Kunci Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merancang Desain Kartu Nama Profesional
Sebuah kartu nama bisnis yang dipikirkan dengan matang dapat lebih dari sekedar membawa informasi kontak Anda.
23 March 2021
Kartu nama bisnis merepresentasikan setiap langkah ke depan dari mimpi bisnis Anda untuk menjadi kenyataan. Dan untuk banyak konsumen potensial, hal tersebut dapat menjadi interaksi pertama mereka dengan brand Anda, jadi pastikan kehadirannya membawa dampak positif untuk Anda.
 
Sebuah kartu nama bisnis yang dipikirkan dengan matang dapat lebih dari sekedar membawa informasi kontak Anda. Hal tersebut dapat membuat Anda terlihat lebih profesional, membangun kepercayaan konsumen, dan membuat bisnis Anda dapat lebih menonjol dari kompetitor lainnya.
 
Tetapi, sebelum Anda mulai memberikannya kepada setiap orang dan calon potensial konsumen Anda, sudahkah Anda memikirkan tentang apa yang membuat kartu nama bisnis Anda berkualitas? Bagaimana cara Anda membuatnya agar menarik perhatian dan membawa keuntungan untuk bisnis Anda?
 
Jawabannya adalah dengan menggunakan kombinasi tepat dari informasi yang Anda masukkan, dan bagaimana cara Anda mempresentasikannya. Berikut ini kami berikan beberapa kunci penting dalam merancang desain kartu nama bisnis yang dapat mempresentasikan bisnis Anda secara tepat.
 
Temukan Template Yang Merefleksikan Kepribadian Dari Brand Anda
 
Kartu nama bisnis Anda berbicara banyak tentang Anda dan bisnis yang Anda jalankan. Maka dari itu, pilihlah desain yang sesuai dengan kepribadian dari bisnis Anda. Mungkin jika Anda merupakan ahli dalam bidang dekorasi interior yang memiliki spesialisasi dalam membuat gaya ruangan yang minimalis atau klasik Anda dapat merepresentasikan kartu nama Anda secara rapi dan juga sederhana. Atau jika Anda merupakan orang yang outgoing dan senang bersosialisasi - Anda dapat merefleksikan hal tersebut dengan kartu nama bisnis dengan desain yang fun dan tidak terlalu formal.
 
Temukan Font Yang Sesuai Dengan Bisnis Anda
 
Jika memang ada font yang Anda gunakan dalam website atau material promosi lain dari bisnis Anda, masukkan hal tersebut dalam kartu nama bisnis Anda. Font yang Anda pilih harus dapat merepresentasikan brand Anda. Misalnya, jika Anda merupakan seorang penulis, Anda dapat menggunakan jenis font yang berbentuk seperti hasil ketikan atau typewriter. Jangan lupa untuk memperhatikan agar font Anda senantiasa dapat terbaca dengan minimal ukuran 8 pts. Tetapi, untuk informasi yang lebih penting seperti nama dan bisnis Anda dapat dicetak dengan ukuran, font, atau penebalan yang lebih.
 
Anda dapat membuat kartu nama bisnis atau perusahaan Anda berukuran lebih besar dari 12 pt dan tidak menggunakan ukuran yang lebih kecil dari 8pt untuk detail lainnya.
 
Tentukan Ukuran Dan Bentuk Yang Tepat 
 
Ukuran dan orientasi dari kartu nama bisnis Anda dapat mempengaruhi ukuran teks dan jumlah informasi yang ingin Anda masukkan ke dalamnya serta membuat pernyataan tersendiri tentang brand Anda. 
 
Kebanyakan kartu nama bisnis dicetak dengan bentuk persegi panjang, dalam ukuran sejenis dengan kartu kredit dan memiliki orientasi horizontal. Setiap orang senantiasa familiar dengan format ini, sehingga dapat menjadi salah satu pilihan aman untuk Anda. Tetapi, jika Anda ingin menjadi beda dan lebih menonjol, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan bentuk kotak, ujung yang membulat (rounded corners) atau dengan orientasi vertikal.
 
Atur Secara Tepat Tentang Informasi Yang Ingin Anda Tampilkan
 
Berbicara tentang informasi, kartu nama bisnis Anda harus dapat memberikan calon pelanggan tentang apa yang mereka butuhkan saat ingin mengontak Anda, mencari Anda secara online, atau menemukan dimana kantor Anda berada. Selain berisikan nama dan jenis pekerjaan yang Anda lakukan, kartu nama Anda dapat mencantumkan nama bisnis, nomor kontak, website, alamat email, atau media sosial yang Anda miliki. Pastikan bahwa kartu nama bisnis Anda memiliki seluruh informasi tersebut sehingga calon pelanggan potensial atau klien Anda dapat dengan mudah menghubungi Anda dengan cara yang nyaman.
 
Ketika Anda menambahkan informasi untuk template dari kartu nama bisnis Anda, pertimbangkan orientasi penempatannya. Setiap bagian dari informasi yang Anda masukkan haruslah mudah dibedakan tetapi juga tetap berjalan bersamaan dengan komponen lain di dalamnya. 
 
Alur visual yang baik dari sebuah desain kartu nama bisnis dapat dimulai dari logo, nama bisnis atau nama Anda, lalu berpindah pada informasi sekunder seperti alamat email, dan kontak Anda. Anda juga dapat mengubah alur visual dari kartu nama bisnis tersebut dengan menyesuaikan ukuran tiap elemen, mengubah lokasi penempatan, atau menambahkan ruang negatif pada kartu nama Anda.
 
 
 
Berikut adalah beberapa tips dan kunci yang dapat Anda perhatikan dalam merancang desain dari kartu nama bisnis Anda. Dan jika Anda sudah memiliki desain yang tepat, hal terakhir yang harus anda lakukan adalah mencari percetakan yang tepat untuk merealisasikan desain tersebut.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan pencetakan berbagai macam kartu nama bisnis melalui www.elitho.id sebagai salah satu alat penunjang bisnis anda. 
 
Dicetak dengan 4 warna (CMYK) serta varian kertas yang berkualitas, satu atau dua muka (Square/Rounded Corner), dan dilengkapi dengan laminasi Glossy/Matt, kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis Anda seperti kartu nama bisnis dapat segera dicetak sesuai desain yang anda inginkan dengan proses cepat (Same Day Delivery) dan tentunya dengan harga yang terjangkau (mulai dari Rp. 25.000/box).
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak desain kartu nama dan segala urusan bisnis anda lainnya hanya di ILITHO.