Tips Merancang Desain Hang Tag Yang Tepat Untuk Produk Anda
Ketika internet sudah mulai berevolusi dengan bagaimana cara setiap orang berbelanja, material cetak masih menjadi salah satu hal yang dilihat oleh para konsumen ketika mengunjungi toko fisik.
08 March 2021
Hang Tag merupakan hal umum dalam dunia retail saat ini dan jika Anda menggunakannya dengan benar, sangat mungkin bagi Anda untuk meningkatkan penjualan. Mungkin terdengar sedikit aneh bahwa hang tag memiliki begitu banyak relevansi di dunia yang tidak berfungsi tanpa internet (toko fisik), tetapi hal ini merupakan sebuah fakta yang terjadi di dunia yang kita tinggali saat ini.
 
Ketika internet sudah mulai berevolusi dengan bagaimana cara setiap orang berbelanja, material cetak masih menjadi salah satu hal yang dilihat oleh para konsumen ketika mengunjungi toko fisik. Material tersebut menyediakan informasi penting yang berkaitan dengan produk yang sedang dicari oleh konsumen. Karena itulah hal tersebut dapat membantu Anda untuk mempromosikan brand yang Anda miliki dalam toko yang mereka kunjungi tersebut. 
 
Hang Tag dapat membantu Anda menyampaikan pesan pemasaran yang Anda inginkan tanpa berlebihan dalam segi penyampaiannya. Hang Tag dengan desain yang menarik secara visual juga mendukung konsumen untuk membeli produk Anda ketika mereka mempertimbangkan keputusan mereka. Berikut ini beberapa tips yang dapat kami berikan untuk merancang desain Hang Tag yang tepat dalam meningkatkan penjualan Anda.
 
Letakkan Logo Brand Anda Pada Hang Tag
 
Buat logo yang dapat menjadi elemen dari Hang Tag untuk produk Anda. Jika Anda ingin memasukkan salah satu sisi Hang Tag dengan logo brand Anda secara lengkap, Anda dapat melanjutkannya. Hal ini menjadi salah satu hal yang efektif karena membantu memperdalam dan membangun brand Anda secara berkelanjutan. Kehadirannya dapat diibaratkan sebagai kartu nama Anda yang perlu menciptakan kesan pertama terbaik di mata konsumen.
 
Desain Hang Tag Anda harus memiliki kekuatan yang tepat untuk membuat koneksi instan dengan orang-orang yang menemukannya. Tidak hanya itu, logo Anda juga harus mudah dikenali secara instan di mana pun mereka melihatnya. Emboss dapat menjadi salah satu metode pencetakan terbaik untuk menyempurnakan desain logo dalam Hang Tag Anda.
 
Menggunakan Warna Yang Konsisten
 
Demografis mana yang ingin Anda dapatkan dalam merancang desain Hang Tag? Jika bisnis Anda menyasar pada target audiens yang berusia muda, cobalah untuk menggunakan warna yang lebih cerah dan terang. Untuk tetap membuatnya sejalan dengan brand Anda, pilihlah warna yang juga senada. Cobalah untuk mencari variasi dari setiap warna yang merefleksikan nilai bisnis dan campurkan keduanya bersamaan dengan warna yang Anda targetkan untuk konsumen potensial. 
 
Konsistensi dari warna desain yang Anda pilih untuk Hang Tag produk haruslah dapat menunjukkan bahwa kehadirannya dipilih secara tepat untuk menyampaikan pesan yang ditujukan khusus untuk konsumen Anda. 
 
Pikirkan Konsumen Anda Ketika Merancang Desain
 
Penting untuk selalu berada di posisi pelanggan Anda saat merancang desain dari  Hang Tag Anda. Ajukan pertanyaan yang muncul di benak Anda saat Anda akan membeli produk. Apa pertanyaan yang biasa ditanyakan setiap orang ketika ingin membeli suatu produk? Jawab pertanyaan tersebut dari diri Anda sendiri dan tambahkan teks atau gambar saat merancang desain dari Hang Tag produk miliki Anda.
 
Beberapa pertanyaan utama yang muncul saat konsumen membeli sebuah produk biasanya adalah berapa harganya, dimana instruksi perawatannya, bahan apa yang digunakan, seberapa besar ukuran, dan sebagainya.
 
Jadi, selalu perhatikan bahwa semakin banyak info yang Anda bagikan, semakin mudah bagi konsumen untuk mengenali brand Anda. 
 
Buat Hang Tag Dengan Kualitas Terbaik
 
Dengan waktu yang saat ini senantiasa berganti, Anda harus dapat memasukkan tren saat ini ke dalam perlengkapan pemasaran Anda untuk senantiasa berjalan sesuai dengan ekspektasi dari calon pelanggan. Contohnya, jika calon konsumen Anda ingin mengetahui lebih tentang produk Anda, mereka dapat melihat hal tersebut dari Hang Tag produk. Tetapi, jika Anda tidak menyertakan informasi yang mereka cari di dalam Hang Tag tersebut, mungkin saja mereka akan meletakkannya kembali dan berpikir dua kali untuk membelinya.
 
Dalam beberapa contoh kasus lain, menambahkan URL website atau QR Code dapat membuat calon pelanggan menjadi lebih tertarik akan produk Anda. Hal tersebut dapat menciptakan kesempatan bagi Anda untuk membawa mereka masuk ke dalam website atau media sosial dan berinteraksi langsung dengan Anda sehubungan dengan produk terkait. 
 
 
 
Ketika Anda sudah lebih memahami beberapa tips untuk merancang desain yang tepat bagi Hang Tag produk Anda, kini saatnya Anda menggunakannya untuk produk Anda. Jika Anda sudah memiliki desain yang tepat dan ingin mencetaknya dengan kualitas terbaik serta harga yang terjangkau, ILITHO dapat menjadi solusi Anda.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan percetakan Hang Tag melalui www.elitho.id sebagai salah satu alat penunjang promosi dari bisnis anda. Dengan pencetakan CMYK pada berbagai jenis kertas, 3 variasi ukuran, 2 pilihan laminasi (glossy & doff), 1 atau 2 sisi, dan dua pilihan lubang, kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis anda seperti Hang Tag dapat segera dicetak sesuai desain kreatif yang anda inginkan serta berkualitas dan dengan harga yang terjangkau.