Tips Merancang Desain Flyer Yang Tepat Untuk Kebutuhan Bisnis Anda
Flyer yang kuat dari sisi desain tentunya menarik secara visual, mudah diingat, dan juga menarik perhatian orang yang mendapatkannya.
11 February 2021
Pencetakan flyer atau biasa dikenal dengan nama selebaran, merupakan salah satu hal tepat yang dapat Anda gunakan untuk bisnis Anda. Senantiasa ingat bahwa upaya promosional yang paling tepat adalah dengan menjadi sederhana, mudah dalam penggunaan, dapat dipercaya, serta mudah dijangkau. Flyer senantiasa seperti bekerja seperti itu. Flyer yang kuat dari sisi desain tentunya menarik secara visual, mudah diingat, dan juga menarik perhatian orang yang mendapatkannya. Kecantikan dari kesederhanaan yang dibawa oleh flyer inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan produk atau bisnis yang Anda jalankan.
 
Hal ini membantu untuk menciptakan hubungan yang yang erat dengan memadukan desain yang indah, dan cerita tentang brand yang menarik serta melibatkan dan menginspirasi setiap calon pelanggan yang melihat untuk membeli produk atau mengenal layanan Anda lebih dalam.
 
Mengutamakan Fungsionalitas
 
Meskipun flyer Anda harus dapat terlihat menarik perhatian, memuaskan mata dari segi visual dan mudah diingat, Anda harus memikirkannya setelah satu hal ini. Hal pertama dan yang paling penting untuk Anda perhatikan adalah bahwa flyer yang Anda rancang haruslah berfungsi dengan baik dalam menyampaikan pesan Anda. Anda perlu memastikan bahwa pemasaran Anda dengan menggunakan flyer ini senantiasa ringkas, mudah dibaca, dan jelas. Pastikan bahwa flyer Anda terlihat profesional dan memiliki beberapa persyaratan umum seperti resolusi cetakan yang berkualitas. Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda dan brand Anda senantiasa serius dalam berbisnis.
 
Pastikan bahwa informasi dalam flyer Anda mudah untuk dibaca dan direpresentasikan dengan baik tanpa adanya gangguan atau kesan berantakan di dalamnya. Meskipun flyer Anda dirancang secara unik atau kreatif, Anda harus tetap memperhatikan beberapa kriteria dasar dalam pembuatannya. Ingatlah bahwa pemasaran yang efektif berbicara tentang komunikasi yang juga efektif. 
 
Membaca sebuah flyer tidaklah membutuhkan waktu lama. Maka dari itu, pastikan bahwa Anda senantiasa merancangnya secara ringkas dan to-the-point. Buatlah informasi penting (mis. kontak) mudah diakses. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan warna yang tebal, atau membesarkan ukuran dari font yang Anda gunakan.
 
Cobalah untuk mengadopsi nada percakapan yang tepat dan dapat menarik minat dari calon pelanggan untuk senantiasa membaca flyer Anda. Jika Anda menjual produk tertentu secara spesifik, berikan gambarannya di dalam flyer Anda. Mungkin memang terlihat sederhana, tetapi setiap orang lebih tertarik untuk membeli barang dari apa yang dia lihat sebelumnya. Berikan pembaca flyer Anda visual yang menarik dan kehadirannya akan memberikan Anda penjualan yang lebih efektif.
 
Ketahui Lebih Dalam Tentang Target Audiens Anda
 
Sama seperti teknik pemasaran efektif lainnya, Anda perlu memahami tentang apa yang ingin Anda raih dan bagaimana cara Anda untuk mendapatkan perhatian dari calon konsumen. Apa saja yang mereka sukai dan tidak sukai, ketertarikan dan selera, bagaimana cara mereka berbicara, apa saja yang memiliki relasi dengan mereka dan apa hal yang menarik perhatian mereka menjadi beberapa contoh yang dapat Anda perdalam.
 
Lakukan terlebih dahulu riset Anda, dan setelah itu konstruksikan flyer yang ideal dengan mempertimbangkan target pembaca atau audiens Anda. Ketika Anda menemukan nada yang tepat untuk desain dari flyer, sesuaikan hal tersebut dengan ketertarikan dari target audiens Anda. Jika Anda mencoba untuk memasarkannya pada pasar baru, flyer Anda haruslah menarik perhatian mata dan tidak terlalu mendorong. 
 
Selalu gunakan kata ganti langsung seperti "Anda" dan "milik Anda" daripada kata-kata umum seperti "kami" atau "milik kami" - Hal ini akan membuat flyer Anda berbicara langsung kepada pembaca, dan menarik perhatian serta memberitahu calon pelanggan bahwa mereka datang pada tempat yang tepat. 
 
Gunakan Warna Untuk Meningkatkan Mood Pembaca
 
Warna memainkan peranan penting dalam membuat flyer Anda agar terlihat lebih kuat dan menarik. Warna dapat dikatakan lebih dari pilihan font atau gambar. Hal ini dikarenakan kehadirannya yang menjadi fitur paling signifikan dalam menciptakan mood dan kepribadian dari desain flyer Anda. Faktanya, psikologi warna sangat penting dalam mendorong seseorang untuk mengambil atau memegang flyer Anda, sehingga pilihan warna Anda dapat meningkatkan atau menghancurkan desain yang sudah Anda rancang dengan baik.
 
Pakar warna Pantone telah merilis tren warna mereka untuk tahun 2018, yang merupakan panduan yang tepat untuk Anda gunakan saat membuat palet warna dari desain flyer. Menurut pimpinan eksekutif dari Pantone, Leatrice Eiseman, jika Anda ingin terlihat lebih profesional, Anda dapat  menggunakan warna yang hangat seperti biru dan oranye - keduanya merupakan kombinasi warna yang “menggabungkan nada hangat dan sejuk yang tidak dapat Anda hindari”. Jika Anda ingin untuk menjangkau lebih banyak audiens, pilihlah warna cerah karena palet warna ini “meraih dan merangkul banyak orang dari budaya yang berbeda,” menurut Pantone.
 
Memilih kombinasi warna yang dinilai buruk dapat menjauhkan konsumen, tetapi palet yang tepat dapat membantu flyer Anda untuk mendatangkan penjualan. Jika Anda mencari kombinasi warna klasik yang telah dicoba dan diuji, gunakan warna pastel karena warna-warna tersebut merupakan penerapan alami dari gaya hidup dan proses berpikir manusia. Pilihlah warna Anda dengan hati-hati, dan Anda akan mengontrol suasana hati dari calon pelanggan.
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk Anda dalam merancang desain dari flyer untuk kebutuhan bisnis Anda. 
 
Ketika anda sudah memiliki desain yang tepat untuk flyer bisnis anda, hal terakhir yang harus anda lakukan adalah mencari percetakan yang tepat untuk merealisasikan desain flyer dari bisnis Anda.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan pencetakan flyer melalui www.elitho.id sebagai salah satu alat penunjang bisnis anda. Dengan dua varian ukuran yaitu A5 dan DL Size, dapat dicetak di satu ataupun dua sisi, serta dua varian kertas yaitu Art Paper dan Matt Paper, kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis anda seperti flyer dapat segera dicetak sesuai desain yang anda inginkan dengan proses cepat tanpa mengurangi kualitas dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak desain flyer dan segala urusan bisnis anda lainnya hanya di ILITHO.