Entah seberapa banyak Anda pengetahuan yang Anda miliki tentang branding dalam dunia bisnis untuk produk Anda, pencitraan brand untuk bisnis berbasis FnB atau makanan sedikit lebih sulit dijelaskan dibandingkan industri lainnya. Industri berbasis FnB bergantung pada dorongan alami dan perasaan "intuisi", dan visual pencitraan brand dapat membuat pelanggan Anda lebih lapar—atau kehilangan selera makan.
Bagi siapa pun yang bekerja di bidang FnB — kategori luas yang mencakup produsen FnB dalam kemasan, retail, restoran, blogger, layanan terkait FnB, dan perusahaan minuman — nuansa dan strategi bisnis tidaklah sepenuhnya jelas.
Dalam artikel berikut ini, kami memberikan beberapa informasi dan gambaran umum tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan pencitraan brand untuk bisnis berbasis FnB dan semoga dapat membantu menjelaskan apa yang perlu Anda ketahui untuk memberikan review yang positif dan memberikan pelanggan kepuasan dalam membeli produk FnB Anda.
Dasar Dalam Branding Untuk Bisnis Berbasis FnB
Jika bisnis Anda diibaratkan sebagai seseorang, "branding" akan menjadi cara orang tersebut menampilkan dirinya sendiri — bagaimana brand berpakaian atau menata rambut, ditambah bagaimana brand bertindak, apakah brand melontarkan lelucon atau mematuhi etiket secara formal. Branding lebih dari sekadar publisitas; Hal ini mempengaruhi bagaimana pelanggan memandang bisnis Anda dan nilai yang brand berikan kepada bisnis Anda tersebut.
Ketika dijalankan dengan baik, branding dapat menciptakan ikatan pribadi, bahkan emosional dengan basis pelanggan Anda, dan juga memisahkan serta membedakan Anda dari kompetitor dengan cara yang lebih bermakna. Anda dapat mencapai hasil ini melalui strategi pendekatan visual, seperti menggunakan warna, bentuk, dan typography yang tepat dan juga melalui cara Anda berkomunikasi, seperti strategi penggunaan konten atau saluran yang Anda gunakan.
Pilihan branding dari bisnis Anda harus senantiasa melengkapi strategi dan tujuan bisnis. Misalnya, bisnis yang prioritas utamanya adalah akuisisi pelanggan mendapat manfaat dari strategi branding yang berbeda dari bisnis yang prioritasnya adalah retensi pelanggan. Namun, yang lebih rumit lagi, industri berbasis FnB saat ini harus membuat keputusan branding berdasarkan gaya bisnis dan apa yang menurut target pelanggan branda menggugah selera.
3 Pertanyaan Branding Yang Perlu Ditanyakan Pada Diri Anda Sebelum Memulai Strategi
Anda perlu menjawab beberapa pertanyaan sulit tentang bisnis Anda sebelum dapat menentukan strategi branding yang paling tepat. Ketiga pertanyaan kunci ini sekiranya dapat membantu Anda memahami inti dari bisnis Anda sebenarnya.
#1 Siapa Yang Akan Membeli Produk Anda?
Siapa target pasar atau pelanggan Anda? Apa demografi dari brand Anda? Apa yang calon pelanggan sukai, bagaimana pelanggan ingin diajak bicara, dan apa saja kendala branda (rintangan dan ketidaknyamanan terkait yang ingin dihilangkan dari hidup pelanggan ). Branding bisnis Anda perlu disesuaikan dengan target pelanggan, sehingga semakin Anda memahami branda, semakin baik.
#2 Bagaimana Anda Akan Mendeskripsikan Brand Anda?
Hal ini lebih cocok sebagai pengingat dan latihan kreatif untuk membantu menentukan gaya brand Anda. Jika Anda memiliki jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini, bagus! Jika tidak, jangan khawatir — Cobalah untuk membuat daftar kata sifat untuk mendeskripsikan brand ideal Anda. Kata sifat seperti energik, bersemangat, mengundang atau dapat diandalkan dapat membantu Anda mengasah suara brand dan karakter yang bisnis FnB Anda miliki.
