Penggunaan Hang Tag & Pengaruhnya Terhadap Pelanggan Anda
Dalam industri bisnis yang bergerak cepat, tag seringkali digunakan sebagai alat pemasaran untuk mempromosikan produk Anda.
26 July 2024
Pelanggan hanya melihat sekitar 150 dari 10.000 produk dalam rak secara rata-rata dari toko offline yang mereka kunjungi. Pelanggan hanya dapat tertarik dengan setiap produk yang mereka lihat selama tujuh detik atau kurang — dan banyak produk yang menerima perhatian konsumen kurang dari satu detik penuh.
 
Dengan mengingat fakta-fakta ini, dapat dikatakan bahwa metode untuk menarik perhatian pelanggan terhadap produk menjadi lebih penting dari sebelumnya. Dalam upaya bersaing pada pasar yang terus berkembang, hang tag dapat digunakan untuk mengarahkan perhatian pelanggan pada produk tertentu.
 
Dalam industri bisnis yang bergerak cepat, tag seringkali digunakan sebagai alat pemasaran untuk mempromosikan penawaran khusus, meluncurkan produk baru, dan meningkatkan identitas merek. 
 
Dalam artikel ini mari kita kenali lebih dekat tentang apa itu hang tag, kegunaannya, dan bagaimana Anda dapat merancang desain yang tepat untuk produk bisnis Anda.
 
 
Anda dan tim yang terlibat dalam pemasaran produk dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan upaya dalam menarik perhatian dan mendorong pelanggan untuk membeli produk dari bisnis Anda.
 
Entah jika bisnis Anda berskala besar atau kecil, pengusaha kecil, atau berjualan pada pasar lokal atau online juga bisa mendapatkan keuntungan dari mengetahui penggunaan hangtag secara lebih efektif.
 
Hang tag adalah alat pemasaran yang relatif murah dan dapat dengan mudah diproduksi dalam jumlah kecil atau juga secara massal oleh percetakan profesional, seperti ILITHO.
 
Bagi sebagian besar lini produk retail, packaging atau kemasan adalah alat promosi penjualan yang pertama dan terpenting. Perilaku pembelian konsumen distimulasikan oleh kualitas packaging, warna, teks, grafik, dan karakteristik lainnya.
 
Packaging dapat meningkatkan perhatian calon pelanggan terhadap suatu merek tertentu, meningkatkan citranya, dan merangsang minat calon pelanggan terhadap produk tersebut.
 
Packaging pada akhirnya mampu menyampaikan nilai tersendiri tentang produk dan berperan sebagai instrumen untuk membantu calon pelanggan dalam memilih satu produk tertentu dari berbagai macam produk sejenis.
 
Penggunaan item yang menonjol pada kemasan sangat penting ketika calon pelanggan hanya mempunyai sedikit waktu untuk mempertimbangkan aspek lain dari produk Anda. Perilaku membeli dapat dimotivasi oleh berbagai elemen, termasuk (namun tidak terbatas pada) kupon, penawaran beli satu dapat satu gratis, dan sampel gratis.
 
Promosi melalui packaging juga relatif murah jika dibandingkan dengan promosi yang ditawarkan melalui iklan.
 
 
Apa Peran Hang Tang Dalam Bisnis Anda? 
 
Pada dasarnya, hang tag merupakan sebuah label yang ditempelkan pada suatu produk dengan beberapa cara seperti perekat, tali, pita, atau lubang untuk dipasang di leher sebuah produk seperti botol yang menjadi cara umum untuk memasang hang tag pada suatu produk.
 
Informasi tersebut merupakan kartu yang berisi petunjuk perawatan pakaian, harga produk, logo brand Anda, dan informasi sejenis lainnya, namun informasi tersebut mempunyai potensi lebih dari itu. Selain menyediakan ruang untuk menempatkan informasi merek, hang tag juga membantu suatu produk menonjol dibandingkan produk lainnya.
 
Hang tag memberikan hal yang berbeda dari produk di sekitarnya untuk menarik perhatian pelanggan dan mendorong mereka untuk mengamati produk tersebut lebih dekat, yang dapat berujung pada pembelian. 
 
Mungkin tampak mengejutkan bahwa materi sekecil hang tag dapat menjadi sangat penting, yang  menawarkan cara unik untuk mengiklankan produk Anda secara retail.
 
Jika lini produk di sebelah produk Anda tidak menggunakan hang tag, maka Anda sudah selangkah lebih maju.
 
 
 
 
Apa Saja Yang Perlu Dimasukkan Ke Dalam Hang Tag?
 
Hang tag dapat memberikan segala jenis informasi yang diperlukan untuk membujuk calon pelanggan agar membeli produk Anda. Salah satu hal paling penting untuk diingat adalah bahwa penggunaannya mewakili brand Anda, jadi apa pun yang disertakan pada hang tag harus mencerminkan brand Anda secara positif.
 
Hang tag merupakan cara untuk terhubung dengan pelanggan Anda dan dapat memainkan peran penting dalam menarik perhatian pelanggan dan memotivasi keputusan untuk membeli suatu barang. 
 
