Brosur dapat bertindak sebagai tenaga sales Anda. Brosur menawarkan informasi terperinci tentang produk atau layanan Anda, termasuk fitur, manfaat, dan harga yang dapat dibaca dan dikenali langsung oleh calon pelanggan potensial. 
 
Hal ini membantu calon pelanggan membuat keputusan pembelian yang tepat, sehingga meningkatkan kepercayaan terhadap brand Anda. Dan tentu saja, peningkatan kepercayaan dapat meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan.
 
Panduan - Brosur juga merupakan alat instruksional yang efektif. Entah sebagai panduan tentang cara menggunakan suatu produk, peta untuk lokasi bisnis Anda, atau panduan langkah demi langkah, brosur yang dirancang dengan baik memastikan pelanggan Anda memiliki informasi penting yang mereka butuhkan, tepat di ujung jari mereka.
 
Naratif - Brand, khususnya yang memiliki nilai atau sejarah panjang atau proposisi nilai yang unik, dapat menggunakan brosur sebagai sarana untuk berbagi cerita kepada calon pelanggan.
 
Namun, hal ini bukan hanya tentang merinci tentang bisnis Anda - Hal ini tentang mengkomunikasikan nilai-nilai inti, visi, dan misi – membantu menumbuhkan pemahaman dan hubungan yang lebih dalam dengan audiens Anda.
 
Jadi pada dasarnya, meskipun brosur hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, tujuan utamanya tetap sama. Untuk memberi informasi, melibatkan, dan terhubung dengan audiens Anda.
 
 
Beberapa Jenis dari Brosur Yang Umumnya Ditemukan & Digunakan Untuk Bisnis
 
Ketika berbicara tentang brosur, sebagian besar dari Anda biasanya langsung membayangkan brosur yang panjang, tipis, dan dapat dilipat yang biasa Anda dapatkan dalam tempat wisata seperti museum, dibagikan ketika Anda melewati event tertentu, atau sebagian lainnya mungkin mendapatkannya dalam bentuk buklet sederhana.
 
Sebenarnya ada beberapa jenis brosur, masing-masing dengan kegunaan dan kelebihannya sendiri. Mari kita bahas beberapa jenis yang paling umum ditemukan dan digunakan untuk keperluan bisnis dan lainnya.
 
 
Bi-Fold / Lipatan Ganda
 
Dengan hanya satu lipatan yang menciptakan dua bagian di setiap sisi, brosur lipat dengan jenis bifold merupakan pilihan yang paling sederhana. 
 
Mirip seperti membuka buku atau majalah, lipatan ganda sangat bagus untuk menyorot perbedaan yang jelas antara dua segmen atau topik yang Anda berikan.
 
 
 
 
Brosur dengan jenis bi-fold atau lipatan ganda sering digunakan untuk menu restoran, katalog produk, atau situasi apa pun yang membutuhkan ruang yang luas untuk gambar dan teks yang ingin disampaikan.
 
 
Tri-Fold / Lipatan Tiga
 
Brosur dengan jenis tri-fold memiliki tiga panel di setiap sisinya, sehingga memberikan nuansa brand dengan cerita yang sedang berlangsung atau narasi dalam tiga bagian. Jenis brosur ini menawarkan cara terstruktur untuk menyajikan informasi secara berurutan.
 
 
 
 
Karena itu, tri-fold merupakan pilihan yang paling sering digunakan untuk materi promosional seperti selebaran acara atau panduan informasi wisata.
 
 
Z-Fold / Lipatan Akordion
 
Seperti bentuk akordeon, setiap panel dari jenis brosur lipat ini dilipat ke arah yang berlawanan dari sebelumnya. 
 
Jenis ini adalah pilihan yang tepat ketika Anda ingin memandu pembaca melalui serangkaian bagian yang saling berhubungan namun tetap berbeda.
 
 
 
 
Jenis brosur ini sering digunakan untuk panduan instruksional atau timeline dari sebuah acara, atau histori bisnis dengan informasi rinci di dalamnya.
 
 
Tips Dalam Mencetak Brosur Untuk Kebutuhan Bisnis Anda
 
Setelah mengenal informasi singkat tentang manfaat brosur dan jenisnya, ini saatnya untuk mencetak brosur Anda untuk kebutuhan bisnis.
 
Langkah ini sama pentingnya dengan desain itu sendiri. Bagaimanapun, brosur yang dirancang dengan efektif dapat kehilangan sebagian daya tariknya jika dicetak dengan kualitas yang buruk. Berikut beberapa tips untuk memastikan Anda mencetak brosur yang efektif dan bermanfaat untuk bisnis Anda.
 
Kualitas Menjadi Nomor Satu - Kertas yang Anda pilih adalah latar belakang dari cerita Anda. Pilih kertas berkualitas yang melengkapi desain Anda. Anda dapat memilih material kertas yang lebih tebal  untuk kesan mewah, atau kertas yang lebih ringan untuk memudahkan distribusi.
 
Perhitungan Jumlah Cetakan yang Tepat - Pikirkan tentang strategi distribusi dari brosur untuk bisnis Anda. Apakah Anda membagikannya kepada siapa pun yang Anda lihat pada acara atau event yang Anda ikuti? Atau apakah brosur ini dibagikan untuk beberapa jenis calon pelanggan terpilih? 
 
Cetak sesuai kebutuhan Anda, tetapi selalu pastikan Anda memiliki cadangan stok brosur, sebagai arsip jika dibutuhkan kembali.
 
Berikan Sentuhan Ekstra di Dalam Brosur - Apakah Anda ingin menambahkan sedikit sentuhan akhir? Cobalah menggunakan hasil akhir yang berbeda seperti matte untuk kesan ramping dan modern.
 
Atau mungkin kertas linen yang menambahkan dimensi sentuhan yang lebih cantik. 
 
Tentukan Kebutuhan Profesionalitas dari Pencetakan Brosur - Pencetakan yang sederhana tentu saja merupakan pilihan, tetapi jika budget Anda memungkinkan, percetakan profesional seperti ILITHO memiliki keahlian dan alat yang tepat untuk memastikan brosur Anda dicetak dengan kualitas tinggi.
 
Kami dapat memberi saran tentang elemen penting sepert warna, margin, dan aspek teknis lainnya. Jadi, cetakan akhir dari brosur untuk bisnis Anda benar-benar dapat mencapai target audiens yang Anda inginkan.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan tips untuk Anda tentang penggunaan brosur untuk kebutuhan bisnis yang Anda jalankan. Jika Anda membutuhkan jasa pencetakan custom brosur untuk produk branding dari bisnis Anda dan dengan harga yang terjangkau,  ILITHO hadir untuk membantu Anda.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya menyediakan layanan pencetakan berbagai custom brosur sebagai salah satu alat perlengkapan dari kebutuhan untuk produk dari bisnis Anda. 
 
Dengan proses pembuatan cepat dan beberapa opsi material pencetakan, kami dapat memastikan bahwa kebutuhan Anda seperti custom brosur dapat segera dicetak sesuai desain yang Anda inginkan serta berkualitas dan dengan harga yang terjangkau. 
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak berbagai jenis kebutuhan dan perlengkapan yang Anda inginkan dan tentunya juga berkualitas dengan menghubungi hotline aktif via WhatsApp kami, disini.
 
 
 
Article Reference : VistaPrint