Pentingnya Menggunakan Masker Kain Dalam Pandemi COVID-19
Penggunaan masker kain oleh publik merupakan salah satu pilihan yang paling tepat untuk mengurangi jumlah orang yang positif akan virus COVID-19 ini.
20 May 2020
Jika Anda bingung untuk menggunakan masker atau tidak dan jenis apa yang tepat, Anda tidak sendirian. COVID-19 merupakan sebuah virus baru yang pencegahan penyebarannya senantiasa kita pelajari setiap harinya. Namun, tentunya masih ada yang bingung untuk menggunakan masker kain sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran penyakit ini.
 
Untuk lebih memahami mengapa penting bagi kita untuk menggunakan masker kain saat harus bepergian, kita harus memahami terlebih dahulu bagaimana COVID-19 ini dapat tersebar. 
 
Ketika virus ini sudah menginfeksi seseorang, kehadirannya langsung membajak sel-sel dalam tubuh orang tersebut untuk membuat replikanya. Jika sudah di replika di dalam tubuh orang tersebut, partikel virus baru ini dapat keluar dan menyatu dengan sel lain di dalam tubuh orang tersebut seperti dalam paru-paru, mulut, hingga hidung. Ketika orang tersebut batuk atau bersin, tubuh mereka akan menghasilkan tetesan kecil yang berisikan virus tersebut ke udara. 
 
Ketika manusia batuk, hampir sekitar 3000 tetes air dapat dihasilkan. Maka dari itulah, virus tersebut ditakutkan dapat menyebar hanya dengan melalui berbicara secara tatap muka atau berdekatan dengan orang yang batuk atau bersin tanpa memakai masker. Salah satu studi terbaru bahkan menyatakan bahwa tanpa kita sadari, kita dapat mentransmisikan ratusan tetes secara tidak terlihat ke udara hanya dengan mengucap kata “tetap aman.” Saat tetesan tersebut keluar dari mulut kita, banyak tetesan yang lebih besar dengan cepat mengendap di permukaan terdekat sementara yang lebih kecil tetap melayang di udara selama berjam-jam, di mana mereka dapat dihirup oleh orang lain. 
 
Penggunaan masker kain oleh publik merupakan salah satu pilihan yang paling tepat untuk mengurangi jumlah orang yang positif akan virus COVID-19 ini. Hampir sebanyak 6-18% orang yang positif COVID-19 tidak mengalami gejala sama sekali. Jika setiap orang menggunakan masker kain, dan orang yang terinfeksi atau yang memiliki gejala COVID-19 juga memakainya, mereka akan senantiasa membantu pemerintah untuk mengurangi persebaran virus yang dapat dengan mudah menyebar dalam lingkungan sekitarnya. 
 
Jika Anda senantiasa menggunakan masker kain saat harus sekali keluar rumah, hal ini dapat membantu orang sekitar dan juga pemerintah dalam memerangi penyebaran virus ini. Dan juga, dampaknya sangatlah baik jika digabungkan dengan kebiasaan mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang lain. 
      
Tetaplah produktif dalam beraktivitas di rumah, serta gunakan masker kain jika Anda memang harus keluar. Jika Anda ingin menggunakan masker kain yang memiliki desain unik dan tentunya menjaga Anda dalam segi kualitas bahannya, kami punya solusinya. 
 
 
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan pencetakan custom masker kain melalui www.elitho.id sebagai salah satu perlengkapan yang wajib Anda miliki dalam masa pandemi ini. Dengan kualitas yang tidak diragukan lagi, masker kain custom dari ILITHO dapat digunakan di dalam , di luar rumah atau di sekitar Anda. 
 
Tunjukkan solidaritas Anda kepada orang lain dengan senantiasa menggunakan masker kain dan menjaga jarak sosial untuk menghindari penyebaran yang lebih masif dari pandemi ini.