Panduan & Tips Dalam Merancang Desain Kemasan Kosmetik Untuk Bisnis Anda
Produk kosmetik merupakan salah satu produk yang senantiasa ada pada meja rias di seluruh dunia.
26 February 2024
Hanya ada sedikit industri di luar sana yang memiliki potensi untuk mengembangkan pelanggan setia seperti industri kecantikan dan kosmetik. Produk kosmetik atau kecantikan merupakan salah satu produk pokok yang senantiasa ada pada lemari kamar mandi atau meja rias para wanita di seluruh dunia.
 
Entah jika Anda adalah seseorang menginginkan tampilan “Aku bangun seperti ini” atau nuansa avant garde “riasan adalah seni yang Anda kenakan pada wajah Anda”, hampir setiap wanita (dan juga banyak pria) yang menggunakan produk kecantikan setiap hari.
 
Artinya, jika Anda memiliki bisnis yang berjalan pada industri kecantikan atau kosmetik, ada potensi bisnis yang serius dan besar untuk dimanfaatkan. Namun hal ini juga berarti membuat Anda perlu untuk menemukan cara dalam memberi tahu calon dan pelanggan ideal Anda bahwa produk Anda senantiasa berkualitas dan bermanfaat untuk mereka gunakan. 
 
Dan salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memberikan produk beserta kemasan yang menarik dan berkualitas dari bisnis Anda.
 
Kemasan dari produk kosmetik atau skincare Anda merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh pelanggan Anda. Jika kemasan Anda menarik perhatian mereka dan sesuai dengan apa yang mereka cari, kemungkinan besar mereka akan membawa pulang produk Anda dan mencobanya. Jika tidak? Kemungkinan besar produk Anda hanya akan ditumpuk dengan debu pada rak penyimpanannya.
 
Namun bagaimana tepatnya Anda merancang jenis kemasan yang membuat pelanggan Anda tertarik dan mencari-cari produk Anda? 
 
Dalam artikel berikut ini, kami mencoba memberikan beberapa panduan dalam merancang kemasan atau packaging yang berkualitas untuk meyakinkan pelanggan Anda untuk membawa produk tersebut pulang bersama mereka.
 
 
Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Merancang Desain Kemasan Untuk Produk Anda
 
Sebelum Anda mulai merancang desain dari packaging produk kecantikan Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu, yaitu:
 
 
Menentukan Siapa Pelanggan Potensial dari Produk Anda
 
Penting untuk mengetahui untuk siapa Anda merancang desain sebuah kemasan atau packaging. Siapa pelanggan ideal dari bisnis Anda? Apakah mereka anak remaja perempuan yang ingin menggunakan produk untuk meningkatkan rasa percaya diri? Apakah mereka memiliki warna kulit tertentu yang menginginkan riasan yang sekiranya cocok dengan warna kulitnya?
 
Apakah mereka adalah pria yang maskulin tetapi juga menginginkan kulit selembut bayi untuk wajah mereka? Dan begitu Anda sudah mengenal siapa mereka, apa yang mereka cari dari sebuah brand kosmetik? Apa yang akan menarik perhatian mereka untuk membeli produk Anda? Hal ini perlu Anda pikirkan secara matang terlebih dahulu.
 
 
Tentukan Kepribadian dari Brand & Bisnis Anda Terlebih Dahulu
 
Hal yang sama pentingnya dengan identitas dari calon pelanggan Anda adalah identitas dari brand dan bisnis Anda. Apa brand Anda? Apakah Anda menyukai gaya yang sederhana dan klasik (seperti Bobbi Brown)? Mewah (seperti Dior)? Dapat diakses dengan mudah (seperti Wet n Wild)? Siapa diri Anda sebagai sebuah brand — dan kepribadian yang ingin Anda tampilkan kepada pelanggan —akan menentukan elemen desain apa yang Anda gunakan dalam packaging untuk produk kosmetik dan kecantikan Anda.
 
 
Tentukan Bagaimana Pelanggan Ideal Dapat Membeli Produk Anda
 
Anda juga ingin mempertimbangkan bagaimana Anda akan menjual produk dari bisnis Anda. Apakah Anda menjual secara online atau secara langsung pada toko fisik? Pada butik atau pada retailer besar atau toko berbasis e-commerce seperti Shopee atau Tokopedia?
 
Strategi desain Anda mungkin berubah tergantung di mana Anda menjual produk dari bisnis Anda.
 
