Mengenal Jenis Kemasan Yang Tepat Dalam  Melengkapi Kebutuhan Bisnis Anda 
Anda dapat membuat identitas brand yang berkualitas melalui kemasan yang juga kreatif.
27 May 2022
Secangkir kopi Starbucks dapat dikenali dengan mudah dari kemasannya, begitu pula dengan brand perhiasan Tiffany & Co. yang memiliki warna kemasan yang khas. Kemasan menjadi salah satu hal yang dilihat dan dapat langsung dikenali oleh calon target audiens dari brand Anda. Dan karena hal tersebutlah, Anda dapat bersaing di pasaran. 
 
Anda dapat membuat identitas brand yang berkualitas melalui kemasan yang juga kreatif. Maka dari itu, merancang desain kemasan yang kreatif merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dari bisnis Anda. Berikut berbagai jenis kemasan yang dapat kami berikan sebagai inspirasi sebagai bagian untuk melengkapi kebutuhan bisnis Anda :
 
Memilih Jenis Kemasan Yang Tepat
 
Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih jenis kemasan yang tepat untuk bisnis seperti bagaimana kemasan tersebut dapat menyimpan produk, seberapa berat produk dan kekuatan dari kemasan, umur penyimpanan produk, kuantitas dan berat dari produk Anda.
 
Ada beberapa hierarki dalam hal berbagai jenis kemasan, seperti :

  • Kemasan Bagian Luar - Merupakan kemasan yang digunakan untuk melindungi dan membawa satu atau lebih produk secara bersamaan. Biasanya berbentuk kotak atau boks.

  • Kemasan Bagian Dalam -. Merupakan kemasan bagian dalam yang melindungi setiap produk. Misalnya bungkus bubble wrap ketika Anda berbelanja produk tertentu secara online.

  • Kemasan Produk - Merupakan kemasan yang bersentuhan langsung dengan produk itu sendiri.

Lihatlah bagaimana kompetitor Anda mengemas produk mereka untuk memberi gambaran tentang bagaimana Anda dapat mengemas produk Anda. Pertimbangkan bagaimana tentang apa saja jenis kemasan yang dapat Anda gunakan dan bagaimana kemasan tersebut dapat memberikan tampilan yang juga menarik di mata konsumen sekaligus melindungi produk Anda dari kerusakan saat pengiriman.
 
Berbagai Jenis Kemasan Yang Dapat & Cukup Umum Digunakan
 
Kotak / Box
 
 
Kotak atau box merupakan kemasan dengan beberapa bentuk biasanya persegi atau bulat - yang memiliki wadah tertutup dengan sisi kaku untuk melindungi produk dari benturan. Penggunaan kotak sebagai kemasan dinilai cukup mudah, nyaman, dan juga stabil. Anda dapat mencetak logo dan desain juga dengan mudah pada permukaan kemasan. Selain itu, Anda dapat merancang desain dari berbagai macam jenis kemasan box untuk menyesuaikannya dengan target audiens Anda.
 
Kemasan Dekoratif
 
 
Kemasan dengan jenis ini biasanya berupa stiker, pita, label, dan sebagainya sebagai tambahan dekorasi untuk membuat kemasan menjadi menarik. Salah satu contohnya adalah penggunaan kertas tahan minyak untuk produk makanan, kertas pemisah pada produk sepatu, dan lain-lain. 
 
Kemasan Vakum

 
Kemasan vakum biasa digunakan pada produk makanan. Mengemas dengan kemasan vakum memerlukan mesin untuk menyegel produk dalam suhu tinggi untuk mengurangi risiko kontaminasi. 
 
Botol
 
 
Botol dapat digunakan ketika produk Anda berbentuk cairan, losion atau suplemen.
 
Tersedia dalam beberapa bentuk dan ukuran, botol dapat menyesuaikan volume produk yang Anda miliki. Dalam merancang desain dari stiker untuk botol, perhatikan ukuran diameter botol agar kemasan dapat terlihat dengan cantik dari segala sisi.
 
Kemasan Recyclable
 
 
Untuk mendukung keberlanjutan dan mengikuti kampanye perlindungan terhadap bumi, banyak kemasan saat ini yang dirancang agar ramah lingkungan dan dapat di daur ulang (recyclable). Dengan menggunakan jenis kemasa ini, Anda dapat memberikan citra positif dan  kepercayaan audiens untuk brand Anda sembari melestarikan lingkungan.
 
Merancang Identitas Untuk Kemasan Produk Anda
 
Identitas kemasan senantiasa berkaitan dengan identitas brand Anda. Misalnya, desain, warna, font, iklan cetak, dan jejak digital dari brand Anda. Pikirkan secara matang akan jenis kemasan yang produk Anda perlukan sebagai salah satu identitas dari brand Anda. Jadikan identitas bisnis Anda sebagai brand yang menarik di mata audiens.
 
Ingatlah senantiasa bahwa kemasan yang digunakan dalam membungkus produk harus meningkatkan pengalaman konsumen yang membelinya secara langsung. 
 
 
 
Berikut adalah beberapa jenis kemasan (packaging) yang biasanya sering digunakan dalam keperluan bisnis Anda. Jika Anda sudah memikirkan desain yang tepat untuk kemasan yang berkualitas untuk produk dari bisnis Anda, kini saatnya mencari percetakan yang profesional dalam merealisasikannya. ILITHO hadir untuk membantu Anda.

Dalam hal mencetak kemasan (packaging) produk dari bisnis yang berkualitas, Anda perlu mempercayai tangan profesional seperti ILITHO. Menangani pencetakan packaging merupakan salah satu bagian tak terpisahkan dari portofolio kami. 
Berbagai jenis kebutuhan yang Anda perlukan untuk mendapatkan manfaat dari pencetakan kemasan produk (packaging) dapat tim kami berikan untuk mendukung materi promosional sesuai untuk kebutuhan spesifik dari bisnis Anda.
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak kebutuhan bisnis seperti kemasan (packaging) yang berkualitas untuk kebutuhan Anda hanya di ILITHO.