Manfaat & Tips Dalam Menggunakan Buku Katalog Untuk Kebutuhan Bisnis Anda
Ada banyak manfaat potensial dari penggunaan buku katalog untuk tim dan pelanggan dari bisnis Anda.
10 July 2023
Terlepas dari meningkatnya penggunaan teknologi dalam era digital dan penyebaran e-commerce, buku katalog masih menjadi salah satu alat pemasaran yang ampuh hingga saat ini. Bahkan raksasa ritel teknologi global seperti Amazon di Amerika pun masih senantiasa menggunakannya.
 
Menggunakan katalog produk dapat menjadi salah satu cara efektif untuk bisnis Anda dalam mendaftar setiap produk atau layanan yang Anda berikan, menyajikan informasi tambahan, atau konteks untuk konsumen potensial dari bisnis Anda.
 
Ada banyak manfaat potensial dari penggunaan buku katalog untuk tim dan pelanggan Anda. Memahaminya dapat membantu Anda memilih cara pemasaran yang dapat disesuaikan dengan tujuan bisnis terkait untuk mendatangkan keuntungan dan pertumbuhan dari bisnis Anda.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Buku Katalog Produk?
 
Buku katalog produk merupakan bagian dari konten pemasaran yang berisi daftar dan penjelasan tentang kunci dari produk atau layanan yang bisnis Anda tawarkan. Deskripsi dalam buku ini dapat termasuk fitur produk, dimensi, harga, opsi, ketersediaan dan ulasan terkait.
 
Dalam beberapa kasus, katalog produk dapat berupa digital, tetapi biasanya masih dicetak dalam bentuk fisik hingga saat ini. Bisnis Anda dapat mendistribusikan buku katalog produk melalui representasi sales atau secara langsung mengirimkannya melalui email, atau menggunakan jasa ekspedisi pengiriman.
 
Siapa Saja Yang Menggunakan Buku Katalog Produk?
 
Setiap orang yang berpartisipasi dalam proses terkait dengan produk sebuah bisnis dapat menggunakan buku katalog ini. Termasuk : 
 
  • Konsumen yang menggunakan buku katalog untuk mencari produk atau jasa yang mereka butuhkan

  • Tim pemasaran yang menggunakannya untuk mempromosikan produk kepada konsumen

  • Pakar profesional dalam pertumbuhan dan perkembangan yang menggunakannya untuk menarik audiens dan menyebarkan kesadaran merek

  • Representasi sales yang menggunakannya untuk memberikan informasi lebih kepada calon pelanggan

  • Toko atau staf penyimpanan produk yang menggunakannya untuk mengenal lebih dalam informasi produk seperti dimensi dan ketersediaan jumlah produk

  • Rekan bisnis atau investor yang dapat menggunakannya untuk memahami lebih dalam akan bisnis Anda.

Beberapa Tips Dalam Merancang Buku Katalog Produk Untuk Bisnis Anda
Gunakan Rancangan Desain Yang Jelas & Sederhana
 
Katalog yang berkualitas senantiasa harus mudah untuk dibaca dan dijelajahi. Buku terkait harus mudah dilihat dan mudah dinavigasi serta dipahami. Dalam hal ini, mempertimbangkan kejelasan dan kesederhanaan saat Anda mengatur konten dan menata desain katalog produk Anda senantiasa perlu diperhatikan.
 
 
Misalnya, jangan memadati setiap halaman dengan banyak produk. Satu atau dua produk dapat difoto dan disajikan dengan indah, dengan teks minimalis dengan banyak ruang negatif. Semakin menarik tata letak sebuah halaman dan pengalaman visual yang dapat disajikan, semakin besar kemungkinan pembaca untuk lebih lama membaca serta menyerap pesan pemasaran.
 
Anda tidak perlu memasukkan semua detail teknis ke dalam katalog Anda. Jika konsumen tertarik, Anda dapat menambahkan kode QR yang dapat mereka pindai dengan ponsel mereka untuk melihat informasi lebih lanjut secara online. Pertahankan halaman katalog tersebut agar tetap jelas dan elegan.
 
Selipkan Detail atau Hadiah Kecil di Dalamnya
 
Hal ini dapat dilakukan dengan cukup mudah, dengan sedikit usaha, dan bahkan lebih sedikit biaya tambahan. Dengan menambahkan detail dan hadiah kecil pada buku katalog Anda, pengalaman pembacanya akan terasa lebih menyenangkan dan juga lebih berkesan. 
 
 
Coba pikirkan tentang beberapa hal berikut:
 
  • Tambahkan folder, atau amplop di dalam sampul dan letakkan catatan terima kasih dan kartu diskon di dalamnya

  • Sertakan panduan atau buklet resep, atau hadiah berguna lainnya tergantung dengan jenis produk Anda

  • Jika buku katalog Anda berorientasi pada keluarga atau ditujukan untuk produk anak-anak, sertakan halaman mewarnai, kuis, atau kartun di dalamnya.
 
Berikut hanyalah beberapa ide yang sekiranya dapat membantu Anda berjalan pada garis yang benar. Kuncinya adalah untuk membuat pengalaman dari menjelajahi buku katalog Anda agar terasa lebih personal, unik, dan mengesankan. Ide sederhana seperti ini dapat memberikan nilai lebih dan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan yang menerimanya.
 
Gunakan Material & Pesan Yang Berkualitas
 
Material pencetakan dari buku katalog Anda lebih dari sekadar media untuk aplikasi dengan torehan tinta di dalamnya. Buku katalog ini dapat memainkan peran yang kuat dalam pesan pemasaran dari bisnis Anda. Jadi, pilih material pencetakan buku katalog Anda dengan bijak untuk mencerminkan bisnis dan tingkat profesionalitas  Anda.
 
Misalnya, memilih kertas berkualitas tinggi dengan lapisan gloss atau sutra dapat menunjukkan kemewahan dan kesenangan, seperti halnya sampul timbul dengan stempel foil emas. Atau Anda dapat mempromosikan  kepedulian bisnis Anda terhadap lingkungan dengan menggunakan material ramah lingkungan yang terbuat dari serat alami.
 
Namun intinya adalah, pilihan kertas, pelapis, dan penjilidan Anda semuanya dapat melakukan lebih dari sekadar fungsi praktisnya saja. Seluruh bagian tersebut dapat berbicara. Hal terkait dapat mengkomunikasikan dan memperkuat identitas dari brand dan pesan pemasaran Anda dengan cara yang unik dan profesional.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan tips yang dapat kami berikan tentang buku katalog sebagai salah satu perlengkapan bisnis Anda. Sudahkah Anda memikirkan desain mana yang tepat untuk Anda cetak dan Apakah Anda perlu melakukan kustomisasi khusus untuk melengkapinya?
 
Jika Anda ingin merancang dan mencetak katalog book berkualitas yang dapat di kustomisasikan sesuai dengan keinginan Anda, ILITHO hadir sebagai percetakan & digital printing di Jakarta yang menyediakan layanan pencetakan berbagai kebutuhan perlengkapan seperti katalog book yang bersifat profesional untuk keperluan bisnis Anda.
 
Kami dapat memastikan bahwa katalog book dari bisnis Anda dapat segera dicetak dengan proses cepat tanpa mengurangi kualitas dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Jadi, tunggu apalagi? Cetak katalog book bisnis dan berbagai perlengkapan bisnis lainnya yang berkualitas dan profesional dengan menghubungi hotline aktif via WhatsApp kami, disini.
 
 
 
Article Reference : Qin Printing & Indeed