 
Beberapa Inspirasi Desain Packaging Untuk Produk Kosmetik & Kecantikan
 
Jika Anda memerlukan sedikit inspirasi untuk desain packaging dari produk kosmetika Anda, tAnda dapat memulai untuk mendapatkan inspirasi dari tren kemasan untuk produk kosmetik terkini. Setelah Anda mengetahui apa yang sedang tren saat ini, Anda dapat membuat desain packaging yang memenuhi hal-hal penting bagi pelanggan Anda saat ini dan menyampaikan hal tersebut kepada mereka dengan cara yang benar.
 
Ingatlah bahwa Anda ingin memilih tampilan yang modern dan trendi, namun juga bertahan lama serta menarik secara universal, sehingga desain packaging Anda terlihat up-to-date dari waktu ke waktu.
 
 
Pola Garis Yang Cukup "Rumit"
 
Gambar yang memiliki pola dengan menggunakan garis-garis halus dan banyak detail merupakan tren indah yang tak lekang oleh waktu untuk packaging dari brand kosmetik. Hal ini dapat dilihat dari contoh dimana gambar bunga dari tulisan tangan yang dapat digunakan dengan baik, apalagi jika ditempatkan dengan tepat pada area tertentu atau untuk menutupi keseluruhan produk.
 
Jika Anda menginginkan desain yang tidak terlalu feminim namun tetap menginginkan hasil desain yang elegan dan detail, gaya gambar dengan pola geometris, bersih, dan rapi mungkin cocok untuk Anda.
 
 
 
 
Tren ini sangat cocok  jika brand Anda memperhatikan detail atau jika Anda mencari cara yang halus namun indah untuk menampilkan isi dari produk kosmetik Anda, dengan menggambar bahan-bahan yang Anda gunakan.
 
 
Penggunaan Font Kustom 
 
Tren dengan font tebal yang kita lihat secara menyeluruh dalam desain grafis secara alami juga meluas ke desain dari packaging. Font yang unik dapat memberikan banyak karakter menarik pada packaging produk kosmetik Anda.
 
 
 
 
Typography menjadi salah satu cara sempurna untuk mengekspresikan siapa Anda sebagai sebuah brand, dan font dengan jenis tulisan tangan dapat menjadi hal yang membedakan Anda dari yang lain. Entah jika hal tersebut mengusung nuansa retro, pernyataan yang berani, atau gaya yang unik, font yang unik, hal tersebut pasti akan melekat di benak setiap pelanggan yang melihatnya. 
 
 
Gaya Modern & Warna Pastel
 
Pastel dan minimalis adalah perpaduan yang sangat cocok. Meskipun warna pastel akan memperhalus desain dari packaging minimalis yang terlihat kasar, desain yang minimalis dan rapi akan memastikan packaging produk dengan warna pastel Anda terlihat lebih modern dan dewasa. Mainkan kedua konsep tersebut untuk menemukan perpaduan yang tepat bagi brand Anda.
 
 
 
 
Anda dapat membuat packaging produk Anda tetap sederhana dan bergaya dengan memilih satu warna pastel yang sesuai dengan pelanggan dan brand Anda atau dapat memadukan kombinasi warna pastel untuk mendapatkan tampilan yang lebih ceria dan indah.
 
 
 
Berikut beberapa informasi tentang panduan dalam merancang desain kemasan kosmetik untuk kebutuhan bisnis Anda agar lebih berkualitas dan menarik untuk pelanggan.
 
Jika Anda sudah memikirkan desain yang tepat untuk kemasan produk kosmetik bagi bisnis Anda, kini saatnya mencari percetakan yang profesional dalam merealisasikannya. ILITHO hadir untuk membantu Anda.
 
Dalam hal mencetak packaging yang berkualitas, Anda perlu mempercayai tangan profesional seperti ILITHO. Menangani pencetakan packaging merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari portofolio kami. 
 
Berbagai jenis kebutuhan yang Anda perlukan lainnya untuk menambah manfaat dari pencetakan packaging produk seperti kartu nama, logo, stiker, dan masih banyak lagi juga dapat tim kami berikan untuk mendukung materi promosional sesuai untuk kebutuhan spesifik dari bisnis Anda.
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak kebutuhan bisnis seperti kalender yang berkualitas untuk kebutuhan Anda dengan menghubungi hotline aktif via WhatsApp kami, disini.
 
 
 
Article Reference : 99 Designs