Penting untuk memahami pelanggan Anda dan membuat hang tag yang menarik bagi target audiens dari produk bisnis Anda.
 
Pikirkan tentang hang tag sebagai cara untuk berkomunikasi langsung dengan target audiens Anda untuk membantu memilih apa yang akan Anda cetak pada hang tag Anda. Meskipun kemungkinannya tidak terbatas, berikut beberapa daftar ide untuk dapat Anda pertimbangkan : 
 
 
Informasi Produk - Selain ukuran dasar dan harga, bagikan bagaimana suatu produk terbentuk, jelaskan usaha dan dedikasi yang dilakukan dalam pembuatan produk Anda, berikan informasi singkat tentang fitur unik produk, dan kenalkan cara merawat produk.
 
Keberlanjutan - Nyatakan apa yang Anda lakukan untuk membantu mengurangi jejak karbon, jelaskan bagaimana Anda mengurangi emisi atau meningkatkan penggunaan sumber daya, jelaskan secara rinci bagaimana Anda membantu perekonomian lokal dengan mempekerjakan lebih banyak orang, menanam pohon, atau berkontribusi pada upaya daur ulang.
 
Promosional - Gunakan hang tag untuk memberikan resep, kupon, atau kode diskon. Posting kode QR atau iklankan akun media sosial Anda untuk mendorong pelanggan bergabung dengan newsletter bisnis, mengunjungi website Anda, atau berbagi gambar produk yang digunakan.

Informasi Detail akan Bisnis Anda - Bagikan kisah sejarah brand Anda, berikan  instruksi manual, atau bahkan sekadar ucapan “terima kasih” kepada pelanggan yang telah membeli produk Anda.
 
Beberapa hal diatas hanyalah daftar kemungkinan yang tidak mencakup semua hal. Pada dasarnya, apa pun yang ingin Anda bagikan dengan pelanggan pada hang tag secara umum dapat diinformasikan dengan menggunakan hang tag.
 
 
Bagaimana Hang Tag Seharusnya Terlihat & Dikenali Oleh Pelanggan Anda?
 
Materi pemasaran apa pun memberikan wawasan tentang citra perusahaan Anda, begitu pula dengan hang tag. Buat atau konsultasikan panduan gaya Anda untuk memastikan Anda mematuhi warna, gambar, typography, dan faktor lain yang Anda gunakan untuk mempertahankan identitas dari brand Anda. 
 
Target audiens Anda juga harus berperan dalam merancang hang tag Anda. Hang tag harus menarik perhatian mereka. Hang tag untuk anak-anak cenderung berwarna-warni dan informal, sedangkan hang tag untuk produk kelas atas mungkin memiliki tampilan yang lebih mewah.
 
 
Konsisten – Pastikan Anda berpegang pada pedoman branding yang telah Anda tetapkan untuk bisnis Anda. Jika Anda belum membuat panduan gaya, Anda dapat melakukannya untuk menjaga konsistensi. Anda tentunya ingin hang tag Anda menonjol bagi mata pelanggan, namun tetap konsisten dengan citra merek Anda.
 
Tetap Sederhana - Hang tag berukuran kecil. Terlalu banyak informasi dapat membuat pelanggan mengabaikannya. Cobalah untuk tetap menggunakan tidak lebih dari tiga warna dan tidak lebih dari dua font berbeda dan pertahankan font tidak lebih kecil dari 7pt agar mudah dibaca.
 
Tampil Menonjol Dengan Cara Yang Positif - Pastikan hang tag Anda melengkapi produk yang Anda jual. Anda tidak ingin hang tag Anda menarik perhatian karena dirancang dengan buruk atau tidak sesuai dengan citra dari brand Anda.
 
Sisakan Ruang Untuk Bagian Lubang - Hal ini mungkin tampak jelas, tetapi hal ini terkadang menjadi detail yang mudah diabaikan. Membuat hang tag tanpa memberikan ruang untuk lubang dapat menyebabkan informasi di dalamnya terpotong dan dapat membuat brand Anda terkesan ceroboh atau tidak menghargai produk Anda sendiri.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi untuk Anda kenali tentang bagaimana Anda dapat memanfaatkan hang tag dan memahami perilaku konsumen terhadap produk dari sektor bisnis yang Anda jalankan. Jika Anda membutuhkan jasa pencetakan custom hang tag dengan harga yang terjangkau,  ILITHO hadir untuk membantu Anda.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya menyediakan layanan pencetakan custom hang tag dalam bisnis sebagai salah satu alat perlengkapan dari bisnis Anda.
 
Dengan proses pembuatan cepat dan beberapa opsi material pencetakan, kami dapat memastikan bahwa kebutuhan Anda seperti hang tag dapat segera dicetak sesuai desain yang Anda inginkan serta berkualitas dan dengan harga yang terjangkau. 
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak berbagai jenis kebutuhan dan perlengkapan yang Anda inginkan dan tentunya juga berkualitas dengan menghubungi hotline aktif via WhatsApp kami, disini.
 
 
 
 
Article Reference : LG Press