Merancang Desain Kalender Yang Tepat & Unik Untuk Bisnis Anda 
Apakah merancang kalender Anda sendiri pernah muncul di benak Anda? Atau mungkin Anda hanya diminta untuk melakukannya oleh klien Anda, tetapi Anda tidak tahu harus mulai dari mana?
10 June 2022
Apakah merancang kalender Anda sendiri pernah muncul di benak Anda? Atau mungkin Anda hanya diminta untuk melakukannya oleh klien Anda, tetapi Anda tidak tahu harus mulai dari mana? Anda mungkin belum pernah memikirkannya sebelumnya. 
 
Namun, percaya atau tidak, kalender dapat berfungsi sebagai jenis materi iklan untuk bisnis Anda. Penggunaannya tidak selalu harus digunakan untuk alasan pribadi. Jadi, entah untuk penggunaan pribadi atau bisnis Anda, mari kita lihat beberapa tips untuk  membuat desain kalender yang profesional namun tetap kreatif :
 
Pilih Jumlah Halaman Untuk Kalender 
 
Dengan memulai mengumpulkan informasi yang ketat dan objektif, Anda dapat menentukan pondasi untuk hasil yang lebih baik. Oleh karena itu, sebagai langkah pertama, Anda harus memutuskan berapa jumlah angka untuk bulan yang Anda inginkan agar audiens dapat melihat sekaligus dalam satu halaman. Opsi umum mencakup satu bulan per halaman atau seluruh dua belas bulan pada satu halaman.
 
Namun, untuk membuat kalender Anda lebih menarik, Anda harus mempertimbangkan peningkatan strukturnya. Anda dapat membagi satu halaman kalender Anda menjadi dua atau tiga bulan. Anda bahkan dapat membuat kalender dari dua sisi dengan 6 bulan di setiap sisi. 
 
Apa pun yang Anda pilih, satu hal penting adalah huruf dan angka harus dapat dibaca dengan mudah. Untuk tujuan keterbacaan, sebagian besar bisnis cenderung menggunakan template satu bulan per halaman.
 
Pilih Template Kalender Yang Sesuai
 
Template untuk desain Anda sama pentingnya untuk estetika yang kohesif dan menarik secara visual bagi kalender Anda, dan pada saat yang sama, memungkinkan Anda untuk membawa banyak kreativitas Anda ke dalam material bisnis tersebut.
 
Anda (atau klien Anda) dapat memilih konsep desain yang menarik secara visual untuk seluruh kalender Anda sejak awal. Hal ini akan membantu mengatur gaya dan struktur desain untuk sisa halaman dari kalender Anda. 
 
Meskipun Anda bebas menambahkan desain yang berbeda dan relevan untuk setiap bulan dalam kalender Anda (entah seperti tema Halloween untuk Oktober atau tema Natal untuk Desember), pastikan Anda tetap menggunakan template awal Anda karena konsistensi desain akan membantu meningkatkan daya tarik kalender secara keseluruhan.
 
Jika Anda merasa sedikit buntu, jangan ragu untuk menelusuri berbagai ide kreatif dan inspirasional secara online. Lihat berbagai opsi terbaik dengan rekan Anda, dan biarkan kreativitas Anda mengalir. 
 
Gunakan gambar, warna, grafik, dan font yang memungkinkan agar target audiens mengenali Anda dan identitas visual dari bisnis atau perusahaan Anda. Karena kalender adalah hal yang dapat digunakan setiap hari, cobalah untuk tidak memilih template yang membosankan.
 
Tentukan Jumlah Angka Dalam Halaman Kalender
 
Meskipun Anda mungkin telah menentukan jumlah bulan per halaman di langkah pertama, kemungkinan Anda masih belum mengetahui jumlah halaman sebenarnya yang perlu Anda rancang desainnya.
 
Pada dasarnya, jumlah halaman masih dapat berbeda, tergantung apakah Anda ingin kalender dicetak dengan dua sisi atau tidak. Karena cetakan dua sisi adalah pilihan yang lebih ramah lingkungan, hal ini selalu layak untuk dipertimbangkan penggunaannya.
 
