Tips Dalam Merancang Desain Kartu Identitas (ID Card) Yang Tepat Untuk Anda
Merancang desain dari kartu identitas atau biasa kita sebut dengan ID Card membutuhkan perencanaan yang matang agar dapat digunakan secara efektif.
08 December 2020
Entah seberapa banyak karyawan dalam perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan, merancang desain dari kartu identitas atau biasa kita sebut dengan ID Card membutuhkan perencanaan yang matang agar dapat digunakan secara efektif. Anda tentunya ingin kartu tersebut merepresentasikan kepribadian profesional Anda dan karyawan.
 
Mungkin Anda juga ingin menggunakan desain yang unik dengan fitur yang menarik sehingga sulit untuk diduplikasi. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan jasa dari graphic designer atau bagian pemasaran yang Anda miliki untuk menghasilkan kartu identitas yang merepresentasikan brand dan tingkat profesionalitas yang Anda pegang di mata klien Anda.
 
Untuk membantu Anda mendapatkan desain yang sesuai dengan keinginan Anda, tingkat profesionalitas, dan juga tetap menarik untuk digunakan, berikut ini beberapa tips yang dapat kami berikan untuk membantu Anda dalam proses perancangan kartu identitas tersebut:
 
Tentukan Informasi Apa Saja Yang Anda Masukkan
 
Pertama, Anda dapat membuat daftar tentang apa saja yang perlu Anda masukkan ke dalam kartu identitas tersebut. Desain Anda dapat bermain di sekitar area tersebut. Contohnya, Anda dapat memasukkan informasi yang paling penting seperti nama, divisi / jabatan, dan nama perusahaan Anda di bagian depan karena bagian tersebut merupakan bagian terpenting dari kartu pengenal Anda. Sedangkan di bagian belakang, Anda dapat memasukkan motto karyawan atau logo dari perusahaan atau brand Anda sebagai tanda bahwa kartu tersebut dimiliki oleh Anda.
 
Perhatikan Penggunaan Foto Dalam Kartu Identitas Tersebut
 
Foto dalam kartu pengenal Anda lebih mudah dikenali dan diverifikasi jika menggunakan kualitas dan resolusi gambar yang berkualitas tinggi. Pertimbangkan warna dan latar belakang dari foto yang ingin Anda masukkan. Warna latar belakang putih akan lebih membantu untuk membuat foto dalam kartu pengenal Anda terlihat lebih jelas dan rapi. Cocok untuk digunakan bagi Anda para kepala divisi atau tim. Sementara itu, penggunaan warna cerah dalam latar belakang foto dapat Anda gunakan untuk membuat kartu tanda pengenal dari tim yang berada di bawah Anda untuk mengklasifikasikan secara visual setiap departemen atau tim yang berada dalam perusahaan atau bisnis Anda.
 
Tentukan Elemen Desain Apa Saja Yang Perlu Anda Masukkan
 
Kartu identitas Anda merupakan cerminan dari identitas organisasi atau perusahaan yang Anda jalankan. Maka dari itu, pastikan bahwa desain yang Anda gunakan senantiasa mengandung font dan warna utama dari brand atau perusahaan Anda. Pilihlah font dan warna yang mudah untuk dikenali dan dibaca. Latar belakang warna yang kuat dapat membantu informasi di dalam kartu Anda untuk lebih keluar secara efektif dan lebih mudah untuk di otentikasikan.
 
Tentukan Orientasi Yang Tepat
 
Bergantung pada penempatannya, logo, foto karyawan, barcode, dan elemen kartu lainnya lebih sesuai untuk dimasukkan dalam format horizontal maupun vertikal. Logo atau kolom teks yang panjang lebih terlihat baik jika digunakan dalam format horizontal karena Anda tidak perlu mengecilkan ukuran font atau foto untuk mengisi ruang dari kartu.
 
Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan wadah kartu, Anda perlu mempertimbangkan lokasi penempatan, bentuk, dan ukuran slot kartu pada lanyard ataupun material apapun yang Anda gunakan untuk menggantungkannya di leher Anda. Pastikan bahwa penggunaannya tidak mengganggu tata letak dari desain kartu Anda.
 
Umumnya, setiap kartu identitas akan digantungkan oleh orang yang bersangkutan di leher mereka sebagai tanda pengenal dengan menggunakan tali lanyard. Lanyard merupakan salah satu material termudah yang dapat Anda gunakan untuk menampilkan kartu identitas  kepada setiap orang dan memiliki tingkat visibilitas yang tinggi. 
 
 
Lanyard biasanya tersedia dalam berbagai warna, ukuran, dan tipe attachment, serta dapat dicetak dengan logo perusahaan Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam mencetak ID Card beserta lanyard untuk karyawan Anda, ILITHO dapat menjadi solusi Anda.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan pencetakan ID Card melalui www.elitho.id sebagai salah satu alat penunjang bisnis anda. Dengan 4 warna CMYK, serta dapat dicetak dengan satu sisi maupun dua sisi.
 
Jika Anda membutuhkan lanyard sebagai pelengkap dari ID Card tersebut, kami juga menawarkan hal tersebut melalui www.elitho.id. Dengan tiga varian ukuran yaitu 15, 20, 25 mm, 2 sisi pencetakan, 4 warna CMYK, dua opsi pengait dan dimulai dari 18.000/pcs, kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis anda seperti ID Card & lanyard dapat segera dicetak sesuai desain kreatif yang anda inginkan serta berkualitas dan dengan harga yang terjangkau.
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak desain ID Card & lanyard serta segala urusan bisnis anda lainnya hanya di ILITHO.