#3 Apa Yang Membedakan Anda Dengan Kompetitor?
Dengan kata lain, apa proposisi nilai Anda? Mengapa pelanggan harus memilih Anda dan bukan kompetitor Anda? Aspek utama dari pencitraan brand adalah menonjolkan fitur-fitur Anda yang paling menarik dan menonjolkannya sehingga calon pelanggan akan memikirkan bisnis Anda terlebih dahulu saat harus mengeluarkan uang yang brand miliki.
Setelah mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, Anda dapat mulai menyusun strategi pencitraan brand untuk bisnis FnB yang sekiranya lebih ideal.
Beberapa Gaya Branding Yang Dapat Dijadikan Panduan Untuk Bisnis FnB Anda
Warna apa yang paling menggugah selera? Apakah pelanggan yang lapar lebih menyukai bentuk lingkaran atau kotak? Di mana para pecinta kuliner berkumpul secara online? Dengan pasar yang sangat spesifik seperti industri makanan, teknik branding yang spesifik akan lebih berhasil jika dibandingkan yang lain.
Berikut beberapa uraian strategi branding untuk berbagai area jangkauan dari bisnis Anda. Ingatlah hal ini saat Anda merancang desain logo menciptakan aset dari brand FnB Anda.
(Ingatlah bahwa brand Anda juga harus mencerminkan kepribadian bisnis Anda - strategi di bawah ini merupakan saran berdasarkan data tentang hal yang sekiranya berhasil untuk brand FnB secara umum , tetapi jangan lupa untuk mempertimbangkan gaya unik Anda sendiri saat mengambil keputusan.)
Warna Yang Tepat Digunakan Untuk Bisnis Berbasis FnB / Makanan
Singkatnya, warna-warna hangat—merah, jingga, dan kuning—paling cocok untuk brand makanan. Dari beberapa warna tersebut, merah menjadi warna terbaik untuk membangkitkan rasa lapar (mungkin karena banyaknya makanan berwarna merah yang tersedia). Dan karena warna-warna hangat dapat dipadukan dengan baik, Anda akan melihat banyak brand makanan berwarna merah-kuning atau merah-jingga.
Salah satu contoh ketika kita menyusuri jalan yang dipenuhi restoran cepat saji membuktikan betapa akuratnya hal ini. Kita melihat kombinasi warna hangat ini di hampir semua restoran cepat saji favorit kita. Dan di sisi lain, warna hijau juga populer digunakan dengan brand makanan alami dan organik.
Berdasarkan teori warna, disarankan untuk menghindari warna biru dalam brand berbasis FnB atau makanan. Selain blueberry, makanan berwarna biru jarang ditemukan di alam, sehingga akibatnya warna biru memiliki pengaruh paling kecil terhadap selera makan. Namun untuk pencitraan brand secara umum, biru adalah warna yang paling populer, mungkin karena kaitannya dengan kepercayaan dan komunitas.
Karena alasan itu, Anda masih melihat warna biru sebagai warna aksen yang sering muncul dalam pencitraan brand makanan, seperti pada Burger King, Sonic, dan Popeyes.
Bentuk Yang Tepat Digunakan Untuk Bisnis Berbasis FnB / Makanan
Dalam strategi branding, bentuk senantiasa berpengaruh dalam cara penerimaan kepribadian suatu brand. Brand dengan logo melingkar, misalnya, dipandang lebih menarik dan kasual, sedangkan bentuk persegi panjang yang kaku dipandang lebih dapat diandalkan atau efektif. Hal ini membuat bentuk senantiasa terkait dengan identitas brand.
Meski begitu, sebagian besar brand makanan mendapat manfaat dari kepribadian brand yang ramah, dan logo dengan lingkaran atau lengkungan yang tampak lebih mudah didekati. Hal ini bukan hanya berbicara tentang bingkai melingkar di sekeliling logo, tetapi juga garis lengkung di dalam logo itu sendiri.
