Pahami Peran Penting Dari Product Packaging Untuk  Bisnis Anda
Kemasan produk digunakan untuk melindungi produk Anda saat proses pengiriman, tetapi jika Anda hanya berfokus pada fungsi literalnya saja, Anda akan melewatkan potensi pemasaran yang besar.
25 February 2022
Pasar produk khususnya dalam dunia e-commerce saat ini telah mengalami perubahan drastis dalam beberapa tahun terakhir. Permintaan akan solusi pemenuhan pesanan, pengemasan produk, pengiriman logistik, serta keinginan untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang berkesan bagi konsumen saat ini juga ikut berkembang, dan diekspektasikan menyentuh hampir $61.55 juta dolar pada tahun 2025 nanti.

Untuk para pebisnis khususnya dalam ranah e-commerce, tentunya proses pengiriman dan pemenuhan barang dapat merepresentasikan sentuhan unik atau ciri khas dari brand dan terkoneksi secara langsung kepada konsumen. Sayangnya, hal tersebut menjadi salah satu kesempatan yang seringkali dilewatkan oleh para pebisnis dalam ranah  e-commerce saat ini. 
 
Kemasan produk digunakan untuk melindungi produk Anda saat proses pengiriman, tetapi jika Anda hanya berfokus pada fungsi literalnya saja, Anda akan melewatkan potensi pemasaran yang cukup berpengaruh pada penjualan produk Anda. 
 
Para penjual online tentunya memiliki daya kontak yang lebih sedikit dalam hal memberikan kepuasan dan kesenangan bagi customer, dibandingkan dengan penjual offline. Keuntungan dari efisiensi berbelanja online adalah tidak perlunya biaya yang dikeluarkan untuk memberikan kontak fisik produk kepada customer sebelum melakukan pembelian. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memberi perhatian khusus pada titik-titik kontak yang Anda miliki untuk menciptakan pengalaman yang berkesan bagi customer dan mengungguli pesaing.
 
Pengemasan telah menjadi perluasan brand Anda sebagai pemasar dalam toko online. Ambil contoh dari brand Apple. Merek ini dikenal dengan produk kelas atas yang menyajikan kemewahan seperti paket yang dikirimnya. Meskipun tidak setiap bisnis memiliki anggaran sebesar Apple, Anda dapat menggabungkan berbagai cara yang lebih murah untuk menyenangkan customer dalam setiap tahap perjalanan pembelian mereka.

Beberapa Jenis Kemasan Produk Yang Umum Digunakan

Sebelum mengirimkan produk, Anda perlu pertimbangkan pengemasan yang paling aman bagi produk Anda agar selamat di perjalanan dan tiba di tangan customer dalam kondisi baik. Berikut beberapa opsi pengemasan yang umum digunakan:

               

Kecuali jika Anda mengirimkan barang yang sangat kecil atau sangat tahan banting. Sebagian besar produk tersebut umumnya akan memerlukan beberapa jenis kotak dengan ukuran tertentu untuk melindungi pesanan agar dapat dikirimkan secara aman.

Biasanya jenis produk dan kemasan seperti ini juga memerlukan beberapa bentuk isian seperti bubble wrap, gabus, busa, atau jenis bantalan lainnya, untuk mencegah barang tidak bergeser atau terbentur.

Menambahkan Kesan Khas /  Unik Dari Kemasan Produk Anda

Banyak elemen yang bekerja bersamaan saat merancang pengemasan untuk produk dari brand Anda yang juga disertai dengan baiknya pengalaman unboxing dari pelanggan. Tetapi, Anda tidak harus menyertakan setiap opsi yang tersedia ke dalam setiap kemasan produk Anda.

Sebaliknya, Anda dapat memutuskan solusi pengemasan mana yang tepat untuk bisnis Anda yang juga memberikan pengalaman terbaik dan nilai yang kuat bagi pelanggan. Berinvestasi secara strategis pada beberapa persediaan pengemasan dari produk e-commerce ini dapat sangat membantu Anda dalam menciptakan pengalaman unboxing yang tidak mudah dilupakan oleh pelanggan Anda. 
 
Selain dengan menggunakan packaging yang berkualitas, Anda juga dapat menambahkan stiker label untuk mencantumkan logo bisnis yang Anda miliki. Stiker dan label senantiasa menjadi pilihan populer bagi pebisnis yang memiliki produk tertentu dan ingin memberikan produk tersebut dengan kemasan yang juga menarik.
 
Ketika berbicara tentang material pemasaran, stiker senantiasa menjadi salah satu alat yang penting bagi setiap industri bisnis sama seperti kartu nama, brosur, dan juga selebaran. Dan juga, penggunaan stiker sangat serbaguna dan juga terjangkau dari segi harga. 
 
Stiker juga dapat digunakan sebagai pembagian hadiah, pelengkap kemasan yang unik, dan masih banyak lagi.

Berikan Pengalaman Berbelanja & Unboxing yang Berkesan

Menciptakan pengalaman unboxing yang berkesan dapat menjadi keunggulan kompetitif yang dibutuhkan bisnis Anda. Tidak hanya untuk menarik pelanggan baru, namun juga menghasilkan pembelian berulang. Luangkanlah waktu Anda untuk menilai kembali secara seksama, sudahkah kemasan dan proses pemenuhan pesanan Anda berkesan dan memenuhi ekspektasi customer?

Pertimbangkan apa saja faktor yang perlu Anda antisipasi untuk memaksimalkan peluang ini, mulai dari biaya, kebijakan pengiriman, ukuran kemasan, serta tenaga yang dibutuhkan. Apakah Anda siap dan sanggup untuk berkomitmen dalam memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik? 
 
 
 
Jika Anda sudah yakin bahwa setiap produk yang Anda miliki diproduksi secara berkualitas tetapi masih bingung bagaimana cara yang tepat dalam mengemasnya, ILITHO hadir untuk membantu Anda dalam mencetak kemasan produk yang berkualitas.
 
Dalam hal mencetak packaging produk yang berkualitas, Anda perlu mempercayai tangan profesional seperti ILITHO. Menangani pencetakan kemasan produk merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari portofolio kami.

Selain itu, ILITHO juga menyediakan berbagai jenis kebutuhan lain seperti stiker yang Anda perlukan untuk mendapatkan manfaat terbaik dari packaging yang berkualitas dan sesuai untuk kebutuhan spesifik dari bisnis Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Cetak kebutuhan kemasan dan packaging produk yang berkualitas untuk bisnis Anda hanya di ILITHO.