Memaksimalkan Penggunaan Hang Tag Sebagai Efektivitas Brand Anda
Saat konsumen Anda memikirkan dengan cermat tentang mengapa mereka membeli sebuah produk, hang tag dapat membuat Anda memiliki kesempatan untuk menawarkan informasi tambahan tentang produk Anda.
23 September 2020
Dalam tampilannya, hang tag - label yang senantiasa tergantung pada produk yang baru Anda beli mungkin terlihat kecil atau tidak penting. Anda juga dapat mengatakan bahwa kehadirannya hanya sebagai tempat menaruh harga dari produk yang bersangkutan dan dapat dengan mudah hilang.
 
Tetapi, jika Anda hanya melihatnya seperti itu, Anda kehilangan kesempatan besar dalam meningkatkan efektifitas dari brand Anda.
 
Mungkin terlihat berlebihan, tetapi coba kita baca lebih jauh artikel ini.
 
Dalam pasar, setiap objek dapat mengambil lebih dari satu peran jika Anda menelitinya lebih dalam. Coba kita ambil rata-rata rak tempat memajang produk Anda. Disaat fungsi utamanya adalah untuk meletakkan produk, Anda juga dapat menggunakannya untuk memajang promosi atau diskon yang sedang Anda miliki, bukan?
 
Sama hal nya dengan hang tag. Kehadirannya dapat menyajikan dua tujuan. Untuk memberikan Anda gambaran yang lebih lengkap, berikut ini kami berikan beberapa tips untuk memaksimalkan efektivitas dari penggunaan hang tag untuk brand Anda.
 
Anda Dapat Membangun Koneksi Yang Lebih Dalam Dengan Konsumen Anda
 
Dalam waktu dimana konsumen Anda memikirkan dengan cermat tentang mengapa mereka membeli sebuah produk, hang tag dapat membuat Anda memiliki kesempatan untuk menawarkan informasi tambahan tentang produk dan brand Anda. Dan lebih pentingnya, hang tag menyediakan Anda kesempatan untuk berkoneksi lebih dalam dengan konsumen. 
Bagaimana caranya?
 
Coba kita ambil contoh. Jika Anda menjual produk yang ramah lingkungan, selain dengan menggunakan iklan berbayar dalam media (yang mungkin target audiens Anda kesulitan untuk menemukannya) dan banner pada stand dalam toko, cara yang paling mudah untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan Anda dan memberikan informasi adalah dengan menyertakannya dalam hang tag produk.
 
Karena banyaknya produk ramah lingkungan dalam pasar saat ini, Anda tentunya perlu sebanyak mungkin informasi yang penting untuk meningkatkan efektivitas produk Anda di mata konsumen. Hang tag dapat membantu Anda karena kehadirannya sendiri sudah memiliki informasi tentang bisnis Anda dan apa yang Anda tawarkan kepada pelanggan. Contohnya seperti sumber dan bahan pembuatan untuk produk Anda atau tentang produk Anda yang tidak diujikan kepada hewan sebelum dipasarkan. 
 
Dalam kedua contoh diatas, Anda bahkan dapat menceritakan kisah tersendiri dari brand Anda tentang sumber atau pekerjaan yang Anda lakukan untuk memerangi pengujian hewan. Fakta bahwa pelanggan Anda dapat membaca tentang apa yang Anda perjuangkan dan mendapatkan sisi cerita Anda dapat membuat koneksi yang mungkin tidak akan mungkin terjadi jika Anda hanya memberi label harga pada produk Anda.
 
Contoh lain dapat diambil ketika Anda menempatkan hang tag pada produk pakaian tertentu. Saat pelanggan menjelajahi toko Anda dan mengambil produk, mereka dapat membaca tentang fondasi yang Anda mulai. Selain itu, mereka juga dapat memahami bahwa semua hasil dari sebagian penjualan produk yang mereka pegang akan disumbangkan ke badan amal, yang telah Anda siapkan.
 
Dan yang terakhir, Anda juga menyertakan pelanggan Anda dalam sebuah proses yang memberitahu mereka bahwa dengan membeli produk Anda, mereka dapat merasa nyaman dengan diri mereka sendiri. Terlebih lagi, mereka akan mengetahui bahwa mereka berkontribusi untuk tujuan yang baik.
 
Anda Dapat Menggunakan Hang Tag Sebagai Kupon Yang Dapat Ditukarkan
 
Selain menggunakan hang tag untuk memberikan lebih banyak informasi tentang brand Anda, ada kemungkinan Anda untuk menggunakannya dengan cara yang tidak konvensional. Dengan mempertimbangkan tingkat kejenuhan pasar dan prediktabilitas yang akan Anda temukan di mana-mana, Anda harus mempertimbangkan pengambilan pendekatan yang lebih kreatif. Tetapi ingat, jalur apapun yang Anda ambil haruslah sejalan dengan brand Anda. 
 
