Yuk Kenali Varian Stiker Yang Dapat Digunakan Untuk Bisnis Anda
Setiap material stiker dibuat dengan kualitas dan tujuan yang berbeda untuk bisnis Anda.
29 November 2022
Stiker yang di kustomisasikan merupakan alat promosional dengan harga terjangkau dan serbaguna untuk mempromosikan brand Anda. Dan dalam penggunaannya, Anda dapat menemukan berbagai varian dan jenis stiker pada mobil, kaca toko yang kita lewati, pintu, tembok, event dan masih banyak lagi, dengan tujuan yang sama, menarik perhatian dari calon pelanggan.
 
Tetapi, tidak semua stiker senantiasa sama. Setiap material dibuat dengan kualitas dan tujuan yang berbeda agar dapat sesuai untuk tujuan spesifik dari bisnis atau brand Anda.
 
Contohnya, untuk brand yang menjual produk olahraga dan mencetak stiker untuk calon pelanggan pada klinik khusus dalam perawatan olahraga, Anda memilih penggunaan stiker yang tahan air untuk mendorong penggunaannya pada botol minum yang digunakan. 
 
Namun, jika Anda merupakan brand yang menjual produk kerajinan dan ingin mempersonalisasikan kemasan, Anda mungkin akan menggunakan stiker yang dapat ditulis dengan pen atau spidol yang tidak luntur.
 
Sebelum membahas beberapa jenis stiker, mari kita pahami lebih dalam tentang mengapa stiker biasa digunakan dan menjadi pilihan yang tepat untuk alat promosional Anda.
 
Stiker Digunakan Untuk Mengekspresikan Diri
 
Lewatlah sudah hari-hari ketika ponsel flip dan slide , digunakan dengan berbagai warna. Kami yakin Anda pernah mengambil handphone atau tumbler yang bukan milik Anda karena sulit untuk membedakannya. 
 
Penggunaan stiker mencegah hal ini terjadi, tetapi juga membiarkan kepribadian dan karakter pemiliknya terlihat melalui barang yang mereka miliki.
 
Sticker Dapat Digunakan Untuk Mengingat Hal Penting
 
Anda dapat memasukkan foto atau video untuk mengingat hari atau event penting, tetapi, akankah lebih nyaman untuk memiliki stiker yang dapat dengan mudah mengingatkan Anda tentang event atau acara tersebut?
 
Stiker Dapat Menumbuhkan Rasa Kebersamaan
 
Ketika stiker digunakan untuk mempromosikan sebuah gerakan, pesan, atau afiliasi politik, penerima dari stiker tersebut akan cenderung merasa keterikatan. Emosi positif ini akan meningkat ketika orang lain menyadari penggunaan stiker dan turut mengekspresikan ketertarikan yang sama.
 
Tidak semua stiker dengan sifat glossy terbuat dari material kertas yang sama. Label yang tidak dapat dikelupas dengan mudah dapat hilang jika direndam dengan air dalam waktu lama. Maka dari itu, berikut ini kami bagikan beberapa jenis atau varian stiker yang biasa dapat Anda temukan dimana - mana dan dapat Anda pertimbangkan sebagai alat promosional dari bisnis Anda. 
 
Stiker Kertas / Paper Sticker
 
Stiker dengan material kertas ini biasanya digunakan untuk memberikan label pada produk yang kering, label kemasan, dan sebagai tempelan untuk banyaknya pesanan dari produk dan kemasan yang Anda miliki dengan harga yang cukup terjangkau.
 
 
Stiker kertas merupakan salah satu pilihan yang cukup terjangkau bagi bisnis Anda. Stiker ini biasanya dapat dicetak dengan tiga finishing - matte, gloss & high-gloss. Material ini tidaklah tahan air, tetapi dapat ditulisi dengan pena atau spidol permanen.
 
Stiker Vinyl / Vinyl Sticker
 
Jenis stiker ini cocok untuk digunakan pada alat yang digunakan di luar ruangan seperti mobil dan sepeda, serta perlengkapan olahraga.
 
 
Stiker vinyl merupakan material stiker yang paling tebal dan kuat jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Dengan penggunaan yang hati-hati, stiker ini dapat bertahan hingga berbulan-bulan, bahkan jika terpapar sinar UV secara terus menerus.
 
Stiker vinyl ini dapat bertahan dari berbagai paparan material eksternal dan juga tahan air. Vinyl senantiasa halus dan cukup fleksibel untuk ditempelkan pada berbagai permukaan, tetapi tidak dapat ditulisi dengan pen atau spidol.
 
Stiker BOPP / Biaxially Oriented PolyPropylene
 
Jenis stiker ini cocok untuk digunakan untuk label makanan, minuman, atau keperluan dapur, dan juga untuk produk kamar mandi seperti sabun dan sampo.
 
 
BOPP atau biaxially oriented polypropylene merupakan material plastik tidak beracun yang disebut sebagai alternatif material vinyl yang terjangkau karena lebih tipis dan tidak terlalu kaku. Meskipun BOPP tidak disarankan untuk penggunaan di luar ruangan, sifatnya yang tahan minyak dan air menjadikannya sempurna untuk produk makanan dan juga produk kebutuhan dalam kamar mandi. 
 
Material BOPP memiliki tiga varian — putih, bening, dan perak. BOPP bening sangat ideal untuk tampilan transparan, sedangkan BOPP perak membuat warna label menjadi tampak metalik.
 
Format Potongan Stiker
 
Setelah menetapkan material apa yang ingin Anda gunakan, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih bentuk potongan yang ingin Anda cetak.
 
Cut-To-Size (Die-Cut)
 
Stiker dengan jenis potongan cut-to-size atau lebih biasa dikenal dengan nama die-cut dipotong secara individual dengan menggunakan laser, mengikuti bentuk dari desain stiker. 
 
 
Format ini tepat untuk digunakan bagi Anda yang ingin mencetak stiker dalam jumlah kecil dan memiliki intensi untuk memberikannya kepada orang dalam event, atau untuk sekedar hiasan dari perlengkapan Anda.
 
Format stiker ini juga lebih terjangkau dari segi harga pencetakannya.
 
Kiss-Cut
 
Stiker dengan format ini juga dipotong secara individual dan dicetak dalam beberapa tumpuk seperti die-cut. 
 
 
Tetapi, perbedaan utama dari jenis potongan stiker ini adalah bagian belakang stiker tidak dipotong mengikuti bentuk desain, membuatnya menjadi opsi untuk desain dengan bentuk yang lebih kompleks.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi untuk Anda tentang varian dari jenis stiker yang  dapat digunakan untuk mendukung aktivitas dari bisnis Anda. Jika Anda ingin memiliki stiker logo untuk menunjang produktivitas atau sebagai alat promosional yang berkualitas dengan desain yang diinginkan serta harga yang terjangkau, kini saatnya mencari percetakan yang profesional dalam merealisasikannya.  ILITHO hadir untuk membantu Anda.
 
Berbagai jenis kebutuhan yang Anda perlukan untuk mendukung produktivitas yang lebih efisien dapat tim kami berikan untuk kebutuhan spesifik Anda. Jadi, tunggu apalagi? Cetak berbagai jenis stiker dengan desain yang Anda inginkan yang tentunya juga berkualitas dengan menghubungi hotline aktif via WhatsApp kami, disini.
 
 
 
Article Reference : PrintRunner