Warna mengatakan banyak hal tentang bisnis Anda – ketika Anda merancang desain untuk logo atau identitas dari brand, pastikan Anda mengirimkan pesan yang tepat dan menetapkan tone yang juga tepat. Peneliti dan psikolog lingkungan telah memikirkan tentang asosiasi semacam ini sejak lama.
Mereka telah melakukan penelitian ilmiah tentang bagaimana melihat warna tertentu dapat mempengaruhi cara kita berpikir dan berperilaku.
Dalam artikel ini, kami mencoba memberikan informasi tentang beberapa warna yang seringkali digunakan dan asosiasinya dengan kebutuhan bisnis yang sekiranya Anda perlukan.
Data riset ini sekiranya dapat memberikan informasi tentang penerapan psikologi warna pada pencitraan dari brand atau bisnis Anda – dari Dr. Sally Augustin.
Warna Biru
Pada tingkat global, jika Anda bertanya kepada orang-orang apa warna favorit mereka, mereka cenderung akan mengatakan warna biru dibandingkan warna lainnya,” ujar Dr. Augustin.
Para peneliti tidak yakin mengapa biru begitu populer digunakan, tetapi statusnya mungkin memiliki hubungan dengan fakta bahwa selama tahun-tahun awal kita sebagai spesies, hal-hal yang kita hargai terlihat dengan warna biru—misalnya, langit saat cuaca cerah dan lubang air yang terlihat dari kejauhan dimana keduanya berwarna biru.
Warna umumnya dikaitkan dengan kompetensi dan kepercayaan. Asosiasi tersebut menjadikan skema warna biru sebagai pilihan yang baik bagi bisnis yang bergerak pada sektor keuangan, serta bagi bisnis yang mengharuskan pelanggan untuk menaruh banyak kepercayaan kepada mereka – seperti klinik dokter hewan atau praktik klinik medis lainnya.
Warna Hitam
Hitam merupakan warna yang banyak digunakan dan disukai, jelas Dr. Augustin. Hal ini dikarenakan banyak orang mengasosiasikan warna hitam dengan kekuatan, kecanggihan, tradisi, dan formalitas. Warna hitam dapat menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis ritel atau mode Anda jika Anda ingin menampilkan kesan lean, kecanggihan, dan tentunya mewah.
Warna Hijau
Warna hijau, meski sekilas, telah dikaitkan dengan peningkatan pemikiran kreatif, sehingga menggunakannya dalam materi pemasaran mungkin merupakan ide yang tepat jika Anda ingin menjadi lebih kreatif untuk memahami daya tarik dari bisnis Anda.
Warna hijau dikaitkan dengan nuansa alam dan tanggung jawab lingkungan, yang membuat warna hijau cocok untuk bisnis yang mengutamakan meninggalkan jejak hijau atau ramah lingkungan.
Warna hijau juga dikaitkan dengan musim semi dan kelahiran kembali, menjadikannya pilihan yang baik untuk bisnis yang bertujuan untuk membantu setiap orang memulai hidup baru – misalnya seperti untuk ahli gizi atau guru privat.
Warna Putih
Putih merupakan salah satu warna yang paling serbaguna untuk digunakan – warna ini dapat digunakan untuk hampir semua industri karena warnanya yang sangat netral. Warna putih sendiri melambangkan modernitas, kesederhanaan, dan kebersihan.
Warna putih ini dapat menjadi pilihan warna yang tepat untuk bisnis dalam industri teknologi dan kesehatan, serta untuk perusahaan ritel kelas atas. Warna putih juga dapat menjadi warna aksen yang tepat jika warna utama dari brand Anda senantiasa cerah.
Warna Oranye / Jingga
Warna oranye atau jingga merupakan warna yang energik, memadukan nuansa kegembiraan warna merah dan keramahan dari warna kuning. Pertimbangkan untuk menggunakan warna oranye dalam kebutuhan branding bisnis jika Anda ingin mengkomunikasikan energi dan keberanian – misalnya jika Anda memiliki bisnis gym / pusat kebugaran, perusahaan travel, atau bahkan toko mainan.
Mirip dengan warna kuning, warna jingga seringkali dianggap sebagai warna yang 'lebih murah'– jadi jika Anda mencoba mengkomunikasikan bahwa Anda brand Anda memiliki produk kelas atas, pertimbangkan untuk menggunakan warna yang berbeda.
Warna Kuning
Warna apa yang paling sedikit disenangi sebagai pilihan warna? Kuning. Umumnya warna ini kurang populer digunakan untuk materi pemasaran. Tetapi, meskipun kurang disukai, selalu ada pengecualian di mana warna kuning dapat digunakan sebagai warna aksen untuk membantu nuansa produk lainnya menjadi lebih menonjol," kata Dr. Augustin.
Jika Anda menggunakan warna kuning sebagai warna logo utama, Anda mengkomunikasikan keceriaan, aksesibilitas, energi, dan keramahan. Dan tidak seperti kemewahan warna hitam, warna kuning dikaitkan dengan keterjangkauan. Jadi, warna kuning dapat sangat cocok jika Anda membuka studio gym atau restoran kasual, atau ingin menyampaikan bahwa penawaran Anda ramah anggaran.
Warna Merah Muda / Pink
Warna merah muda atau pink melambangkan romansa dan kewanitaan, sehingga sangat cocok untuk bisnis yang menargetkan wanita sebagai basis pelanggan utama. Dan karena ada begitu banyak corak dari warna merah muda atau pink, warna ini sangat serbaguna – Pink memberikan nuansa energi muda yang cocok untuk banyak merek teknologi dan makanan cepat saji.
Warna Ungu
Warna ungu memadukan kegembiraan warna merah dengan ketenangan warna biru, yang dapat membantu brand Anda untuk tampil dengan nuansa mewah, inovatif, atau feminin.
Warna ungu tidak digunakan secara luas seperti merah muda pada brand yang ditujukan untuk wanita, tetapi warna ini jelas merupakan warna feminin dan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis Anda jika Anda mengkhususkan diri dalam bidang kecantikan, perawatan kulit, atau ritel dengan produk yang cukup mewah.
Berikut adalah beberapa informasi tentang pilihan warna berdasarkan riset psikologi dan pengaplikasiannya yang sekiranya dapat menjadi inspirasi dalam merancang tone warna untuk brand atau produk dari bisnis Anda.
Jika Anda ingin mencetak sendiri perlengkapan untuk bisnis seperti kartu nama, label atau bahkan packaging dapat di kustomisasikan dengan keinginan Anda, ILITHO kini hadir sebagai digital printing di Jakarta yang menyediakan layanan pencetakan custom berbagai kebutuhan sebagai salah satu perlengkapan bisnis Anda.
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya menyediakan layanan pencetakan custom perlengkapan bisnis dengan proses pembuatan cepat dan beberapa opsi material pencetakan.
Kami dapat memastikan bahwa kebutuhan Anda seperti custom label, kartu nama, packaging dan perlengkapan lainnya dapat segera dicetak sesuai desain yang Anda inginkan serta berkualitas dan dengan harga yang terjangkau.
Jadi, tunggu apalagi? Cetak berbagai jenis kebutuhan dan perlengkapan yang Anda inginkan dan tentunya juga berkualitas dengan menghubungi hotline aktif via WhatsApp kami, disini.