Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Akan Merancang Brosur Bisnis 
Brosur merupakan alat pemasaran yang tepat untuk menarik perhatian serta memberikan kesadaran merek terhadap calon pelanggan
12 October 2022
Kecuali jika Anda tidak pernah keluar rumah, Anda pasti pernah menerima brosur yang dibagikan secara gratis. Entah jika Anda ingin menarik perhatian ke dalam lokasi gym yang baru Anda buka, atau mengiklankan produk atau layanan baru yang bisnis Anda miliki, brosur merupakan alat pemasaran yang tepat untuk menarik perhatian serta memberikan kesadaran merek terhadap calon pelanggan. Tetapi, jika brosur Anda dirancang secara menarik dari segi informasi dan juga visualnya.
 
Jika brosur sampai ditangan target konsumen yang tepat, maka terbukalah peluang yang lebih besar bagi bisnis Anda untuk dikenali. Untuk menarik audiens yang tepat menggunakan brosur, salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah desainnya. Desain yang berkualitas dan menarik akan membuat audiens penasaran terhadap isi dan layanan atau produk  yang Anda tawarkan.
 
Jadi, bagaimana Anda dapat merancang brosur yang tepat dan menarik bagi audiens? Pada artikel ini kami akan membahas mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan mencetak brosur untuk keperluan bisnis Anda.
 
Langkah Awal
 
Agar pembuatan brosur sebagai media pemasaran tepat sasaran, Anda perlu mengetahui seluruh hal penting akan bisnis Anda, pesan yang ingin disampaikan dan siapa target audiens Anda.
 
 
Ketahui Kepribadian Brand Anda

Mengetahui kepribadian brand Anda perlu dilakukan agar tujuan dan materi pemasaran dalam brosur Anda dapat ditulis dengan jelas. 
 
Tentukan Target Audiens Ideal Anda

Pahami siapa target audiens dari bisnis Anda. Audiens yang berbeda tentunya memerlukan desain yang berbeda. Anda perlu mengetahui siapa mereka, informasi apa yang dicari, apakah mereka lebih menyukai gambar atau tulisan,bagaimana cara menarik perhatian mereka, dan sebagainya.

Kembangkan Pesan Anda

Penting untuk mengetahui apa pesan yang ingin Anda sampaikan kepada audiens dalam brosur Anda. Sampaikan pesan yang kuat dan jelas sesuai yang disesuaikan dengan target audiens serta citra dari brand Anda.
 
Tentukan Matriks Yang Tepat

Matriks merupakan tujuan yang ingin Anda raih dengan membagikan brosur kepada audiens. Tentukan matriks Anda sebagai bahan evaluasi kedepannya. Matriks dari penggunaan brosur, misalnya seperti keinginan untuk membawa audiens datang ke toko fisik atau online Anda, melakukan pembelian, memberitahu teman mereka tentang website baru Anda, dan sebagainya.
 
Tetapkan Anggaran Yang Tepat Untuk Brosur Promosional  Anda

Mengetahui anggaran dapat membantu Anda dalam menentukan desain, jenis kertas, seberapa banyak brosur yang dapat dicetak, dan sebagainya. Jadikan brosur Anda sebagai salah satu investasi dalam media promosi bisnis Anda.
 
Tips Dalam Merancang Desain Brosur Profesional Untuk Bisnis Anda
 
 
Ingat Identitas Brand Anda
 
Ada baiknya Anda untuk merancang desain dari brosur untuk mencerminkan identitas brand Anda. Misalnya, elemen-elemen visual seperti warna, logo, font dapat dirancang desainnya sesuai dengan nuansa warna dari brand Anda. Hal ini akan membantu audiens dalam mengingat produk dan brand Anda.
 
Pilih Jenis Brosur Yang Tepat
 
Ada banyak cara dalam melipat brosur promosional. Karena itulah, untuk menentukan jenis brosur Anda bergantung pada isi dan konten dari brosur tersebut. Anda juga perlu mengetahui dimana brosur akan dibagikan agar mudah bagi calon pelanggan untuk melihat dan membawanya.
 
Kumpulkan Desain Dari Berbagai Jenis Teks & Visual Yang Anda Inginkan
 
Cobalah untuk membuat mockup dari brosur yang ingin Anda buat dengan menggabungkan teks dan visual yang diinginkan. Pastikan poin-poin penting tersampaikan dalam brosur tersebut. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui tata letak, panjang, ukuran font dan juga hal detail lainnya.
 
Pilih Percetakan Yang Berkualitas Dan Sesuai Dengan Kebutuhan Anda
 
Banyak faktor yang perlu diperhatikan untuk mencetak brosur yang berkualitas, diantaranya pemilihan tinta, pencocokan warna, dan sebagainya. Hal ini perlu dipertimbangkan ketika Anda memutuskan tempat pencetakan yang terbaik untuk merealisasikan desain materi promosional dari bisnis Anda.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda perhatikan ketika akan menggunakan brosur sebagai materi promosional dari bisnis Anda. Ketika Anda sudah memutuskan untuk menggunakan brosur untuk kebutuhan bisnis Anda, kini saatnya mencari percetakan yang profesional dalam merealisasikannya. ILITHO hadir untuk membantu Anda.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan percetakan brosur melalui www.elitho.id  sebagai salah satu alat penunjang bisnis Anda. Layanan pencetakan brosur kami dilengkapi dengan harga mulai dari Rp 550.000 / per 1 Rim (500 Lembar), pencetakan secara Full-Page, material kertas Art & Matt Paper, dan pilihan laminasi Glossy atau Matt. 
 
Kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis anda seperti brosur dapat segera dicetak sesuai desain yang anda inginkan dengan proses cepat tanpa mengurangi kualitas dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak desain flyer dan segala urusan bisnis anda lainnya hanya di ILITHO.
 
 
Article Reference : 99Designs