Logo berbentuk persegi panjang, segitiga, dan bersudut lancip memiliki kesan lebih formal dan berkinerja lebih baik dalam industri seperti hukum atau keuangan, meskipun beberapa restoran kelas atas atau perusahaan wine mungkin juga memanfaatkan formalitas tersebut.
Jika Anda menginginkan logo yang serius tetapi tetap ingin pelanggan merasa nyaman, Anda selalu dapat memadukan bentuk-bentuk yang sekiranya sesuai. Menambahkan lengkungan atau sudut-sudut lembut pada bentuk yang bersudut akan membuatnya tampak lebih kasual, sehingga Anda dapat menerapkan "sisi yang lebih lembut" itu pada tingkat apa pun yang Anda inginkan.
Packaging Yang Tepat Digunakan Untuk Bisnis Berbasis FnB / Makanan
Packaging atau kemasan untuk produk makanan dan minuman merupakan area yang luas — dan merupakan elemen kunci dari strategi branding untuk produk berbasis FnB atau makanan. Pengalaman pertama pelanggan Anda terhadap produk Anda terjadi melalui mata mereka, bukan indera perasa mereka, jadi cara Anda menata produk FnB Anda sangatlah penting.
Packaging juga membantu membedakan produk Anda dari jutaan pilihan lain yang memenuhi rak (atau halaman web dari website e commerce) akhir-akhir ini.
Saat mempertimbangkan packaging untuk produk FnB seperti makanan, minuman, atau camilan Anda, tampilan tentu penting, tetapi tampilan tidak ada artinya jika packaging Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sebelum Anda memulai perjalanan dalam merancang packaging, tanyakan kepada diri Anda sendiri, beberapa pertanyaan penting berikut ini:
- Apa Produk Anda? - Apa saja bahan dan dimensinya? Apakah produk saya hanya satu atau ada (atau akan ada di masa mendatang) dalam beberapa bentuk atau format? Sedikit pemikiran ke depan pada fase awal akan membantu Anda menghindari masalah seiring berkembangnya brand Anda.
- Siapakah Pelanggan Anda? - Apakah Anda menjual kepada orang-orang yang peduli lingkungan, anak-anak, atau wisatawan? Apakah pelanggan memiliki pendapatan yang dapat dibelanjakan atau mereka memiliki budget yang ketat? Penting untuk memahami siapa yang akan membeli produk Anda dan memberi branding pada produk Anda sesuai dengan hal tersebut.
- Apa Tujuan dari Penggunaan Packaging Tersebut? Apakah packaging harus menjaga makanan tetap lembut atau renyah? Apakah packagin tersebut harus tahan terhadap suhu dingin?
- Di mana Calon Pelanggan Melihat Packaging Anda? - Apakah akan dijual secara eksklusif pada area online? Pada toko kelontong khusus yang kecil? Atau pada toko-toko besar seperti supermarket ?
Berikut adalah beberapa informasi tentang hal - hal penting yang perlu diperhatikan dalam merancang branding untuk bisnis berbasis FnB Anda. Jika Anda memerlukan perlengkapan untuk bisnis FnB atau industri apapun seperti kartu nama, label atau bahkan packaging dapat di kustomisasikan dengan keinginan Anda, ILITHO kini hadir sebagai digital printing di Jakarta yang menyediakan layanan pencetakan custom berbagai kebutuhan sebagai salah satu perlengkapan bisnis Anda.
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya menyediakan layanan pencetakan custom perlengkapan bisnis dengan proses pembuatan cepat dan beberapa opsi material pencetakan.
Kami dapat memastikan bahwa kebutuhan Anda seperti custom label, kartu nama, packaging dan perlengkapan lainnya dapat segera dicetak sesuai desain yang Anda inginkan serta berkualitas dan dengan harga yang terjangkau.
Jadi, tunggu apalagi? Cetak berbagai jenis kebutuhan dan perlengkapan yang Anda inginkan dan tentunya juga berkualitas dengan menghubungi hotline aktif via WhatsApp kami, disini.