Merancang Desain Letterhead Yang Tepat Untuk Bisnis Anda
Untuk bisnis, letterhead merupakan sebuah fitur yang memberikan anda first impression yang baik di mata klien dan memungkinkan untuk membuat perusahaan anda lebih mudah diingat.
03 January 2020
Anda mungkin lebih sering menggunakan email atau telepon untuk menjalankan komunikasi dari bisnis anda. Tetapi terkadang, huruf dalam sebuah kop surat menjadi salah satu media yang sesuai untuk kebutuhan bisnis anda. Dokumen yang anda cetak menggunakan kop surat ini dapat berisikan segala kebutuhan bisnis anda seperti surat penunjukan resmi atau perjanjian tertulis dengan pemasok baru, konfirmasi pemberian bonus karyawan, atau pernyataan, referensi, dan berbagai jenis dokumen formal lainnya.
 
Untuk bisnis, letterhead merupakan sebuah fitur yang memberikan anda first impression yang baik di mata klien dan memungkinkan untuk membuat perusahaan anda lebih mudah diingat. Satu hal yang dapat dipastikan dapat dicapai oleh penggunaan letterhead adalah tidak hanya dicetak di kertas tetapi juga dapat digunakan dalam dokumen digital, email, newsletter,invoices,dan sebagainya jika di desain dengan unik dan kreatif.
 
Bagaimanapun penggunaan untuk letterhead (kop surat) anda, kemampuannya untuk membawa pesan and ke tingkat yang lebih tinggi daripada saluran sehari-hari seperti email tentunya lebih besar. Maka dari itu, penting bagi anda untuk menyisihkan sebagian waktu dan usaha untuk membuatnya menarik dan bernilai bagi bisnis atau perusahaan anda. 
 
Berikut ini beberapa langkah yang dapat anda ikuti untuk memproduksi dokumen dengan kop surat (letterhead) yang dapat anda gunakan untuk bisnis anda kedepannya:
 
Tentukan Konten Di Dalamnya
 
Informasi apa saja yang harus dimasukkan ke dalam kop surat anda? Anda memerlukan informasi yang cukup untuk membuat identitas bisnis anda jelas, tetapi tidak terlalu banyak sehingga anda berisiko membuat halaman terlihat berantakan. 
 
Selain itu, anda juga dapat mempertimbangkan seberapa spesifik keterangan yang akan anda masukkan. Misalnya, apakah cukup jika hanya mencantumkan 1 alamat kantor anda? Atau apakah ada kemungkinan bagi anda untuk pindah kantor di masa mendatang?
 
Jika iya, mencantumkan alamat kantor pusat anda sebagai bagian dari desain kop surat mungkin bukan tindakan terbaik yang dapat anda ambil. 
 
Libatkan Merek Anda Di Dalamnya
 
Garis besar merek bisnis  anda dapat membantu untuk menetapkan beberapa parameter desain untuk kop surat anda dan untuk memastikan bahwa hal tersebut sesuai dengan bisnis anda. Hal ini dapat lebih menghemat waktu dalam memilih warna dan font dari kop surat (letterhead).
 
Dengan melihat garis besar dari merek anda seperti warna, font dan ukuran, anda dapat menentukan nilai-nilai merek dan tone bisnis anda. Hal ini dapat membantu anda dalam mengekspresikan kepribadian merek yang lengkap, bukan hanya tampilan visual yang konsisten.
 
Pilih Jenis Kertas Yang Tepat
 
Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa semakin berat kertas yang anda gunakan, maka semakin premium dan profesional hasil dokumen anda. Namun, di luar itu, anda dapat memiliki beberapa opsi lain seperti tekstur kertas - halus atau bertekstur - dan tone dari warna kertas itu sendiri. Putih memang merupakan pilihan terbaik untuk banyak bisnis, tetapi anda mungkin memilih yang warna  putih yang hangat, seperti krem atau biru pucat jika sesuai dengan kepribadian dari merek anda.
 
Pilih Warna Yang Tepat
 
Warna dari merek anda haruslah tercermin dalam kop surat anda. Tetapi  bukan berarti seluruh penampilan dari dokumen anda, terutama jika logo atau font perusahaan dirancang dengan beberapa ornamen atau secara terperinci. Anda perlu mengingat bahwa kop surat merupakan sebuah aktor pendukung, bukan bintang pertunjukan.
 
Jika Anda memiliki palet warna dari merek anda, hal ini dapat menjadi langkah yang tepat untuk memulai pemilihan warna untuk kop surat anda. Jika tidak, anda dapat mengunjungi kembali desain logo yang anda rancang dan memilih dua atau tiga warna kontras sebagai palet anda.
 
 
 
 
 
 
 
Ketika anda sudah memiliki desain yang tepat untuk letterhead anda, hal terakhir yang harus anda lakukan adalah mencari percetakan yang tepat untuk merealisasikan desain letterhead dokumen dari perusahaan atau anda.
 
ILITHO hadir sebagai salah satu digital printing di Jakarta yang mementingkan kualitas dalam setiap produknya kini menyediakan layanan pencetakan letterhead melalui www.elitho.id sebagai salah satu alat penunjang bisnis anda. Dengan harga mulai dari Rp 500.000 / per 1 Rim (500 Lembar),pencetakan dengan 1 atau 2 sisi, dan dengan dua varian desain yaitu custom & template, kami dapat memastikan bahwa perlengkapan bisnis anda seperti dokumen dengan letterhead dapat segera dicetak sesuai desain yang anda inginkan dengan proses cepat tanpa mengurangi kualitas dan tentunya dengan harga yang terjangkau.
 
Jadi, tunggu apalagi? Cetak dokumen dengan letterhead dan segala urusan bisnis anda lainnya hanya di ILITHO