Penggunaan Label & Segel Kemasan Dalam Memastikan Keamanan Makanan Anda
Dengan desain yang tepat, tentunya label segel makanan yang Anda miliki dapat meningkatkan citra positif dari bisnis Anda.
24 November 2020
Sebagai konsumen, tentunya Anda tidak dapat mengetahui apakah kemasan makanan yang Anda terima saat membeli produk makanan tertentu terbebas dari kuman dan bakteri jahat. Khususnya jika Anda memesannya secara online dari restoran favorit Anda. Dan jika Anda merupakan seseorang yang menjalankan bisnis restoran, katering untuk perusahaan, atau dapur komersial, Anda tentunya ingin memastikan bahwa setiap produk makanan yang Anda kemas dan kirimkan senantiasa aman dan terbebas dari setiap ancaman bakteri jahat untuk konsumen Anda, bukan?
 
Dengan isu kesehatan yang semakin tinggi akhir-akhir ini, berikut ini kami berikan beberapa langkah sederhana yang dapat membantu Anda untuk lebih memastikan keselamatan dan keamanan dari produk makanan yang Anda kemas untuk Anda kirim langsung kepada konsumen.
 
1. Tentukan Bagaimana Cara Yang Tepat Untuk Menyegel Kemasan Anda
 
Dengan banyaknya jenis kemasan untuk setiap produk makanan saat ini, mungkin sulit bagi Anda untuk mengevaluasi opsi atau pilihan yang paling tepat untuk operasi bisnis Anda. Berikut ini kami berikan beberapa inspirasi untuk membantu Anda:
 
 
Hinged Foam Containers - Kemasan ini mudah untuk dibuka dan biasanya digunakan sebagai wadah dari makanan cemilan (finger foods). Tidak seperti karet gelang yang biasa digunakan untuk membuat wadah ini tetap tertutup, label segel dapat digunakan secara lebih efektif pada jenis kemasan ini.
 
Plastic Food Containers - Beberapa jenis makanan dikemas dan disusun secara rapi. Untuk produk seperti ini, Anda mungkin sudah menggunakan sistem label untuk menempatkannya dalam kulkas atau tempat penyimpanan. Tempatkan label produk yang juga dapat menjadi kemasan segel makanan ini agar lebih efektif dalam menjaga keamanan dari makanan di dalamnya.
 
Pizza Boxes - Meskipun kotak pizza memiliki penutup gantung yang mencegah tangan orang lain untuk masuk ke dalam, boks ini tidaklah berbeda dengan wadah busa yang memiliki engsel. Anda dapat menambahkan label di dekat bagian depan sebagai tindakan pencegahan atau menggunakan segel kecil di setiap sisi untuk memastikan produk Anda tidak rusak.
 
Foil Containers - Wadah ini merupakan wadah yang tepat untuk menjaga agar makanan tetap panas dan mencegah kontaminasi. Segel aluminium 360 ° adalah alat preventif yang baik, tetapi tidak ada salahnya untuk menambahkan keamanan lain. Tempelkan label atau segel kemasan di sisi penutup alas wadah. 
 
Folded-Craft Takeout Boxes - Dengan hanya satu tempat untuk membuka, beberapa wadah ini paling mudah ditutup. Tempatkan stiker atau segel kemasan makanan di atas bagian yang terkunci dan serahkan pada tim pengiriman Anda. Satu-satunya cara untuk membuka wadah dan mengkonsumsi makanan di dalamnya adalah dengan melepas atau merobek stikernya.
 
Drink Cup & Bottle Seals - Tutup rapat gelas plastik dan botol jus kaca dengan segel pengaman yang ketat. Segel ini diaplikasikan pada badan minuman dan dibungkus dari bagian tutup hingga terhubung dengan sisi lainnya. Label dan segel makanan seperti ini yang membungkus bagian atas produk Anda serta menunjukkan kepada pelanggan bahwa minuman mereka belum dibuka dan aman untuk dikonsumsi.
 
To-Go Bag Seals - Jika Anda biasanya melayani keluarga atau kelompok besar dan menawarkan banyak sisi dalam setiap pesanan, mungkin lebih mudah untuk menyegel seluruh pesanan Anda daripada menyegel masing-masing item satu per satu. Segel dengan jenis ini dapat ditempatkan di atas plastik atau kantong kertas coklat untuk membantu Anda melindungi konsumen Anda dari resiko keamanan dan kebersihan makanan yang dapat terjadi.
 
2. Pilihlah Material Stiker Segel Kemasan Yang Tepat
 
Bahan label kami yang kami sediakan dapat diaplikasikan hampir pada semua jenis kemasan. Beberapa jenis material yang kami sediakan untuk mencetak stiker label segel kemasan dari produk Anda meliputi Sticker Vinyl Doff, Stiker Vinyl Gloss, Sticker HVS, Sticker Transparent, Sticker Duratac & Sticker Chromo.
 
3. Rancang Desain Label Segel Kemasan Anda
 
Menambahkan desain cetak ke segel keamanan pengiriman makanan Anda akan menambah profesionalisme pada proses pengiriman dan bisnis Anda. Gunakan ruang untuk memperkuat logo dan brand Anda, mempromosikan fitur keselamatan, atau mengiklankan item menu atau layanan baru yang Anda miliki.
 
Anda juga dapat menambahkan nama pengemas produk & suhu tubuh, begitu juga dengan kurir pengantarnya. Selain itu, Anda dapat memasukkan instruksi penanganan yang tepat untuk produk terkait, informasi kontak, dan atau detail produk yang Anda kirimkan.
 
Senantiasa ingat bahwa bahwa segel pengaman tersebut Anda rancang untuk dilepas atau dihancurkan. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyertakan informasi yang sangat penting di dalamnya. Masukkan informasi yang cukup saja.
 
 
Jika Anda sudah lebih memahami tentang pentingnya penggunaan segel label kemasan untuk menjaga kebersihan dan keamanan dari produk makanan yang Anda kirimkan pada konsumen, kini saatnya Anda untuk mulai menggunakannya pada setiap produk bisnis Anda.  Dengan desain yang tepat, tentunya label segel tersebut dapat meningkatkan citra positif dari bisnis Anda. Jika sudah memiliki desain yang tepat dan sedang mencari percetakan digital berkualitas yang tepat untuk merealisasikan hal tersebut, Ilitho hadir untuk Anda. 
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan pencetakan Food Safety Sealer melalui www.elitho.id sebagai salah satu alat penunjang bisnis Anda. Dengan 6 variasi pencetakan, dicetak dengan 4 warna, dan dengan harga terjangkau mulai dari 20.000 saja, kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis anda dapat segera dicetak sesuai dengan desain yang anda inginkan dengan proses cepat tanpa mengurangi kualitas.
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak desain food safety sealer dan segala perlengkapan bisnis Anda lainnya hanya di ILITHO.