Untungnya, menggunakan hang tag sebagai kupon penukaran dapat menjadi kemungkinan yang baik untuk Anda, terlepas dari produk yang Anda jual atau bagaimana cara Anda untuk memposisikan brand Anda. Hal ini juga dapat menarik pelanggan Anda ke penawaran spesial yang Anda tawarkan tanpa mereka harus bertanya-tanya apa yang spesial atau harus bertanya kepada staf Anda.
 
Mari kita gunakan contoh dalam produk pakaian kembali. Dengan membeli syal, Anda dapat menyertakan hang tag yang menunjukkan diskon 10% jika pelanggan Anda membeli sarung tangan yang juga cocok jika dipakai dengan syal tersebut. Alternatifnya, jika mereka membeli barang tersebut, dan seluruh keranjang mereka melebihi jumlah tertentu, mereka dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan diskon. Anda dapat menerapkan ini pada produk apa saja di toko Anda. Tentu saja, Anda tidak hanya harus menyimpan penawaran ini di toko.
 
Anda bisa bekerja sama dengan mitra yang menjual makanan, misalnya. Kemudian, dengan membeli produk yang sesuai dari toko Anda, melalui kemitraan yang telah Anda jalin, pelanggan Anda bisa mendapatkan diskon untuk makanan atau kopi gratis jika mereka membawanya kepada restoran yang dipilih. 
 
Namun, Anda harus memperhatikan semua skenario saat menawarkan diskon. Misalnya, untuk mencegah ide Anda menjadi bumerang, Anda harus menyertakan informasi pada kupon untuk menghindari penipuan. Hal tersebut terdiri dari periode kesepakatan, berapa banyak voucher per pelanggan, dan semua syarat dan ketentuan lain yang diperlukan.
 
Anda Dapat menggunakan Hang Tag untuk Memberikan Informasi Tambahan Dari Produk

Jika Anda menjual produk yang memiliki banyak bagian yang bergerak atau, pada dasarnya, rumit, selalu ada baiknya untuk menyertakan informasi tambahan tentangnya. Di sinilah hang tag Anda dimanfaatkan. Penggunaannya dapat berfungsi ganda sebagai panduan untuk pengguna. Ada beberapa alasan mengapa hang tag dapat digunakan sebagai panduan pengguna. Salah satunya yang paling jelas adalah untuk membuat pelanggan Anda aktif dan dapat menggunakannya secepat mungkin setelah mereka membeli produk.
 
Alasan lain adalah bahwa hang tag tersebut dapat mengurangi keraguan pembeli. Dapatkah Anda membayangkan kemalasan pengguna jika ingin membeli produk yang rumit atau sangat teknis hanya karena tidak ada panduan atau petunjuk pengguna tentang cara mengoperasikannya?
 
Hal ini tidak berlaku jika pelanggan sudah mengetahui cara menggunakan produk sebelum memasuki toko Anda. Jika mereka mengambil produk Anda dari rak dan melihat tidak adanya informasi tambahan, Anda dapat saja mengundang keraguan pembeli. Hal tersebut adalah salah satu hal terakhir yang Anda inginkan. 
 
Untuk produk seperti makanan, Anda dapat menyertakan petunjuk cara memasak di hang tag atau memberikan informasi tambahan tentang produk makanan lain apa yang dapat dipasangkan dengannya. Anda bahkan dapat menambahkan beberapa resep untuk dicoba jika produknya adalah bumbu, saus, atau saus salad. Untuk produk pakaian hang tag dapat mencakup informasi pencucian, atau instruksi tentang cara merawat produk dengan benar.
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan mengenai penggunaan hang tag dalam meningkatkan keefektifitasan brand Anda. Jika Anda sudah memiliki hang tag untuk setiap produk Anda, sudahkah Anda mencetaknya dengan kualitas tinggi dan tentunya menarik bagi pelanggan? 
Jika Anda mencari percetakan digital yang berkualitas dan dapat mencetak hang tag brand Anda dengan harga yang juga terjangkau, kami dapat menjadi solusinya.
 
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan percetakan Hang Tag melalui www.elitho.id sebagai salah satu alat penunjang promosi dari bisnis anda. Dengan pencetakan CMYK pada berbagai jenis kertas, 3 variasi ukuran, 2 pilihan laminasi (glossy & doff), 1 atau 2 sisi, dan dua pilihan lubang, kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis anda seperti Hang Tag dapat segera dicetak sesuai desain kreatif yang anda inginkan serta berkualitas dan dengan harga yang terjangkau.
 
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak desain Hang Tag untuk segala urusan bisnis anda hanya di ILITHO.