Pilih Gambar Dan Font Yang Sesuai Dengan Karakteristik Bisnis Anda
 
Setelah memilih dan menerapkan template yang Anda pilih untuk kalender, pilihan sulit selanjutnya adalah ketika memilih gambar dan font yang tepat. Pertimbangkan bagaimana Anda ingin menyusun setiap gambar serta font yang mungkin ingin Anda gunakan. Pastikan setiap elemen saling melengkapi dengan baik dan cocok dengan keseluruhan gaya desain yang Anda inginkan.
 
Selain itu, berhati-hatilah untuk tidak membanjiri pengguna dengan terlalu banyak detail tambahan dan tidak perlu karena hal ini dapat membuat desain Anda tampak berantakan dan tidak menarik. Selalu pertahankan aturan desain less-is-more di kepala Anda dan pilih kualitas dibandingkan kuantitas. Gambar harus menambah nilai estetika dari kalender Anda dan memiliki resolusi tinggi.
 
Saat memilih gambar untuk kalender Anda, yang merupakan langkah yang sangat penting, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan gaya gambar yang sama dengan yang Anda gunakan untuk materi pemasaran lainnya, seperti yang ada di selebaran, poster, atau website Anda.
 
Hal ini juga dapat menjadi kelanjutan yang tepat dari branding bisnis, memungkinkan untuk mengekspresikan identitas Anda lebih jauh. Bagaimanapun, kalender adalah cara yang efektif bagi bisnis Anda untuk memperkuat kesadaran dan pengakuan atas nama brand. 
 
Oleh karena itu, semakin banyak upaya yang Anda lakukan untuk memilih gambar yang pas dan berkualitas tinggi, semakin efektif desain kalender Anda nantinya.
 
Pilih Tampilan Tanggal Yang Fungsional
 
Hal ini merupakan salah satu faktor yang mungkin dilupakan saat merancang desain kalender untuk pertama kalinya. Meskipun Anda selalu dapat menggunakan kembali tampilan tanggal fungsional dari  templat dan contoh kalender yang terlihat menarik secara online, jika Anda ingin membuat kalender Anda benar-benar istimewa dan unik, hal ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengekspresikan orisinalitas Anda.
 
Namun, beberapa aturan penting selama tahap desain ini adalah Anda harus memelihara agar kalender terlihat menarik dan mudah dibaca, sambil juga memastikan bahwa kalender tersebut tetap praktis dan fungsional. Kalender merupakan alat yang sangat efisien untuk promosi pemasaran, tetapi pada akhirnya, kalender tersebut juga harus praktis.
 
Perhatikan Teknik Pencetakan Kalender Anda
 
Ketika Anda sudah sampai pada teknik pencetakan, hal ini biasanya akan tergantung pada preferensi individu serta berbagai aspek lainnya. Namun, selalu menjadi ide baik untuk berkonsultasi dengan layanan pencetakan yang profesional. Karena desainer adalah orang yang membuat desain kalender, layanan pencetakan dapat melakukan bagian mereka dalam memberikan saran pencetakan terbaik kepada Anda.
 
Para profesional dapat memberitahu Anda tentang hal dan desain yang paling sesuai dengan bisnis Anda, bagaimana Anda dapat menyesuaikan keinginan dengan kebutuhan desain, dan bagaimana Anda dapat melakukan seluruh percetakan kalender dengan cara yang paling hemat biaya. Untuk tujuan menyesuaikan gaya dan templat kalender, jenis bahan dan teknik pencetakan yang tepat perlu Anda pilih.
 
 
Pilihan paling umum untuk bahan cetak biasanya terdiri dari jenis kertas glossy atau matte. Namun, Anda juga harus memilih bagaimana Anda ingin mengikat halaman kalender Anda. 
 
Jika Anda membutuhkan percetakan yang berkualitas untuk merealisasikan desain unik dan personal dari standing calendar Anda, ILITHO hadir untuk membantu.
 
Dalam hal mencetak berbagai keperluan pencetakan seperti kalender untuk bisnis, Anda perlu mempercayai tangan profesional seperti ILITHO. Menangani pencetakan standing calendar merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari portofolio kami. 
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak kebutuhan material pemasaran berbasis media cetak seperti kalender dan berbagai keperluan bisnis lainnya yang berkualitas hanya di ILITHO.